Berbagai Cara Efektif untuk Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   06 Oktober 2021
Berbagai Cara Efektif untuk Mengatasi Bulu Kucing RontokBerbagai Cara Efektif untuk Mengatasi Bulu Kucing Rontok

“Apakah bulu kucing rontok sangat banyak sehingga bikin kamu khawatir? Kondisi kerontokan bulu pada kucing memang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah kesehatan yang dialami kucing, parasit, hingga stres atau kecemasan yang kucing alami. Oleh karena itu, pengobatan bisa berbeda-beda.”

Halodoc, Jakarta – Apakah kucing peliharaanmu sedang mengalami kerontokan bulu? Jika bulu kucing rontok tidak terjadi terlalu banyak, maka ini bukan masalah. Namun, jika mereka kehilangan banyak rambut, mungkin ini menunjukkan bahwa ia sedang mengalami masalah kesehatan. 

Apakah kamu memerhatikan bahwa kucing peliharaan terus menggaruk atau menjilat dirinya sendiri? Kucing nyatanya akan menggaruk dan menjilat tubuhnya cukup sering. Namun jika dilakukan terlalu sering, maka bisa menyebabkan rambut rontok, luka kulit, dan infeksi. Jika kucing tampaknya lebih tertarik untuk menjilati bulu mereka, daripada kegiatan lain seperti bermain atau makan, maka ini bisa jadi tanda bahaya. 

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Bahaya Bulu Kucing 

Ketahui Dulu Penyebabnya

Bulu kucing rontok atau alopecia adalah masalah umum bagi kucing. Berbagai faktor dapat berkontribusi pada alopecia kucing. Semakin awal kamu menemukan penyebab rambut rontok, semakin baik kesempatan kucing dapat berhasil diobati.

Ada beberapa penyebab bulu kucing rontok, antara lain:

  1. Kondisi Kesehatan Kucing

Ketidakseimbangan hormon, seperti hipertiroidisme atau peningkatan kadar steroid dalam tubuh, dapat menyebabkan kerontokan rambut. Penyebab lain dapat berupa alergi kulit atau reaksi alergi. Selain kehilangan bulu, tanda lain dari alopecia kucing adalah penampilan kemerahan, benjolan, keropeng, atau kehilangan kulit di sekitar area kerontokan rambut. Ini bisa menjadi tanda-tanda bahwa kucing mengidap beberapa bentuk penyakit kulit umum atau bahkan dermatofitosis, meskipun kondisi ini jarang terjadi pada kucing.

  1. Parasit

Parasit, seperti kutu, kutu, dan tungau, dapat menyebabkan gatal, peradangan, dan lesi yang juga dapat menyebabkan rambut rontok. Parasit ini dapat menyebabkan kucing jadi lebih sering menjilati tubuhnya. 

  1. Masalah Emosional dan Perilaku

Kondisi kesehatan mental pada kucing yang bermanifestasi dalam masalah perilaku, seperti terlalu sering menjilati bulunya sendiri secara berlebihan dapat menyebabkan kerontokan rambut pada kucing, tetapi kondisi ini sulit didiagnosis. Begitu masalah medis lainnya dikesampingkan, ini dapat ditentukan sebagai penyebab bulu kucing rontok.

  1. Sakit Fisik

Rasa sakit mungkin merupakan penyebab lain dari kerontokan rambut pada kucing, yang merasakan nyeri otot atau sendi di bawah kulit. Untuk meringankan rasa sakit, kucing dapat terus menjilat area dan mungkin menjilatnya sehingga mereka dapat menjilat bulu. Bulu kucing rontok juga bisa menjadi efek samping dari minum obat.

Jika kamu belum tahu apa yang menjadi penyebab bulu kucing rontok, maka kamu bisa tanyakan pada dokter hewan di Halodoc. Dokter hewan bisa memberikan saran kesehatan untuk mengatasi bulu kucing rontok. Kamu pun bisa hubungi dokter hewan di Halodoc kapan dan di mana saja. Praktis bukan? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Baca juga:  Ciri-Ciri Makanan yang Baik untuk Bulu Kucing Kesayangan

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok 

Ketika kamu membawa kucing ke dokter hewan untuk diagnosis dan perawatan. Langkah pertama adalah mengambil sampel dari permukaan kulit untuk melihat di bawah mikroskop untuk penyebab infeksi, seperti tungau, ragi, dan bakteri. Dokter juga mungkin melakukan biopsi atau kultur kulit juga. 

Dokter juga akan melakukan uji visual untuk mencari kutu dan infeksi lainnya. Jika kondisi normal, dokter hewan kemungkinan akan meminta tes darah untuk menentukan apakah ketidakseimbangan hormon atau tiroid menyebabkan alopecia. Jika penyebabnya masih belum dapat ditemukan, dokter dapat menggunakan berbagai alat pencitraan, seperti sinar-X atau ultrasonografi, untuk mengesampingkan kanker atau kelainan pada kelenjar adrenal.

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

Setelah diketahui penyebabnya, maka berikut ini cara mengobatinya:

  • Jika alopecia disebabkan oleh gangguan medis, seperti erosi kulit, ketidakseimbangan tiroid, atau ketidakseimbangan hormon lainnya, obat-obatan, dan perawatan topikal tersedia untuk mengobati ini.
  • Jika rambut rontok disebabkan oleh masalah perilaku, kamu perlu menggunakan modifikasi perilaku untuk mengurangi masalah. Perilaku kucing dapat membantu dalam “reteaching” kucing perilaku perawatan yang sesuai. Obat-obatan kecemasan, semprotan feromon sintetis untuk kucing (synthetic feline pheromone), atau alat bantu menenangkan lainnya dapat terbukti bermanfaat juga.

Pengobatan dan pengontrolan kutu juga penting untuk menjaga kucing tetap sehat dan mencegah hama tersebut masuk ke permukaan kulit kucing. Jika kucing kehilangan rambut karena kutu atau kutu, maka kamu juga perlu membersihkan rumah, termasuk tempat tidur kucing, mainan, dan perlengkapan kucing lainnya. Bicaralah dengan dokter hewan tentang cara untuk mengontrol dan mencegah kutu.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Fetch by Web MD. Diakses pada 2021. Why Do Cats Lose Hair?
PetMD. Diakses pada 2021. Why is My Cat Losing Hair? Hair Loss in Cats.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Hair Loss in Cats.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan