Stamina Seks Menurun? Atasi dengan 6 Langkah Ini

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Stamina Seks Menurun? Atasi dengan 6 Langkah Ini

Halodoc, Jakarta – Penurunan stamina dan gairah seksual adalah hal yang wajar terjadi. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, tapi paling sering dialami orang yang sudah mengalami penuaan. Menjaga stamina seksual menjadi penting agar kualitas kehidupan seksual lebih baik. Lantas, apa yang harus dilakukan jika stamina seksual mulai menurun?

Baca juga: Agar 5 Tahun Pertama Pernikahan Berjalan Mulus

Kabar buruknya, penurunan stamina seksual sering dibarengi dengan menurunnya gairah untuk melakukan aktivitas tersebut. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami penurunan stamina seksual, mulai dari gaya hidup yang diterapkan, kondisi kesehatan tubuh, dan pertambahan usia. Nah, berikut 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stamina seksual yang menurun.

1. Gaya Hidup Sehat

Seperti diketahui, salah satu penyebab menurunnya stamina seksual adalah gaya hidup yang tidak sehat. Maka dari itu, cara untuk mengatasinya adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Kamu bisa memulai dengan memperbaiki pola makan, rutin berolahraga, cukup tidur, serta menghindari stress dan masalah psikologis lainnya.

Menghindari penurunan stamina dan gairah seksual juga bisa dilakukan dengan berhenti merokok. Kamu juga bisa menjadi lebih sehat dengan mengurangi atau menghentikan konsumsi minuman yang mengandung alkohol.

2. Berat Badan Ideal

Salah satu faktor yang ternyata berpengaruh pada stamina seksual seseorang adalah berat badan. Orang yang memiliki berat badan berlebih alias obesitas lebih berisiko mengalami berbagai penyakit, mulai dari hipertensi dan diabetes.

Kondisi ini ternyata juga berpengaruh pada kualitas kehidupan seksual dan bisa memicu gangguan ereksi. Jika kamu mengalami kelebihan berat badan, cobalah untuk menurunkan berat badan agar lebih ideal, sehingga stamina seksual pun akan semakin terjaga.

Baca juga: Lakukan Ini untuk Tingkatkan Stamina Seksual Pria

3. Rajin Berolahraga

Menjaga stamina seksual juga bisa dilakukan dengan menjaga stamina tubuh secara keseluruhan, salah satu caranya adalah rajin berolahraga. Selain bisa melatih stamina, rutin berolahraga juga bisa membantu menjaga berat badan ideal, sehingga penurunan stamina bisa dicegah.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh ternyata juga bisa memengaruhi stamina seksual seseorang. Agar stamina tubuh terjaga, biasakan mengonsumsi makanan yang mengandung zink, asam amino, serta folat. Jenis nutrisi tersebut sudah terbukti bisa meningkatkan kualitas sperma dan baik untuk menjaga kualitas kehidupan seksual seseorang.

Kamu bisa mencoba mengonsumsi jenis makanan seperti tiram, sereal, dan daging. Penuhi juga asupan folat dalam tubuh dengan mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan ikan salmon.

5. Stimulasi Diri

Melakukan menstimulasi diri sendiri juga bisa membantu menjaga stamina seksual tetap baik. Salah satu caranya adalah dengan melakukan masturbasi. Aktivitas ini juga disebut bisa melatih tubuh untuk menahan ereksi lebih lama, yang artinya stamina saat berhubungan intim pun akan semakin terjaga.

6. Ganti Jenis Obat

Penurunan stamina dan gairah seksual juga bisa terjadi sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu. Nyatanya, ada jenis obat-obatan yang memiliki efek samping berupa penurunan kadar testosteron dalam tubuh, yang pada akhirnya memengaruhi libido dan stamina seksual. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk mengganti obat dengan jenis yang lain.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 5 Efek dari Terlalu Sering Masturbasi pada Pria

Tapi tentu saja, mengganti obat yang dikonsumsi harus sesuai dengan rekomendasi dan resep dari dokter. Kamu bisa pakai aplikasi Halodoc untuk mencari dokter dan rumah sakit yang bisa dikunjungi untuk mengatasi masalah ini. Membuat janji temu dengan dokter pun menjadi lebih mudah. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!