19 July 2018

5 Cara Alami Mengatasi Bibir Hitam

mengatasi bibir hitam, bibir hitam

Halodoc, Jakarta – Bibir hitam menjadi masalah kecantikan yang cukup serius bagi wanita. Tentu saja, bibir berwarna hitam akan mengurangi kecantikan yang berakibat pada menurunnya rasa percaya diri. Lipstik menjadi salah satu alternatif yang digunakan untuk menyamarkan warna hitam pada bibir. Memang, hadirnya lipstick dengan warna yang beragam tentu mampu membuat bibir tampak cantik.

Pada umumnya, bibir hitam lebih sering dimiliki oleh wanita yang memiliki kebiasan merokok. Namun, tidak jarang pula ditemui berubahnya warna bibir menjadi hitam meski wanita tersebut bukanlah seorang perokok. Biasanya, kondisi ini disebabkan karena alergi, bibir terlalu kering, sering mengonsumsi kafein, hingga penggunaan kosmetik yang ternyata tidak cocok pada kulit bibir. Jika ini terjadi pada kamu, jangan khawatir, karena kamu bisa mengatasi bibir hitam dengan cara alami berikut ini:

Campuran Lemon dan Gula

Pertama, coba gunakan campuran lemon dan gula. Lemon memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit, tidak heran jika buah berasa asam ini sering dipakai sebagai kosmetik alami. Sementara itu, gula memiliki sifat yang mampu mengangkat sel kulit mati melalui pengelupasan kulit tanpa menimbulkan luka di bibir. Cara menggunakannya dengan mengiris tipis lemon dan menambahkan sedikit gula di atasnya. Oleskan pada bibir dan biarkan hingga 15 menit sebelum dibilas.

Madu

Selain lemon, madu juga sangat umum digunakan sebagai obat kecantikan alami, terutama untuk kulit muka. Ternyata, cairan kental dengan rasa manis ini juga bisa digunakan untuk mengusir warna hitam dari bibir, lho. Caranya, campurkan dua sendok teh madu dengan perasan jeruk nipis. Aduk hingga tercampur dan oleskan pada bibir, lalu diamkan hingga 10 menit sebelum kamu membilasnya dengan air hangat.

Baca juga: Makan Jadi Terganggu, Waspada Stomatitis pada Gusi

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin K dan E yang begitu berlimpah, sehingga bisa juga kamu gunakan untuk mengatasi bibir hitam. Coba oleskan minyak zaitun pada bibir setiap malam menjelang tidur. Lama-kelamaan, warna hitam pada bibir pun memudar dan bibir menjadi lebih merona.

Timun

Timun dipercaya efektif untuk menghilangkan lingkar hitam pada bagian bawah mata secara alami. Ternyata, buah-buahan segar ini juga baik untuk mengatasi bibir hitam. Salah satu penyebab bibir menjadi hitam adalah karena kurangnya cairan, sehingga bibir menjadi kering. Nah, timun yang kaya akan kandungan airnya mampu mengembalikan kelembapan bibir, sehingga mengurangi warna hitam yang mengganggu.

Susu

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, susu juga bisa membantu mengurangi warna hitam pada bibir. Ini disebabkan karena kandungan asam laktat yang efektif untuk menghilangkan noda hitam dan flek di bibir. Cara mengaplikasikannya mudah kok, cukup oleskan susu pada bagian bibir kamu dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Akan lebih baik jika kamu melakukan perawatan ini sebelum tidur, karena sebagian besar organ tubuh akan melakukan regenerasi ketika tubuh sedang terlelap.

Baca juga: Cara Mencegah Sariawan yang Sering Kambuh

Demikian tadi lima cara mengatasi bibir hitam secara alami yang bisa kamu coba di rumah. Tidak perlu melakukan berbagai perawatan mahal demi mendapatkan bibir yang merah merona, atau menggunakan lipstik aneka warna hanya untuk menyamarkan warna hitamnya. Kalau bisa menghilangkannya sepenuhnya, mengapa harus disembunyikan, bukan?

Nah, kalau kamu memiliki keluhan kesehatan yang mengganggu, coba tanyakan pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa download aplikasi ini di Play Stor dan App Store. Selain Tanya Dokter, aplikasi Halodoc juga memiliki layanan Apotek Antar dan Cek Lab yang bisa kamu gunakan di mana saja dan kapan saja.