Say NO pada Ketiak Hitam dengan Cara Alami. Benarkah Sudah Tahu?

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 Maret 2022

“Selain melakukan perawatan laser, kamu bisa mencoba mencerahkan ketiak dengan bahan-bahan alami."

Say NO pada Ketiak Hitam dengan Cara Alami. Benarkah Sudah Tahu?Say NO pada Ketiak Hitam dengan Cara Alami. Benarkah Sudah Tahu?

Halodoc, Jakarta – Ketiak adalah bagian tubuh yang jarang terlihat. Namun, bagi sebagian orang memiliki warna ketiak hitam yang gelap dapat menurunkan kepercayaan diri. Terlebih bagi orang yang suka mengenakan pakaian sleeveless. Karena alasan ini, banyak orang yang mencari berbagai cara untuk mencerahkan warna ketiak.

Kendati demikian, mengatasi ketiak hitam tidak semudah menjentikan jari. Perlu ada perawatan yang dilakukan secara rutin supaya warna kulit ketiak menjadi lebih cerah.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba, mulai dari perawatan laser sampai menggunakan bahan-bahan alami. Nah, jika kamu tertarik untuk mencoba cara yang alami saja, yuk simak informasi di bawah ini.

Cara Mencerahkan Ketiak Hitam dengan Bahan Alami

Berikut bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan area ketiak:

1. Minyak Zaitun

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan minyak yang satu ini.

Minyak zaitun terkenal akan kandungan antioksidannya yang bisa memberikan banyak manfaat bagi kulit, lho!

Oleskan minyak pada kulit ketiak dan lakukan pijat selama 10 menit dan bilaslah dengan air hangat. Lakukan secara rutin hingga terlihat hasilnya.

2. Cuka Sari Buah Apel

Hasil fermentasi dari buah apel ini juga dipercaya untuk memutihkan kulit ketiak kamu. Caranya mudah, campurkan cuka sari apel dan baking soda hingga muncul gelembung dan oleskanlah di area ketiak hingga kering. Bilas dengan air bersih dan ulangi 3 kali dalam seminggu.

3. Irisan Timun

Timun mempunyai manfaat sebagai pemutih bagi kulit.

Cukup gosokkan irisan timun di kulit ketiak, cuci bersih setelah 10 menit dan keringkan menggunakan handuk lembut. Perawatan kulit ketiak ini perlu dilakukan minimal dua kali dalam sehari sampai hasilnya terlihat.

4. Kunyit

Selain bisa digunakan untuk masker, kunyit juga dipercaya sebagai pemutih area kulit ketiak.

Kamu hanya tinggal mencampurkan 1 sendok teh bubuk kunyit dengan 1 sendok teh kering, serta bilaslah dengan air. Ulangi cara diatas dalam dua kali seminggu.

5. Kentang

Bukan hanya lezat untuk kamu konsumsi, kentang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit.

Jika kamu ingin menggunakan kentang sebagai perawatan mencerahkan ketiak, parut kentang terlebih dahulu lalu peras kandungan air yang terkandung dalam parutan kentang.

Kemudian, oleskan jus kentang ke daerah ketiak. Diamkan setelah 10 menit lalu bilas dengan air biasa.

6. Campuran susu, air mawar, dan kulit jeruk

Campurkan 1 sendok makan susu dan 1 sendok makan air mawar dengan kulit jeruk bubuk secukupnya untuk membuat pasta kental.

Gosok ketiak dengan lembut dengan pasta tersebut dan biarkan selama sekitar 15 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali per minggu.

 7. Lemon

Potong irisan lemon dan gosokkan irisan tersebut pada ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin, keringkan, dan oleskan pelembap.

Kamu bisa mencampurkan jus lemon dengan bubuk kunyit atau pasta kunyit.

Oleskan pasta secara merata ke ketiak dan diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan.

8. Minyak kelapa

Tuangkan beberapa tetes minyak kelapa ke ketiak lalu usap merata. Setelah 15 menit, bersihkan ketiak dengan air hangat dan sabun lembut. Ulangi langkah ini dua hingga tiga kali per minggu.

 9. Tea tree oil

Selain minyak kelapa kamu juga bisa menggunakan tea tree oil untuk memutihkan ketiak. Campurkan 5 tetes minyak pohon teh dengan 8 ons air dalam botol semprot kecil.

Semprotkan campuran tersebut pada ketiak setiap hari setelah mandi. Setelah itu, diamkan sampai mengering.

Berbagai cara alami tetap harus kamu perhatikan dengan baik. Artinya, jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya hubungi dokter spesialis kulit untuk menemukan saran yang tepat.

Tips Mencerahkan Ketiak Hitam Lainnya

Selain melakukan perawatan dengan bahan alami di atas, ada pun sejumlah tips lain yang patut kamu coba, seperti:

  • Ganti deodoran atau antiperspiran. Ketiak yang menghitam seringkali terjadi karena penggunaan deodoran atau antiperspiran yang tidak cocok. Nah, coba ganti merek deodoran kamu atau beralih ke alternatif yang lebih alami, seperti batu tawas. Beberapa orang mungkin lebih memilih untuk berhenti menggunakan deodoran atau antiperspiran sama sekali.
  • Berhenti mencukur. Cobalah waxing atau laser hair removal sebagai gantinya.
  • Lakukan pengelupasan atau exfoliating. Gunakan scrub yang lembut atau exfoliant pada area ketiak sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Pilihlah exfoliator yang cocok untuk kulit sensitif.
  • Kenakan pakaian yang longgar. Pakaian yang terlalu ketat ternyata dapat membuat ketiak tampak hitam.
  • Berhenti merokok dan terapkan gaya hidup lebih sehat.

Apabila cara-cara di atas kurang efektif, kamu bisa mengunjungi dokter spesialis kulit untuk melakukan perawatan ketiak melalui aplikasi Halodoc. Jangan tunggu sampai ketiak semakin menghitam, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Lighten Your Underarms.
Byrdie. Diakses pada 2022. 8 Ways to Lighten Underarm Hyperpigmentation, According to Derms.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan