24 October 2018

Akibat Fatal dari Sepsis yang Mesti Diketahui

akibat fatal dari sepsis yang mesti diketahui

Halodoc, Jakarta – Sepsis adalah kondisi yang cukup berbahaya disebabkan oleh komplikasi yang berawal dari infeksi. Penyakit sepsis bisa terjadi ketika senyawa kimia dalam darah memicu peradangan pada tubuh. Penyakit sepsis yang muncul pada tubuh bisa menjadi kondisi serius bagi kesehatan yang diakibatkan dari respon imun tubuh.

Banyak faktor yang menjadi penyebab dari penyakit sepsis, beberapa di antaranya seperti:

1. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri adalah salah satu penyebab paling umum yang mengakibatkan seseorang mengalami penyakit sepsis. Jika kamu memiliki luka kecil pada bagian tubuh, sebaiknya perhatikan kebersihan dari luka tersebut agar terhindar dari infeksi yang menyebabkan penyakit sepsis.

2. Kurangnya Kekebalan Tubuh

Orang-orang yang kekebalan tubuhnya kurang baik dapat menderita penyakit sepsis.

3. Usia

Faktor usia dapat membuat kamu terkena penyakit sepsis semakin meningkat. Semakin tua usia seseorang, sebaiknya jalani gaya hidup sehat dan jaga kebersihan diri agar terhindar dari penyakit sepsis.

Komplikasi Penyakit Sepsis

Jika penyakit sepsis tidak segera ditangani dengan baik, penyakit sepsis dapat mengakibatkan komplikasi penyakit lain yang membuat kesehatan menurun. Berikut adalah akibat fatal dari penyakit sepsis jika tidak segera ditangani sejak dini:

1. Infeksi Tulang

Jika penyakit sepsis bisa diakibatkan adanya infeksi bakteri, penyakit sepsis dapat mengakibatkan kamu menderita infeksi tulang jika penyakit ini tidak ditangani sejak dini. Infeksi tulang dapat menyerang siapa saja dalam segala usia akibat adanya infeksi bakteri.

Ada beberapa gejala infeksi tulang yang perlu kamu ketahui seperti bengkak pada daerah yang terinfeksi atau luka, keluarnya cairan dari bagian yang luka dan terinfeksi, rasa lemas, menggigil, gelisah dan mual. Sebaiknya segera tangani masalah infeksi tulang karena bisa meningkatkan risiko penyakit lain pada tubuh seperti kanker kulit, pertumbuhan tulang yang tidak normal pada anak, septic arthritis, dan kematian pada tulang. Tidak hanya infeksi tulang, penyakit sepsis meningkatkan risiko penderita mengalami infeksi saluran kemih, infeksi perut serta infeksi organ tubuh lainnya. Hal ini diakibatkan dari rendahnya sistem kekebalan tubuh penderita sehingga rentan mengalami infeksi.

2. Syok Septik

Jika tidak segera ditangani dengan baik, penyakit sepsis dapat berubah menjadi kondisi yang lebih parah yaitu syok septik. Saat seseorang mengalami syok septik maka tekanan darah pada penderita mengalami penurunan yang cukup drastis. Ada beberapa gejala yang muncul akibat adanya syok septic seperti kulit yang pucat dan dingin, mual disertai dengan muntah, diare, nyeri pada otot hingga pingsan.

3. Kematian

Penyakit sepsis dapat meningkatkan risiko kematian jika tidak segera ditangani oleh tim medis.

4. Kerusakan pada Organ Tubuh

Penderita sepsis dapat mengalami kerusakan pada bagian organ tubuh tertentu seperti ginjal, paru-paru, dan hati.

Penyakit sepsis bisa dicegah dengan menjaga lingkungan dan tubuh kamu selalu bersih untuk menghindari penyebaran infeksi. Jangan lupa untuk mandi secara teratur dan rajin mencuci tangan saat akan mengonsumsi makanan. Cuci tangan berperan besar dalam mengurangi penyebab penyakit sepsis.

Tidak ada salahnya gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai cara hidup sehat dan menjaga kebersihan diri kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: