13 August 2018

Inilah 5 Manfaat Brokoli yang Perlu Diketahui

manfat brokoli, brokoli, kandungan brokoli, olahan brokoli

Halodoc, Jakarta – Jika kamu sedang ingin mencoba menu sehat dan menjalankan penurunan berat badan, brokoli adalah menu yang tepat sebagai santapanmu. Menurut National Cancer Institute, brokoli adalah sumber antioksidan yang sangat kuat. Selain itu, brokoli memiliki kandungan nutrisi tambahan berupa magnesium, fosfor, seng, dan zat besi.

Jadi bukan hanya baik untuk menurunkan berat badan, brokoli juga bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Melawan Kanker

Brokoli merupakan bagian dari keluarga sayuran cruciferous, seperti lobak, kembang kol, selada air, bok choy, dan tauge. Brokoli juga merupakan sayuran yang dapat melawan dan mencegah kanker, terutama kanker payudara. Baca juga: Inilah 6 Manfaat Terong untuk Kesehatan

Kandungan senyawa sulforafana pada brokoli dapat menghambat enzim histone deacetylase yang diketahui terlibat dalam perkembangan sel kanker. Tidak hanya pada jenis kanker payudara saja, tapi brokoli juga ampuh mencegah kanker melanoma, esofagus, prostat, dan pankreas.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Satu cangkir brokoli cincang mengandung 92 mikrogram vitamin K yang melebihi 100 persen kebutuhan harianmu. Mengonsumsi jumlah Vitamin K yang cukup dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium melalui urine.

  1. Terlihat Awet Muda

Brokoli kaya akan vitamin C yang merupakan salah satu sumber antioksidan bagi tubuh. Ketika kamu mengonsumsi brokoli segar yang hanya dikukus atau pun ditumis sebentar, brokoli akan menjadi salah satu sumber antioksidan yang melawan kerusakan kulit akibat matahari dan polusi. Konsumsi brokoli juga dapat memperbaiki keseluruhan tekstur kulit menjadi terlihat lebih kenyal, kencang, dan bercahaya.

  1. Membantu Memperlancar Pencernaan

Brokoli juga efektif melancarkan pencernaan dengan sistem detoksifikasi alaminta. Makan makanan yang mengandung serat alami seperti brokoli dapat mencegah sembelit, menjaga saluran pencernaan tetap sehat, menurunkan risiko kanker usus besar, serta membantu ekskresi toksin harian lewat empedu dan pengeluaran BAB. Selain memperlancar pencernaan, manfaat brokoli lainnya adalah mengatur sistem kekebalan tubuh dan mencegah peradangan. Baca juga: Boleh Tidak, Makan Sushi Tiap Hari

  1. Perlindungan dari Penyakit Kronis

Menurut Department of Internal Medicine and Nutritional Sciences Program di University of Kentucky, asupan brokoli yang tinggi dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, obesitas, dan penyakit pencernaan tertentu.

Tips Memasukkan Brokoli ke Menu Sehat

Sebagian orang tidak menyukai rasa dan aroma brokoli. Kamu bisa mengakali cara mengonsumsi brokoli supaya lebih enak disantap. Kamu pun bisa merasakan manfaat brokoli lebih maksimal.

  • Kamu bisa menumis brokoli bersama bawang putih yang digeprek dengan minyak sayur. Lalu, tambahkan jamur dan cincangan daging ayam.
  • Kamu bisa mengukus brokoli dengan ditaburi sedikit garam. Untuk menambah rasa, kamu bisa menambahkan wortel dan kentang sebagai teman brokoli. Bubuhkan merica di atas kentang rebus untuk rasa yang lebih gurih.
  • Campurkan brokoli sebagai salah satu bahan komposisi jus bisa juga pilihan yang tepat. Kamu bisa menambahkan dengan tomat, nanas, atau apel.
  • Kamu juga bisa mengolah brokoli dengan cara digoreng bersama tepung sebagai pilihan. Walaupun sebenarnya cara tersebut akan membuat manfaatnya menjadi berkurang, karena paparan minyak goreng.

Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat brokoli, atau info-info seputar kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.