Ini Cara Tepat Memantau Pergaulan Anak Usia Sekolah Dasar

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Cara Tepat Memantau Pergaulan Anak Usia Sekolah Dasar

Halodoc, Jakarta – Memasuki ajaran baru sekolah, tentu ibu berharap anak-anak dapat berbaur dengan lingkungan sekolah yang baru. Sebaiknya, ibu tetap perhatikan lingkungan dan tempat bermain anak khususnya anak yang baru saja memasuki usia sekolah dasar.

Baca juga: Perlukah Orang tua Berteman dengan Anak di Medsos

Usia anak yang beranjak remaja sering membuat khawatir ibu. Kemajuan teknologi juga menjadi penyebab orangtua banyak yang merasa khawatir ketika anak berada jauh dari pantauannya dalam jangka waktu yang lama. Ketahui cara tepat memantau pergaulan anak usia sekolah dasar yang tepat.

Lakukan Ini untuk Pantau Pergaulan Anak SD

Banyak cara yang bisa dilakukan orangtua untuk memantau pergaulan anak khususnya anak sekolah dasar. Berikut adalah cara tepat yang bisa dilakukan:

1. Ajak Anak Bertukar Cerita

Nyatanya, anak dalam usia sekolah dasar masih terbilang sangat senang jika diajak untuk bercerita mengenai kegiatannya di sekolah. Ibu bisa mengajak anak untuk bercerita apa saja yang terjadi di sekolah atau di kelas selama satu hari belajar. Dari cerita anak, ibu bisa memiliki gambaran mengenai pergaulan anak di kelas

2. Kenali Teman-teman Kelas Anak

Tidak ada salahnya sesekali ibu berkunjung ke sekolah dan berkenalan dengan teman-teman anak di kelas secara langsung. Dengan cara ini, ibu bisa lebih mudah memantau pergaulan anak.

3. Ajari Sikap Baik Ketika di Kelas

Sikap baik anak di sekolah juga akan menentukan pergaulan anak. Ketika anak memiliki sikap yang baik, tentu semakin banyak teman yang ia miliki. Jangan lupa untuk ingatkan anak agar lebih sering mengucapkan terimakasih, maaf atau tolong terhadap teman bahkan gurunya. 

4. Hindari Anak dari Pergaulan yang Buruk

Sebaiknya berikan perhatian dan kasih sayang yang tulus pada anak di rumah. Kondisi ini dapat membuat anak terhindar dari pergaulan yang buruk di sekolah. Dengan terpenuhinya kasih sayang di rumah, tentu anak tidak akan mencari perhatian pada orang lain di sekolah.

5. Laporkan Perundungan yang Terjadi pada Anak

Ketika ibu mendapati anak mengalami perundungan, sebaiknya segera laporkan pada guru kelas atau pihak sekolah. Kondisi ini untuk mencegah gangguan psikologis pada anak. Banyak dampak buruk yang terjadi akibat perundungan, salah satunya adalah anak menjadi lebih cepat marah dan stres. Segera periksakan ke rumah sakit terdekat jika ibu merasa adanya gangguan psikologis pada anak.

6. Tingkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Memasuki usia sekolah dasar terkadang kemampuan anak untuk bersosialisasi belum berkembang. Sebaiknya tingkatkan rasa percaya diri anak dan ajari anak untuk memiliki kemampuan bersosialisasi. Dengan begitu anak lebih mudah memiliki pergaulan yang positif di sekolah.

Baca juga: Usia yang Tepat untuk Mulai Pendidikan Seks pada Anak

Ketahui Dampak Pertemanan Sehat dalam Pergaulan

Anak yang memiliki pertemanan sehat tentu memiliki tumbuh kembang yang baik pula. Sebaiknya ibu ketahui dampak dari pertemanan sehat yang dimiliki oleh anak di usia sekolah dasar, yaitu:

1. Energi Positif

Memiliki teman yang baik menambah energi positif pada seseorang. Dengan pertemanan yang baik, tentu tumbuh kembang anak juga akan menjadi lebih optimal.

2. Menularkan Kebiasaan Baik

Pertemanan yang baik juga akan menularkan kebiasaan baik.

Jadi tidak ada salahnya ibu mengenal dengan baik teman-teman anak di sekolah agar tumbuh kembang anak di sekolah menjadi optimal.

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia 1-2 Tahun