• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Diabetes di Usia Muda, Lakukan 4 Cara Ini

Cegah Diabetes di Usia Muda, Lakukan 4 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Diabetes adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja tanpa melihat umur, baik itu orang tua maupun anak muda. Seseorang yang mengidap penyakit ini dapat mengalami banyak gangguan yang serius. Namun, banyak orang yang baru menyadari dirinya mengidap penyakit ini setelah terjadi komplikasi yang berbahaya.

Dengan itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, termasuk juga diabetes. Selain itu, penyakit ini juga sudah banyak menyerang anak muda yang pola hidupnya berantakan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mencegah diabetes pada usia muda. Berikut beberapa cara yang dapat kamu ketahui!

Baca juga: Bukti Olahraga Dapat Bantu Cegah Diabetes

Cara Efektif untuk Cegah Diabetes saat Usia Muda

Diabetes adalah penyakit berbahaya yang terjadi disebabkan tingginya kadar gula di dalam darah, yang disebut juga dengan glukosa. Kandungan glukosa ini sejatinya merupakan sumber energi pada tubuh setelah diolah. Namun, pada pengidap diabetes, zat tersebut sulit diserap dengan baik oleh tubuh yang mampu menimbulkan komplikasi jika sudah parah.

Diabetes dapat disebabkan oleh dua hal, yang pertama disebabkan faktor genetika dan dapat ditingkatkan risikonya oleh faktor lingkungan. Pada tipe yang kedua, diabetes ini dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk yang terbilang sering dilakukan. Saat ini, makin banyak anak muda yang mengidap diabetes tipe dua karena pola hidup yang buruk.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara yang efektif untuk mencegah terjadinya diabetes saat usia muda. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada komplikasi yang terjadi dan dapat membahayakan nyawa pengidapnya. Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan guna mencegah diabetes di usia muda:

  1. Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat

Salah satu cara cegah diabetes di usia muda adalah dengan mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat yang berlebih pada asupan makanan. Kandungan-kandungan tersebut dapat dengan cepat dipecah oleh tubuh dan masuk ke aliran darah. Peningkatan gula darah terjadi dan jika tubuh tidak menghasilkan lebih banyak insulin, maka risiko terjadinya diabetes akan meningkat.

Baca juga: Usia Muda, Begini Cara Cegah Penyakit Diabetes

  1. Rutin Berolahraga

Seseorang yang rutin berolahraga dapat mencegah diabetes, baik di usia muda atau sudah terbilang tua. Hal ini efektif untuk cegah diabetes karena olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang berguna untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Rajin melakukan aktivitas fisik juga berhubungan dengan peningkatan respons dan fungsi insulin pada tubuh. Maka dari itu, penting untuk berolahraga secara rutin untuk tetap sehat.

  1. Berhenti Merokok

Banyak penyakit berbahaya yang dapat terjadi disebabkan kebiasaan merokok, salah satunya adalah diabetes. Terdapat penelitian yang menyebut apabila merokok dan terpapar asap rokok secara pasif dapat menyebabkan terjadinya diabetes. Dengan itu, penting untuk berhenti merokok sebagai cara mencegah diabetes agar tidak terjadi di usia muda.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Dengan memastikan kamu mengonsumsi makanan sehat setiap harinya, hal ini dapat menjadi cara untuk cegah diabetes di usia muda. Selain itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tidak mengandung banyak lemak. Disarankan juga untuk lebih banyak mengonsumsi air putih dibandingkan minuman manis lainnya.

Itulah beberapa cara mencegah diabetes di usia muda agar menjaga tubuh tetap sehat. Dengan menerapkan beberapa kebiasaan baik tersebut, diharapkan diabetes tidak akan terjadi dan menimbulkan gangguan yang berbahaya. Sehingga, tubuh yang sehat selalu terjaga setiap harinya.

Baca juga: Cegah Diabetes, Ini Tips Menurunkan Gula Darah Saat Puasa

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara yang efektif untuk cegah diabetes di usia muda. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapat kemudahan akses kesehatan!

Referensi:
Health Line. Diakses pada 2020. 13 Ways to Prevent Type 2 Diabetes.
NIH. Diakses pada 2020. Preventing Type 2 Diabetes.