• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Merawat Bulu Kucing American Shorthair agar Tidak Rontok

Cara Merawat Bulu Kucing American Shorthair agar Tidak Rontok

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Cara Merawat Bulu Kucing American Shorthair agar Tidak Rontok

“Jika dibanding dengan ras kucing lainnya, merawat bulu kucing American shorthair akan jauh lebih mudah. Supaya tidak rontok, pastikan kamu rutin membersihkan bulunya, menyisirnya secara teratur, menjemur kucing setiap pagi dan memberikan makanan yang bernutrisi.”

Halodoc, Jakarta – American shorthair adalah salah satu ras kucing berbulu pendek asal Amerika Utara. Ras kucing yang satu ini cukup favorit untuk dijadikan peliharaan karena sifatnya yang mandiri, ceria, dan suka bermain. Ciri yang paling menonjol dari American shorthair adalah wajahnya yang bulat dan sedikit rata, mirip seperti kucing persia. 

Meskipun berbulu pendek, American shorthair sebenarnya punya bulu yang tebal sehingga rentan mengalami kerontokan bila tidak kamu rawat dengan baik. Kendati demikian, tidak sulit kok untuk merawat bulu American shorthair. Nah, berikut cara merawat bulu kucing American shorthair agar tidak rontok.

Baca juga: 6 Ras Kucing yang Bersahabat dengan Anjing

Cara Merawat Bulu American Shorthair

Kalau dibanding ras kucing lainnya, merawat bulu American shorthair tentu jauh lebih mudah karena ukurannya yang pendek. Nah, berikut tips merawat bulu American shorthair agar tidak mudah rontok:

1. Rutin Membersihkan Bulunya

Supaya bulunya tetap bersih dan lembut, kamu perlu memandikan kucing American shorthair satu minggu sekali. Jangan lupa untuk menggunakan sampo khusus kucing agar bersih dan harum. Sebelum memandikannya, sisir bulunya terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan bulu-bulu yang kusut. Setelah dimandikan, keringkan kucing dengan handuk atau hair dryer.

2. Jangan Sampai Bulunya Kusut

Perawatan selanjutnya ialah pastikan bulu kucing American shorthair tidak kusut. Bulu yang kusut kerap diabaikan oleh para pemilik kucing. Padahal, jika dibiarkan, bulu yang kusut bisa menyakiti kucing bahkan membuatnya alergi saat dirapikan secara paksa. Untuk mencegah bulu yang kusut, kamu perlu rutin menyisir bulunya dan menyekanya dengan tisu basah bayi. 

3. Menjemur Kucing secara Rutin

Rutin menjemur kucing di pagi hari dapat membunuh bakteri-bakteri yang bersarang di dalam bulunya. Kamu juga perlu menjemur kucing American shorthair saat dimandikan. Hal ini bertujuan untuk mencegahnya kedinginan yang dapat menurunkan daya tahan tubuhnya. Hindari menjemurnya di siang hari saat matahari sedang terik-teriknya. 

Baca juga: Ketahui 6 Penyakit yang Rentan Dialami Kucing Peliharaan

4. Berikan Makanan Khusus

Makanan yang dikonsumsi pun dapat memengaruhi kondisi bulu American shorthair. Oleh sebab itu, pastikan kamu memberinya makanan khusus yang bernutrisi. Berikan makanan beraroma tajam seperti ikan dan daging untuk menambah energi. Jangan memberinya makanan sembarangan yang rentan membuat bulunya rontok.

5. Bersihkan Kandang secara Teratur

Adapun hal terpenting dalam merawat kucing American shorthair adalah membersihkan kandangnya secara teratur. Hal ini untuk membuat kucing tetap nyaman ketika tidur serta menjauhkannya dari penyakit. Kandang yang kotor bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman penyakit pada bulunya. 

6. Berikan Vitamin

Selain makanan yang bernutrisi, kamu juga wajib memberikan vitamin pada kucing American shorthair. Vitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya sehingga bulunya pun tidak akan mudah rontok. 

7. Melakukan Vaksinasi Kucing

Kucing yang punya imunitas baik tentu tidak akan mudah rontok bulunya. Oleh sebab itu, kucing American shorthair juga harus mendapatkan vaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya dan mencegahnya dari penyakit berbahaya. Pemberian vaksin harus diberikan secara rutin, minimal dua atau tiga bulan sekali. 

Baca juga: Kucing Tidak Mengeong, Ini Alasannya

Jangan tunda untuk memberikan vaksin pada kucing kesayangan kamu sebelum terserang penyakit. Kalau kamu berencana memberikan vaksin pada kucing, kini kamu bisa membuat janji rumah sakit atau klinik hewan terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc! Mudah dan praktis sekali bukan? Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. American Shorthair: Cat Breed Profile.
VCA Hospitals. Diakses pada 2021. American Shorthair.
Harlingen Veterinary Clinic. Diakses pada 2021. American Shorthair.