• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tepat untuk Merawat Bibir agar Tetap Lembap

Cara Tepat untuk Merawat Bibir agar Tetap Lembap

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Bibir yang merah dan lembap pastinya diidamkan oleh semua orang, khususnya kaum hawa. Cuaca yang dingin dan kering, dehidrasi, dan kurangnya nutrisi adalah faktor yang sering menjadi penyebab bibir kering. Bibir kering dan bibir pecah-pecah tentu membuat pengidapnya tidak nyaman, lebih rentan terluka dan mengganggu penampilan. 

Bibir kering adalah tanda bahwa bibir kurang terhidrasi atau kurang lembap. Terlebih, bibir tidak memiliki kelenjar minyak layaknya kulit, sehingga bibir tidak mampu melumasi diri sendiri. Kalau kamu mengalami masalah bibir kering, coba atasi dengan perawatan berikut ini:

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Bibir Hitam

  1. Minum Air Putih

Jumlah air yang dikonsumsi memengaruhi tingkat kelembapan di tubuh, termasuk bibir. Ketika jumlah air dalam tubuh kamu tidak memadai, maka produksi air liur akan berkurang. Kurangnya produksi air liur membuat bibir terasa sangat kering. Usahakan untuk minum dua gelas air sebelum makan dan minimal delapan gelas dalam satu hari. Sebenarnya kamu bisa memilih cairan apapun untuk menghidrasi tubuh, tetapi air putih tetap menjadi pilihan yang paling baik. 

Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Kafein bersifat diuretik yang dapat mendorong cairan untuk keluar dari tubuh, sehingga kamu akan lebih cepat dehidrasi yang kemudian menyebabkan bibir kering. 

  1. Gunakan Pelembap Udara

Dilansir dari laman Self, sel-sel kulit memiliki faktor pelembap alami yang membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Namun, pelembap alami ini berbeda pada setiap orang karena masing-masing orang punya jenis kulit yang berbeda. Orang yang memiliki kulit kering memiliki jumlah pelembap yang lebih sedikit, sedangkan orang dengan kulit berminyak memiliki lebih banyak pelembap. 

Ketika ruangan mengandung sedikit kelembapan udara, kelembapan di kulit akan menguap lebih cepat dan menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Menggunakan pelembap udara membantu menambahkan kelembapan di udara, sehingga membantu kulit dan bibir tetap lembap.

  1. Gunakan Lip Balm

Lip balm adalah salah satu cara instan untuk mengembalikan kelembapan bibir. Pastikan untuk memilih lip balm dengan kandungan yang tepat. Melansir dari Healthline, lip balm yang mengandung mentol atau bumbu mint lainnya justru dapat membuat bibir lebih kering dan pecah-pecah daripada sebelumnya.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Sariawan Bisa Menandai 6 Penyakit Ini

Hindari produk bibir yang beraroma karena bahan-bahan ini juga bisa mengeringkan bibir. Cari lip balm yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan dan melembapkan, seperti shea butter, cocoa butter, almond oil atau coconut oil. 

  1. Jangan Merokok

Asap tembakau dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar bibir, sehingga menyebabkannya mengering dan menjadi cenderung pecah. Merokok juga dapat menyebabkan masalah lain di mulut, seperti sariawan dan sakit gusi. Jadi, kalau kamu merokok sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Bagi kamu yang tidak merokok, jangan coba memulai kebiasaan ini. Kalau kamu ingin tahu kiat efektif berhenti merokok, kamu bisa menanyakannya ke dokter Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter  kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

  1. Jangan Menjilat Bibir

Ketika bibir kering, mungkin kamu cenderung suka menjilat bibir sendiri. Alih-alih membuat bibir lembap, menjilat bibir justru akan membuat bibir semakin kering. Air liur mengandung enzim yang untuk membantu mencerna makanan. Enzim tersebut yang membuat bibir kamu semakin kering. 

Baca Juga: 5 Gejala Penyakit yang Bisa Ditunjukkan Lewat Mulut yang Terasa Kering

Jadi, sebisa mungkin jangan menjilat bibir ketika bibir sedang kering. Ketika kamu merasa bibir mulai mengering, sebaiknya langsung minum air putih untuk mengembalikan hidrasi tubuh kamu. 

Referensi :
Self. Diakses pada 2020. We Asked Derms How to Keep Dry Lips Moisturized During Winter and Here’s What They Told Us.
Healthline. Diakses pada 2020. 14 Ways to Get Healthy-Looking Lips.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Best 6 ways to relieve chapped lips.