• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mencegah Prediabetes Berkembang Menjadi Diabetes Tipe 2

Cara Mencegah Prediabetes Berkembang Menjadi Diabetes Tipe 2

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Mencegah Prediabetes Berkembang Menjadi Diabetes Tipe 2

Halodoc, Jakarta – Prediabetes merupakan kondisi yang terjadi ketika kadar gula dalam darah cukup tinggi, tetapi belum terlalu tinggi untuk didiagnosis penyakit diabetes. Meskipun begitu, kondisi ini tidak boleh diabaikan. Prediabetes yang tidak diatasi dengan baik dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Baca juga: Kenali Perbedaan Prediabetes dan Diabetes

Tidak ada salahnya simak lebih banyak mengenai kondisi prediabetes yang perlu kamu waspadai. Cari tahu juga cara tepat mencegah prediabetes berkembang menjadi diabetes tipe 2 dalam artikel ini! 

Kenali Tanda dari Prediabetes

Sebaiknya waspada jika kamu kerap mengalami perubahan pada kondisi kesehatan sehari-hari. Misalnya, rasa haus terus-menerus, peningkatan frekuensi buang air kecil, hingga menjadi lebih mudah lelah.

Kondisi ini bisa menandakan adanya gangguan kesehatan yang dikenal sebagai prediabetes. Tidak hanya itu, prediabetes juga dapat menyebabkan pengidapnya mengalami gangguan penglihatan. Biasanya, penglihatan akan menjadi lebih buram dibandingkan biasanya.

Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja. Namun, prediabetes lebih rentan dialami oleh orang yang berusia lanjut, obesitas, memiliki riwayat diabetes dalam keluarga, memiliki penyakit kolesterol, kurang melakukan aktivitas fisik, dan sering mengalami gangguan tidur.

Segera gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter jika kamu mengalami beberapa keluhan kesehatan yang terkait dengan prediabetes. Kamu juga bisa melakukan pengecekan darah sederhana di rumah sakit terdekat untuk memastikan kadar gula darah. Yuk, download Halodoc sekarang juga agar pemeriksaan dan penanganan kondisi ini dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Baca juga: Waspadai Komplikasi yang Diakibatkan Prediabetes

Pencegahan Diabetes Tipe 2

Pengidap prediabetes memang berisiko tinggi mengalami diabetes tipe 2. Namun, kondisi ini bukan berarti membuat kamu pasti mengidap diabetes tipe 2. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah prediabetes menjadi diabetes tipe 2. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  1. Mengontrol Berat Badan

Kamu bisa mencegah prediabetes menjadi diabetes tipe 2 dengan mengontrol berat badan. Tidak ada salahnya coba perhatikan proses memasak atau asupan nutrisi, serta vitamin yang kamu konsumsi setiap harinya. Pastikan juga kamu menjalani pola makan yang tepat.

  1. Rutin Melakukan Olahraga

Berolahraga secara rutin juga menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah prediabetes menjadi diabetes tipe 2. Kamu bisa melakukan olahraga aerobik, zumba, berenang, hingga bersepeda. Luangkan waktu selama 30 menit dalam sehari agar kondisi kesehatan fisik semakin membaik.

  1. Menjalani Pola Makan Sehat

Saat kamu didiagnosis mengalami prediabetes, jalani pola makan sehat untuk mencegah prediabetes menjadi diabetes tipe 2. Sebaiknya batasi pengonsumsian makanan maupun minuman yang mengandung pemanis atau gula tambahan. Perbanyak mengonsumsi ikan, sayuran hijau, buah alpukat, telur, dan kacang-kacangan yang dinilai mampu membantu kamu untuk mengontrol gula dalam darah.

Baca juga: Begini Cara Mengenali Gejala Awal Diabetes Tipe 2

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah prediabetes menjadi diabetes tipe 2. Tidak ada salahnya melakukan pencegahan dengan rutin menjalani pemeriksaan darah di rumah sakit terdekat agar kamu bisa mengontrol tekanan darah dengan baik. Selain itu, hindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol agar tingkat gula darah dalam tubuh tetap dalam kondisi yang baik. 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Prediabetes.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Prediabetes.
Diabetes UK. Diakses pada 2021. Prediabetes.