21 November 2018

Cara Pencegahan Penyakit Sepsis yang Perlu Diketahui

Cara Pencegahan Penyakit Sepsis yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta - Sepsis adalah sebuah komplikasi yang disebabkan oleh infeksi serius. Hal tersebut terjadi karena senyawa-senyawa yang berfungsi untuk melawan infeksi justru membuat peradangan di seluruh tubuh. Komplikasi ini dapat menyebabkan banyak hal, seperti mengakibatkan kerusakan pada sistem organ tubuh dan akhirnya mengalami gagal fungsi organ (septic shock).

Semua orang dapat mengalami sepsis, walaupun paling sering menyerang orang-orang berusia lanjut dan orang-orang yang mempunyai gangguan sistem kekebalan tubuh. Untuk menghindari penyakit ini, harus dilakukan identifikasi faktor risiko, lalu mewaspadai gejalanya, dan mengambil langkah untuk mencegah penyakit sepsis menyerang.

Selain itu, sepsis juga dapat terjadi pada orang-orang yang melakukan terapi dengan steroid. Seseorang yang mengonsumsi obat-obatan steroid dalam jangka waktu yang lama akan rentan terhadap infeksi. Obat-obatan yang mengandung steroid dapat menghambat proses peradangan, padahal hal tersebut yang diperlukan tubuh untuk melawan infeksi. Karena jika tidak terjadi peradangan, tubuh tidak dapat melawan infeksi dan menjadi rentan.

Luka yang terbuka juga dapat meningkatkan risiko sepsis, karena membuka jalan bagi mikroorganisme masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi jaringan sehat. Selain itu, penggunaan peralatan medis juga dapat menyebabkan seseorang mengidap sepsis.

Cara Mencegah Sepsis

Lalu, bagaimanakah cara untuk mencegah penyakit sepsis? Berikut adalah beberapa caranya:

  1. Menjaga Kebersihan Tangan

Salah satu cara mencegah sepsis adalah dengan menjaga kebersihan tangan. Dengan selalu mencuci tangan, kamu dapat mencegah perpindahan dan penumpukan mikrobia yang dapat masuk ke tubuh. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air hangat, serta selalu mencuci tangan setelah melakukan kegiatan adalah cara yang efektif untuk mencegah sepsis. Kuku yang bersih juga dibutuhkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Dengan mengonsumsi makanan sehat, tubuh dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah sepsis. Makanan dengan nutrisi yang tinggi dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memberikan kekuatan untuk tubuh melawan infeksi tanpa menyebabkan komplikasi seperti sepsis. Tubuh membutuhkan vitamin C sebanyak 500-2.000 miligram untuk tetap menjaga tubuh tetap bugar.

 

  1. Menjaga Kebersihan dan Kematangan Makanan

Selalu pastikan kebersihan dan kematangan makanan kamu, supaya terhindar dari sepsis. Makanan kamu harus selalu disiapkan dan dimasak sesuai dengan standar keamanan dan kebersihan makanan. Makanan yang dimasak pada suhu 93-100 derajat celsius dapat membunuh mikrobia. Selain itu, ketika membekukan makanan, suhunya harus 0 derajat celsius atau kurang.

  1. Pastikan Kebersihan Air Minum

Dengan selalu memastikan kebersihan air yang kamu minum dapat mencegah sepsis. Jangan minum air keran, sebaiknya minumlah air dalam kemasan. Jika tidak ada air dalam kemasan, coba untuk didihkan air selama 1 menit untuk membunuh mikrobia yang terdapat di dalamnya. Selalu hindari air yang belum diketahui kebersihannya.

  1. Selalu Bersihkan Lingkungan Sekitar

Dengan selalu memastikan lingkungan di sekitar kamu menjadi bersih, kamu dapat mencegah sepsis. Menjaga lingkungan tetap bersih merupakan suatu cara yang mudah untuk menjamin tubuh kamu tidak terserang oleh mikrobia. Semakin sedikit mikrobia yang ada di sekeliling kamu, maka terjadinya infeksi dan sepsis semakin kecil. Dengan menggunakan disinfektan, kamu dapat membunuh hingga 99,9 persen mikrobia.

Itu lah cara-cara untuk mencegah sepsis. Apabila kamu mempunyai pertanyaan perihal penyakit sepsis, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Baca juga: