• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Pekerja, Lakukan Ini agar Produktif saat WFH

Ibu Pekerja, Lakukan Ini agar Produktif saat WFH

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Kini sudah menjadi kewajiban untuk membatasi aktivitas di luar ruangan, dengan tujuan mencegah penularan virus corona yang menjadi penyebab COVID-19. Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, kita harus belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah dahulu untuk beberapa waktu ke depan. Beberapa kantor pun sudah beberapa minggu terakhir meminta agar pekerjanya melakukan kerja dari rumah (work from home). 

Baca juga: Tak Pandang Usia, Kaum Muda Juga Bisa Terinfeksi Virus Corona

Ibu, Ini Tips Produktif saat WFH

Sayangnya, bagi ibu yang memiliki anak yang masih balita, ini bukan hal yang mudah. Pasalnya, saat bekerja di kantor, anak bisa dititipkan kepada orangtua atau pengasuh. Ketika ibu ada di rumah, anak pasti jadi suka dekat-dekat dengan ibunya untuk bermain. Atau ibu bisa disibukkan dengan pekerjaan rumah tangga.

Nah, berikut ini ada tips yang bisa dilakukan agar ibu pekerja bisa tetap produktif selama work from home (WFH), yaitu: 

  1. Buat Jadwal Rutin untuk Ibu dan Anak

Selama pembelajaran di sekolah dialihkan ke rumah, maka ibu kini harus berperan sebagai seorang guru dan memperhatikan anak. Jika anak masih kecil umumnya ia akan selalu meminta perhatian Ibu. Cara agar tidak mengganggu waktu ibu bekerja, siapkan keperluan anak di pagi hari, seperti saat bekerja di kantor.

Rutinitas seperti ini membangun pemahaman bagi anak supaya mereka bisa tetap fokus selama jam kerja berlangsung. Tidak hanya itu, supaya tetap bisa produktif, mulailah bekerja pada waktu yang sama setiap hari. 

Baca juga: 6 Cara Hindari Malas Saat Work From Home

  1. Buat Catatan Berisi Pekerjaan yang Harus DIlakukan

Faktanya, selama ibu bekerja di rumah, ibu mungkin tidak bisa melakukan apa saja dengan sukses setiap kali. Jika ibu membuat catatan rencana pekerjaan, setidaknya kamu tahu apa yang harus dikerjakan meski kadang harus diselingi dengan pekerjaan rumah. Jadi, ketika anak-anak tidur di malam hari, luangkan beberapa menit untuk mempersiapkan diri untuk hari berikutnya.

Jika ibu merasa stres akan beratnya beban yang sedang ditanggung sekarang, ibu bisa ceritakan masalah ibu pada psikolog di Halodoc melalui chat. Psikolog akan membantu ibu dengan memberikan tips untuk menghindari stres selama pandemi ini.

  1. Buat Meja Kerja yang Nyaman

Meskipun ibu sedang tidak bekerja di kantor, bukan berarti tidak dapat memiliki ruang kantor di rumah. Jangan memilih tempat yang biasa digunakan untuk bersantai, seperti sofa atau bean bag yang terlalu nyaman.

Sebaliknya, ciptakan ruang yang rapi, terorganisir, nyaman, dan pastinya tenang, dan jauh dari jangkauan anak-anak. Memiliki ruang kerja yang rapi, membuat ibu lebih termotivasi untuk lebih produktif dalam bekerja. 

  1. Buat Batasan dengan Anak

Penting untuk menetapkan batasan dengan anak-anak ketika ibu menjalankan WFH. Selama bekerja, ibu bisa membiarkan anak-anak menghabiskan waktu melakukan hal-hal yang mereka sukai yang bisa membuat mereka tetap sibuk, seperti menggambar, mewarnai, atau membaca.

Namun, jelaskan juga kepada anak-anak bahwa kondisi seperti ini hanya berlangsung sementara. Ibu juga harus menerapkan kapan saja ibu tidak bisa diganggu, sehingga mereka bisa mengerti dan tidak mengganggu ibu bekerja. 

Baca juga: Cara Jaga Peralatan Makan Bayi Steril dari Corona

  1. Istirahat

Ibu dapat beristirahat di sela-sela WFH. Bagi banyak pekerja, istirahat makan siang membantu mereka merasa segar dan siap untuk kembali bekerja. Istirahat juga penting ketika bekerja di rumah, terutama ketika ibu memiliki anak. Beristirahatlah setidaknya 10 menit untuk berbicara dan bermain dengan anak-anak. 

  1. Bagi Tugas dengan Suami

Mengurus anak adalah tugas bersama antara suami dan istri. Oleh karena itu, ibu bisa berbagi tugas merawat anak dengan suami.  Jika ibu dan suami harus bekerja dari rumah, cobalah bergantian saat merawat anak-anak dan pastikan pembagiannya adil. Ini dapat membuat pekerjaan ibu jadi jauh lebih mudah.

Itulah hal yang bisa dilakukan ibu pekerja saat menjalani WFH. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, yaitu dengan pola makan yang sehat, kualitas tidur yang cukup, dan rutin berolahraga.

Referensi:

The Thrive Global. Diakses pada 2020. Be a Productive Work-From-Home Mom with These Tips.
Spiked Parenting. Diakses pada 2020. How to Stay Productive as a Work at Home Mom.