4 Cara Memilih Makanan Terbaik untuk Kucing Peliharaan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   11 Oktober 2021
4 Cara Memilih Makanan Terbaik untuk Kucing Peliharaan4 Cara Memilih Makanan Terbaik untuk Kucing Peliharaan

“Kamu adalah apa yang kamu makan. Anggapan tersebut bukan hanya berlaku pada manusia saja, tetapi juga untuk kucing kesayangan. Makanan kucing menjadi salah satu pengeluaran paling diperhatikan pemilik hewan peliharaan. Memilihnya pun tidak bisa sembarangan, karena dapat memengaruhi kesehatan kucing. Lantas, bagaimana cara memilih makanan terbaik untuk kucing peliharaan?”

Halodoc, Jakarta – Sebagai pemilik kucing, kamu tentu ingin menjaga hewan peliharaan tetap sehat, agar dapat hidup berdampingan selama mungkin. Sebagian besar pemilik menyadari bahwa memberi makanan berkualitas tinggi menjadi salah satu cara terbaik melakukannya. Namun, menemukan makanan terbaik untuk kucing terkadang menjadi hal yang membingungkan.

Selain banyaknya jenis makanan kucing, perdebatan juga muncul tentang bagaimana cara terbaik dalam memberi makan. Jangan bingung, karena kamu dapat mengikuti beberapa panduan berikut ini dalam memilih makanan terbaik untuk anabul kesayangan.

Baca juga: Seberapa Penting Kucing Peliharaan Konsumsi Vitamin?

1. Mengandung 95 Persen Bahan Utama pada Label

Dilansir dari The Association of American Feed Control Officers (AAFCO), mereka menetapkan beberapa pedoman bagi regulator. Salah satunya adalah mengatur bahan apa yang harus dimasukkan dalam label makanan hewan. Hal tersebut termasuk bahan dasar yang dapat diklaim secara sah oleh perusahaan makanan hewan. 

Contohnya, jika makanan tersebut bernama  “Tuna Cat Food” (italic) atau “Chicken Cat Food”, maka 95 persen harus mengandung bahan utama tersebut, tidak termasuk tambahan air. Jika produk mengklaim memiliki bahan tambahan lain seperti keju, maka hanya perlu mengandung 3 persen saja. Intinya, produk yang mengiklankan rasa tertentu, perlu mengandung bahan tersebut dalam jumlah yang dapat terdeteksi.

2. Memiliki Sumber Protein dan Lemak Hewani

Selanjutnya, lihat daftar bahan bakunya. Bahan yang digunakan harus dicantumkan pada label berdasarkan beratnya. Biasanya, bahan yang mengandung banyak air seperti daging sapi, unggas, ayam, atau ikan cenderung berada di urutan teratas daftar, karena mengandung tinggi kandungan air.

Sedangkan bahan-bahan yang berada di bawah urutan daftar, biasanya memiliki kandungan nutrisi penting, seperti protein. Biasanya protein memiliki kandungan yang lebih rendah, karena kandungan airnya sudah dihilangkan. Hal tersebut berlaku pada jenis makanan kering.

Selanjutnya, semua jenis makanan kucing harus memiliki beberapa sumber protein dan lemak hewani. Kucing sendiri adalah jenis hewan karnivora, sehingga membutuhkan nutrisi seperti taurin dan asam arakidonat dalam makanannya. Kedua kandungan tersebut hanya terdapat dalam sumber protein hewani. 

Beberapa sumber protein hewani untuk kucing, meliputi daging sapi, unggas, ayam, kalkun, ikan atau daging lainnya. Kamu juga bisa memberinya dalam bentuk makanan basah sebagai makanan pendamping atau selingan.

Baca juga: Penyebab Mata Kucing Berselaput, Berbahayakah?

3. Berikan Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Biji-bijian menjadi sumber karbohidrat yang sangat baik. Kucing dapat dengan mudah memproses karbohidrat dan menggunakannya sebagai sumber energi. Jika kucing kurang suka dengan rasanya, biji-bijian dapat diganti dengan sumber karbohidrat lain seperti kentang. 

6. Analisis Nutrisi

Langkah selanjutnya dapat dilakukan dengan menganalisis nutrisi. Dalam label kemasan makanan kucing biasanya mencantumkan jumlah minimum protein dan lemak berdasarkan persentase. Selain itu, perhatikan juga jumlah maksimum serat dan kelembaban. Keduanya juga dilihat berdasarkan persentase. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membandingkan 2 merek makanan hewan.

Baca juga: Berbagai Cara Efektif untuk Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Itulah beberapa cara memilih makanan kucing terbaik. Untuk menentukan seberapa banyak kucing makan dalam sehari dan jenis makanan yang cocok, hal tersebut kamu bisa tanyakan langsung dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc. Segera download di sini jika belum memiliki aplikasinya.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
The Spruce Pet. Diakses pada 2021. Tips for Choosing Cat Food. 
PetMD. Diakses pada 2021. How to Choose the Best Cat Food.
The Association of American Feed Control Officers (AAFCO). Diakses pada 2021. Labeling & Labeling Requirements.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan