• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Tetap Dekat dengan Anak Meski Jadi Ibu Pekerja

Cara Tetap Dekat dengan Anak Meski Jadi Ibu Pekerja

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Sebagai orangtua, ibu dan pasangan memiliki tugas untuk membesarkan anak agar kelak tumbuh menjadi anak yang disiplin dan bertanggung jawab dengan penuh kasih sayanag. Langkah penting dalam mewujudkan hal ini adalah menjalin ikatan yang kuat dengan anak. Namun, bagi ibu pekerja, menciptakan rutinitas dan ritual untuk tetap dekat dengan anak menjadi tantangan. Pasalnya, waktu ibu harus dipecah untuk urusan pekerjaan juga. Jika tidak disikapi dengan baik, sangat mungkin anak akan merasa berjarak dengan ibu. 

Oleh karena itu, menciptakan stabilitas untuk anak dengan menyediakan kebutuhan fisik dan emosional pada anak adalah hal yang penting dilakukan. Cara ini membuat ikatan yang kuat antara orang tua dan anak kelak. Nah, untungnya terdapat cara yang bisa dilakukan oleh ibu yang bekerja dengan anaknya supaya mereka tetap merasa dekat. Namun, perlu diingat bahwa balita melewati berbagai tahap, perubahan, dan preferensi, sehingga cara menjalin ikatan dengan balita adalah proses yang selalu berubah.

Baca juga: Ibu Pekerja, Lakukan Ini agar Produktif saat WFH

Tips untuk Ibu Pekerja Agar Tetap Dekat dengan Sang Anak 

Berikut ini kegiatan sederhana dan menyenangkan untuk meningkatkan kedekatan antara ibu pekerja dengan anak, yaitu:

  • Baca Bersama. Mulailah membaca untuk anak sejak dini. Meskipun sudah lelah bekerja, usahakan untuk mau melakukan hal ini sebelum anak pergi tidur. Ini adalah cara yang baik untuk beristirahat sebelum tidur, sambil mendorong anak untuk menyukai buku.

  • Bermain Bersama. Bermain bersama merangsang imajinasi anak kecil. Bermain adalah bentuk ekspresi untuk balita yang memberikan persepsi unik bagi anak untuk orangtuanya. Jika anak merasa nyaman bermain bersama orangtuanya, maka ia merasa selalu dekat. Waktu bermain akan menjadi hal yang ia tunggu-tunggu. 

  • Makan Bersama. Makan bersama juga merupakan cara membangun ikatan keluarga yang penting, dan ini merupakan kesempatan untuk mengajarkan tata krama dan aturan sosial. Tentu saja, dengan balita, hal ini akan diajarkan melalui rangkaian yang panjang.

  • Bekerja Sama. Memberikan kesempatan yang sesuai usia bagi balita untuk membantu pekerjaan rumah tangga adalah pengalaman yang menyenangkan. Hal ini juga mengajarkan kerja sama serta tanggungjawab. Akhirnya, hal ini menguatkan hubungan anak dan orangtua kelak.

  • Bernyanyi Bersama. Bernyanyi bersama adalah cara yang menyenangkan untuk dilakukan dengan anak. Balita juga lebih mudah menghafal ketika bernyanyi atau dinyanyikan lagu dengan orangtuanya. Selalu cari lagu-lagu menarik yang cocok untuk usia anak. 

  • Menari Bersama. Menari bersama meningkatkan koordinasi, dan juga latihan fisik yang baik untuk ibu dan anak. Ibu bisa memasang musik yang menyenangkan agar anak bisa menikmati momen ini. 

Baca juga: Pentingnya Mengajari Anak untuk Hidup Sehat

Menghabiskan waktu bersama anak, apa pun kegiatannya, adalah kesempatan untuk mengikat dan menciptakan kenangan yang menyenangkan. Ikuti kemauan anak, meski kadang akan terasa melelahkan, namun pada hari-hari berikutnya ia pasti memilih aktivitas yang lebih tenang. 

Selain itu, terlepas dari semua kegiatan yang dimaksudkan untuk mendekatkan ibu pekerja dengan anak, pastikan untuk menambahkan banyak pelukan, ciuman, dan pujian untuk anak. 

Itulah tips yang bisa dilakukan agar ibu pekerja bisa tetap dekat dengan anak. Sesibuk apa pun waktu yang ibu miliki, pastikan untuk membuat waktu khusus untuk dihabiskan dengan anak. Pastikan anak juga menjadi prioritas utama, sehingga kerja keras yang ibu kini lakukan semata-mata untuk kebahagiaan anak.

Baca juga: Intip Trik Agar Balita Ramah pada Semua Orang

Jika ibu masih membutuhkan tips pola asuh anak, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter atau psikolog di Halodoc. Ambil smartphone kamu sekarang, dan gunakan aplikasi Halodoc untuk mendiskusikan hal ini, kapan saja dan di mana saja.

Referensi:
Hey Mama. Diakses pada 2020. How Working Mothers Bond With Their Toddler.
Kids in The House. Diakses pada 2020. Advice for the Working Mom of a Toddler.