• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mencegah Bekas Luka agar Tidak Membekas
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mencegah Bekas Luka agar Tidak Membekas

Cara Mencegah Bekas Luka agar Tidak Membekas

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 04 Agustus 2022

“Bekas luka yang tak kunjung hilang dapat mengganggu penampilan dan berisiko memunculkan luka baru bila tidak diobati. Penggunaan produk perawatan kulit yang tepat penting dilakukan agar luka tidak membekas.”

Cara Mencegah Bekas Luka agar Tidak MembekasCara Mencegah Bekas Luka agar Tidak Membekas

Halodoc, Jakarta –  Luka akibat jatuh, terbakar matahari, tergores, atau apapun itu bisa membekas, memerah, ataupun menghitam. Tidak hanya itu saja, bekas luka juga bisa memicu gatal, memerah, dan bisa bikin kulit jadi lebih sensitif. 

Itulah sebabnya, bekas luka tidak boleh dibiarkan begitu saja, ya! Selain membekas bisa memicu risiko-risiko gangguan kesehatan kulit lain yang tidak diinginkan. 

Salah satu cara mencegah bekas luka tidak membekas adalah dengan menggunakan produk perawatan yang bisa memperbaiki kulit serta menjaga kebersihan. Informasi selengkapnya bisa dibaca di sini!

Rekomendasi Produk Perawatan Kulit Supaya Luka Tidak Membekas

Aktivitas sehari-hari juga bisa menempatkan seseorang pada risiko luka yang membekas. Misalnya, kamu berenang di terik matahari yang memicu luka bakar, terkena percikan minyak goreng saat memasak sesuatu, ruam popok pada pantat bayi, atau bekas infeksi herpes. 

Baca juga: Sering Menjilat Bibir Kering saat Puasa Bisa Sebabkan Dermatitis

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, selain mengganggu penampilan, bekas luka bisa memicu risiko kesehatan lebih lanjut. Ketika bekas luka mengering lalu kemudian gatal, dan memicu keinginan untuk menggaruk, justru dapat membuat luka membekas yang tak kunjung menghilang. Infeksi yang menyebabkan luka, misalnya herpes biasanya bisa membekas dan susah untuk hilang. 

Itulah sebabnya kamu direkomendasi untuk menggunakan produk perawatan kulit yang dapat memperbaiki kulit sekaligus mengurangi rasa nyeri, memberikan efek menenangkan, menutrisi, serta repair skin barrier

Baca juga: 5 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Kulit

La Roche Posay Cicaplast Baume B5 adalah produk perawatan kulit yang terbukti efektif memperbaiki 21 kondisi kulit lebih dari hampir 10.000 pasien, sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup seseorang. 

La Roche Posay Cicaplast Baume B5 mengandung Madecassoside, yang merupakan ekstrak dari centella asiatica. Kandungan ini berfungsi untuk merawat dan mempertahankan lapisan pelindung kulit, termasuk skin barrier

Selain Madecassoside, ada juga Panthenol yang berfungsi untuk melembapkan  dan berbahan anti-bakteri. Kombinasi kandungan yang terdapat pada produk La Roche Posay Cicaplast Baume B5 ini bisa digunakan di bibir, wajah, dan seluruh tubuh.

La Roche Posay Cicaplast Baume B5 sudah teruji secara klinis pada berbagai kondisi kulit, seperti kulit kering, kulit gatal, kulit merah, kulit sensitif, kulit melepuh, kulit dengan iritasi ringan, kulit pasca memakai laser, serta kulit bayi dan anak-anak.

Jika kamu punya keluhan bekas luka yang tidak hilang-hilang, coba atasi dengan La Roche Posay Cicaplast Baume B5. Produk perawatan kulit ini bisa diperoleh di Toko Kesehatan menggunakan aplikasi Halodoc

Menjaga Luka Tetap Bersih 

Selain menggunakan produk perawatan kulit tepercaya, menjaga agar luka tetap bersih dapat mencegah bekas luka tidak membekas. Membersihkan luka setiap hari dengan sabun lembut dan air dapat membantu memperbaiki kulit serta mempercepat proses penyembuhan.

Perlu diketahui, luka yang tidak dijaga kebersihannya bisa berkembang menjadi koreng yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Belum lagi akan terasa gatal yang bila digaruk akan membuat kulit rusak dan membekas. 

Baca juga: Say NO pada Ketiak Hitam dengan Cara Alami. Benarkah Sudah Tahu?

Untuk menjaga luka tetap bersih, bila perlu tutupi luka dengan kain kasa guna mencegah cedera berulang. Bila luka ditutup, jangan lupa untuk mengganti perban setiap hari. Mengganti perban juga membantu menjaga higienitas area kulit yang terluka dan membantunya cepat pulih. 

Jangan lupa, kalau nutrisi yang kamu makan dapat memengaruhi percepatan penyembuhan luka. Pilihlah makanan yang mengandung vitamin C, zinc, dan protein yang juga berperan dalam memperbaiki kulit. Itulah cara mencegah bekas luka agar tidak membekas. Download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan update seputar isu kesehatan lainnya. 

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. Can You Do Anything to Prevent Scarring?
Everyday Health. Diakses pada 2022. Dos and Don’ts of Scar Prevention.
Better Health Channel. Diakses pada 2022. Wounds – how to care for them.
La Roche Posay Indonesia. Diakses pada 2022. Cicaplast.