Cara Menjaga Stamina Seks meskipun Sudah Lama Menikah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Menjaga Stamina Seks meskipun Sudah Lama Menikah

Halodoc, Jakarta – Banyak faktor yang dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga. Salah satunya performa seks yang cenderung menurun seiring bertambahnya usia. Tapi, apakah benar jika kepuasan seks setelah menikah akan menurun? Adakah tips untuk menjaga stamina seks meski sudah lama menikah? Di sini jawabannya.

Baca Juga: Stamina Seks Menurun? Atasi dengan 6 Langkah Ini

Kepuasan Seks Setelah Menikah Lama Bisa Menurun

Kepuasan seks, meski sering dianggap tabu, bisa menjadi kunci keharmonisan dan keutuhan rumah tangga. Pasalnya, pasangan suami istri (pasutri) yang berhubungan intim secara rutin (setidaknya seminggu sekali) dipercaya lebih bahagia dibanding pasangan yang jarang bercinta. Hal ini membuktikan seks memiliki peran penting dalam menjaga hubungan tetap tahan lama.

Namun sayangnya, gairah seksual dapat menurun seiring bertambahnya usia pernikahan. Penurunan gairah seksual ini diduga disebabkan karena banyak faktor, di antaranya kesibukan masing-masing dan faktor usia. Semakin tua, tubuh mengalami penurunan hormon seks, sehingga berdampak pada turunnya gairah seksual. 

Baca Juga: Ejakulasi Dini Buat Hubungan Intim Suami Istri Terganggu?

Menjaga Gairah dan Stamina Seks Meski Sudah Lama Menikah

1. Saling Terbuka

Komunikasi penting dalam membina rumah tangga. Jika kamu mengalami masalah, seperti sulit menemukan waktu yang tepat untuk berhubungan intim atau tidak dapat mencapai klimaks, sebaiknya bicara langsung dengan pasangan. Dengan begitu, pasangan dapat mengerti dan membantu kamu untuk mencari solusi atas masalah yang dihadapi.

2. Tetap Merasa Seperti Pengantin Baru

Tidak ada salahnya untuk selalu merasa seperti pengantin baru alias tetap menjaga keromantisan dengan pasangan. Misalnya, kamu dan pasangan meluangkan waktu bersama untuk berduaan, meski hanya sekadar nonton film atau makan malam.

3. Eksperimen di Atas Ranjang

Agar hubungan seksual tetap menggelora, coba hal baru di atas ranjang. Misalnya, dengan melakukan foreplay, mainan seksual, atau mencoba posisi seks baru dan lebih menantang. Namun, pastikan kamu membicarakannya dengan pasangan sebelum melakukan hal baru.

Selain Menjaga Gairah Seks, Hindari Hal Ini Agar Hubungan Tetap Langgeng

Hubungan rumah tangga bukan hanya sekadar seksual semata. Maka itu, menjaga keharmonisan rumah tangga juga ada beragam cara. Selain menjaga stamina seks meski sudah lama menikah, ada beberapa hal sepele yang sebaiknya dihindari. Di antaranya adalah tidak fokus saat berbicara dengan pasangan, memilih diam dan tidak mengacuhkan pasangan, kurangnya rasa ingin tahu terhadap keseharian pasangan, sibuk dengan asumsi sendiri, dan memendam unek-unek dalam waktu lama. 

Bagaimana dengan cara menjaga hubungan rumah tangga tetap harmonis? Tiap pasangan tentu punya cara yang berbeda-beda. Namun secara umum, ada cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan rumah tangga tetap harmonis. Mulai dari menunjukkan kasih sayang, menjaga komunikasi yang baik, selipkan humor, jangan ragu untuk memberikan apresiasi, menepati janji, menghargai keberadaan pasangan, dan meluangkan waktu bersama pasangan di sela kesibukan.

Baca Juga: 5 Olahraga yang Tingkatkan Kejantanan Pria

Itulah cara menjaga stamina seks bagi pasutri yang sudah lama menikah. Kalau kamu dan pasangan punya keluhan terkait kesuburan atau performa seks, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter ahli. Tanpa perlu antre, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan di sini. Kamu juga bisa tanya jawab sama dokter dengan download aplikasi Halodoc.