25 May 2018

6 Cara Alami Atasi Sindrom Mata Kering

6 Cara Alami Atasi Sindrom Mata Kering

Halodoc, Jakarta —Penyakit mata kering (dry eye syndrome)  bisa terjadi saat produksi air mata tidak mencukupi atau kualitas air mata yang buruk. Air mata punya peranan sangat penting bagi kesehatan mata. Tanpa produksi air mata memadai, kamu bisa terkena gangguan kornea dan infeksi mata karena air mata enggak mencuci partikel dan kuman yang masuk ke mata. Untuk menjaga kesehatan mata agar mata tidak menjadi kering, ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan.

  1. Batasi Waktu Melihat Layar Gadget

Semakin banyak waktu yang kamu habiskan untuk melihat layar gadget, semakin besar risiko mata kering. Jika kamu memang memerlukan waktu yang lama untuk menggunakan komputer, tablet, atau gadget lainnya, ambillah istirahat berkala untuk membantu mengurangi ketegangan mata dan mencegah mata kering.

Alihkan perhatian dari layar setiap 15 sampai 20 menit dan fokus pada sesuatu di dekatnya, lalu sesuatu pada jarak menengah, dan kemudian sesuatu di kejauhan. Kemudian, kembalikan fokus ke titik awal. Sebelum setiap transisi, berkedip dua sampai tiga kali untuk melumasi matamu.

  1. Kenakan Kacamata Hitam

Saat berada di luar, kenakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari debu dan angin yang bisa menyebabkan air mata menguap.

  1. Cuci dan Pijat Kelopak Mata.

Menucuci kelopak mata baik bagi peradangan kelopak mata. Sapukan lap hangat ke mata dan tahan selama lima menit. Untuk membantu melawan peradangan, gunakan minyak kelapa untuk memijat kelopak mata dengan lembut. Minyak kelapa menunjukkan sifat antibakteri, antijamur, antimikroba, anti-parasit, antivirus dan anti-inflamasi. Minyak kelapa juga membantu mengurangi peradangan setelah paparan UV dan melindungi kulit dari radiasi UV.

  1. Makanlah Lebih Banyak Makanan Kaya Vitamin A

Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan, pertumbuhan, pembelahan sel, reproduksi, kekebalan tubuh, dan perlindungan terhadap radikal bebas. Tingkatkan asupan vitamin A dengan makan daging sapi, wortel, aprikot, dan banyak sayuran berdaun hijau.

  1. Masukkan Minyak Kelapa ke Kelopak Mata

Selain memijat kelopak mata dengan minyak kelapa, sangat aman memasukkan minyak kelapa ke kelopak mata. Asam lemak dalam minyak kelapa memberikan lapisan pelindung di atas mata dan membantu menjaga mata tetap lembap. Masih dibutuhkan riset lanjutan, tetapi minyak kelapa diketahui dapat membantu mengatasi mata kering.

  1. Makan Lebih Banyak Makanan Mengandung Asam Lemak Omega-3

Makerel, salmon, kenari, biji chia, dan makanan kaya omega-3 lainnya dapat membantu mengurangi gejala mata kering.

Untuk mengetahui perawatan mata kering dan cara menjaga kesehatan mata, kamu bisa menghubungi para dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Para dokter akan membantu kamu memberikan informasi yang tepat. Selain itu, di aplikasi Halodoc kamu juga bisa membeli obat atau vitamin, serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Mudah dan praktis. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang.