• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Cara Meredakan Sakit Pinggang saat Menstruasi

9 Cara Meredakan Sakit Pinggang saat Menstruasi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Sakit pinggang adalah kondisi umum yang sering dikeluhkan para wanita saat mengalami menstruasi. Meskipun biasanya hal itu bukan pertanda masalah medis yang serius, tetapi sakit pinggang saat menstruasi dapat terasa sangat mengganggu, hingga menghambat  aktivitas kamu sehari-hari. Karena itu, yuk ketahui cara meredakan sakit pinggang saat menstruasi di bawah ini.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan sakit pinggang saat menstruasi, mulai dari minum obat sampai cara yang alami:

1. Minum Obat

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dapat membantu meringankan rasa sakit dengan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh prostaglandin. Itulah mengapa NSAID merupakan pengobatan yang paling baik untuk mengatasi kram menstruasi. Namun, obat ini juga efektif untuk meredakan sakit pinggang saat menstruasi. Contoh NSAID yang paling umum adalah ibuprofen.

2. Krim Pereda Rasa Nyeri

Kamu juga bisa menggunakan krim penghilang rasa nyeri yang dapat membantu meringankan sakit pinggang saat menstruasi. Sebagian besar krim pereda nyeri diformulasikan dengan capsaicin, yaitu senyawa antiinflamasi yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit. Jenis krim ini dapat diaplikasikan di area pinggang sambil dipijat untuk membantu otot lebih rileks.

3. Kompres Hangat

Untuk meredakan sakit pinggang saat menstruasi, kamu juga bisa menempelkan bantal pemanas atau botol berisi air hangat di pinggang.

4. Istirahat dan Relaksasi

Bila kamu merasa kesulitan melakukan berbagai hal dengan sakit pinggang yang parah akibat menstruasi, tidak ada salahnya untuk beristirahat dulu selama beberapa hari. Bersantai dengan membaca buku atau sekadar mandi air hangat dapat membantu meningkatkan endorfin yang secara alami dapat melawan rasa sakit.

5. Berolahraga

Studi menunjukkan bahwa wanita yang berolahraga secara teratur dapat meringankan kram menstruasi dan nyeri pinggang. Namun, kamu tentunya dianjurkan untuk melakukan olahraga yang ringan, mengingat menstruasi membuat sebagian wanita lemas dan nyeri perut. Beberapa pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan saat menstruasi antara lain, jalan kaki, yoga, dan pilates.  

Baca juga: Mengapa Olahraga Baik Dilakukan saat Menstruasi?

6. Melakukan Hubungan Intim atau Masturbasi

Meskipun beberapa wanita mungkin enggan melakukan hubungan intim atau masturbasi saat menstruasi, tetapi nyatanya aktivitas seksual tersebut dapat meredakan sakit pinggang yang muncul akibat menstruasi lho. Hal ini karena ketika kamu mengalami orgasme, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin dan dopamine, bersama dengan endorfin lain yang dapat meredakan rasa sakit terkait menstruasi. 

Baca juga: Yang Perlu Diperhatikan Soal Hubungan Intim Saat Menstruasi

7. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Minum Suplemen

Saat sedang datang bulan, kamu dianjurkan untuk tetap mengonsumsi makanan-makanan bergizi yang dapat memberikan berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk minum suplemen yang mengandung magnesium, vitamin B-1 (thiamin) atau keduanya.

8. Akupunktur

Bila sakit pinggang terasa sangat mengganggu, kamu bisa mencoba alternatif pengobatan seperti akupuntur. Akupuntur adalah terapi yang fokus pada pemberian tekanan di berbagai area tubuh untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan penyembuhan. Dalam sebuah penelitian kecil, para peneliti menemukan bahwa 12 sesi akupuntur dapat secara signifikan mengurangi nyeri haid hingga 1 tahun.

9. Pil KB

Pil KB biasanya diresepkan untuk wanita yang mengalami menstruasi yang menyakitkan. Obat pengendali kelahiran ini dapat mengurangi intensitas kram perut dan sakit pinggang saat menstruasi, serta meredakan beberapa gejala endometriosis.

Baca juga: Dari Sakit Kepala sampai Sakit Pinggang, Dismenore Wajar Terjadi

Itulah 9 pilihan cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan sakit pinggang saat menstruasi. Kamu juga bisa minta saran kesehatan pada dokter tentang cara meredakan sakit pinggang saat menstruasi dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What causes lower back pain during a period?
Healthline. Diakses pada 2020. How to Treat Severe Lower Back Pain During Your Period.
Bustle. Diakses pada 2020. 7 Reasons To Have Sex on Your Period, Because The Health Benefits Certainly Outweigh Any Mess.