Cegah Kanker, Ayo Rutin Konsumsi 5 Teh Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Cegah Kanker, Ayo Rutin Konsumsi 5 Teh Ini

Halodoc, Jakarta – Sejak berabad lalu, orang-orang meyakini minum teh baik untuk kesehatan. Salah satu jenis teh yang baik untuk kesehatan adalah dari daun camellia sinensis yang tidak hanya memberikan sensasi hangat menenangkan, namun juga dapat membantu menangkal kanker, diabetes tipe 2, dan radang sendi.

Sejatinya, minum teh tanpa pemanis dan dilakukan secara teratur juga tidak berlebihan memang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini lima jenis teh yang layak untuk diminum karena dapat membantu meningkatkan kesehatan.

Baca juga: 6 Dampak Minum Teh saat Perut Kosong

  1. Oolong

Minum teh oolong dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pengeluaran energi tubuh mirip dengan proses yang berlangsung saat berolahraga. Itu artinya mengonsumsi teh hitam ringan yang difermentasi dapat membantumu mengurangi beberapa kilo dengan meningkatkan jumlah kalori yang kamu bakar, bahkan saat istirahat.  

Ini karena kafein dan flavonoid yang biasanya ditemukan dalam teh hitam dan hijau dapat bekerja sebagai agen pembakar lemak. Segelas teh oolong menghasilkan sekitar 75 miligram kafein. Teh oolong sering disajikan di restoran Cina dan dinikmati bersama makanan berat sebagai penetralisir dari makanan berlemak yang sudah dimakan.

  1. Peppermint dan Holy Basil

Teh jenis mint memang menyegarkan, baik diminum hangat maupun dingin. Ini karena kandungan peppermint telah terbukti merilekskan perut. Sementara teh basil adalah jenis teh yang banyak digunakan untuk penyembuhan infeksi hingga meredakan kecemasan.

Sama halnya dengan teh mint, holy basil juga dapat melindungi hati dan ginjal dari kerusakan yang disebabkan oleh menelan pestisida dan bahan kimia industri, yang terkadang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, bahkan setelah dicuci.

  1. Rhodiola

Manfaat kesehatan yang diperoleh dari rhodiola adalah peningkatan daya tahan dan pemulihan olahraga. Buat kamu yang juga sering merasa cemas, minum teh rhodiola dapat mendukung kualitas energi saat bekerja. Teh ini tidak mengandung kafein, sehingga kamu dapat merasa terstimulasi tanpa ada efek samping di kemudian hari.

Baca juga: Di antara Banyak Jenis Teh, Mana yang Lebih Sehat?

  1. Seaweed

Teh jenis ini tidak hanya rendah kalori, namun juga mengandung mineral, sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi tiroid, termasuk menjaga kesehatan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Bila dikombinasikan dengan bahan sehat lainnya, seperti madu ataupun kunyit, mengonsumsi teh seaweed ini bisa menangkal flu dan pilek. Karenanya, minum teh seaweed baik di musim penghujan.

  1. Teh Cuka Sari Apel

Cuka sari apel telah digunakan untuk segala hal, mulai dari menghilangkan noda hingga menurunkan berat badan. Selain itu, bila ditambahkan dengan teh, ternyata cuka sari apel dapat membantu menurunkan gula darah ketika dikonsumsi dengan makanan bertepung, Karenanya, teh cuka sari apel sangat baik untuk mengelola diabetes tipe 2.

Baca juga: Manfaat Teh Hijau dan Teh Oolong untuk Turunkan Berat Badan

Walaupun kamu tidak bisa menemukan ramuan ini secara instan, namun kamu bisa membuatnya dengan cara simpel, seperti menambahkan cuka sari apel dalam seduhan teh. Akan lebih mendapatkan manfaat yang maksimal bila kamu menambahkan irisan jahe sebagai penghangat dan juga mencegah peradangan.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai manfaat teh untuk mencegah kanker ataupun kesehatan lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.