15 February 2018

Mata Lebih Cemerlang dengan Khasiat Teh Hijau

Mata Lebih Cemerlang dengan Khasiat Teh Hijau

Halodoc, Jakarta – Meskipun ukurannya terbilang kecil, mata menjadi indra yang memberikan informasi terbanyak pada otak. Bahkan, jika informasi dengan indra lainnya digabungkan, tak bisa menandingi banyaknya informasi yang diberikan mata pada otak. Nah, oleh karena itu amat penting untuk terus merawat dan menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan cemerlang.

Yang perlu kamu ingat, asupan gizi dan nutrisi dari makanan tak hanya berkaitan dengan lingkar pinggang saja, tapi juga kesehatan mata, lho. Pendek kata, kesehatan mata juga ditentukan dari makanan yang kamu makan.

Nah, selain wortel, sayuran berwarna hijau, dan ikan berlemak yang terkenal karena manfaatnya untuk mata, ternyata teh hijau tak kalah baiknya untuk menjaga kesehatan mata. Selidik punya selidik, selain membantu melangsingkan tubuh, teh jenis ini juga bisa membantu mata kamu terhindar dari penyakit mata. Katarak, misalnya. Kok bisa? Yuk, simak khasiat teh hijau yang bisa buat mata kamu jadi lebih cemerlang berikut ini:

  1. Mencegah Katarak

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Experimental Eye Research menemukan bahwa teh hijau bisa mencegah kebutaan karena katarak. Hal itu disebabkan karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya yang berperan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, menurut para ahli konsumsi teh hijau secara rutin juga dapat mengurangi dekomposisi dan kerusakan lensa.

  1. Meredakan Mata Bengkak

Kamu enggak perlu risau saat mata bengkak karena kurang tidur. Teh hijau juga bisa kok menjadi jalan keluar untuk membantu meringankan mata bengkak dan mencegah lingkaran hitam. Cobalah mengompres mata dengan kantung teh hijau yang dingin. Cara ini bisa menyusutkan pembuluh darah di bawah mata sehingga mengurangi bengkak. Mengompres mata dengan teh hijau juga bisa membantu mengencangkan kulit yang kendur sehigga terlihat lebih segar dan cemerlang.

  1. Mencegah glaukoma

Glaukoma merupakan salah satu gangguan mata berupa kondisi mata saat tekanan cairan di dalam mata merusak saraf optik. Imbasnya, bisa menyebabkan kebutaan jika dibiarkan tak terdekteksi. Nah, salah satu zat antioksidan bernama catechins bisa meminimalkan resiko glaukoma.

Seperti dilansir WebMD, catechins mengandung vitamin C, vitamin E, lutein, dan zeaxanthin yang dapat membantu melindungi jaringan halus pada mata sehingga dapat mencegah glaukoma dan penyakit mata lainnya.

  1. Melindungi retina dari sinar UV

Selain catechins, ada juga antikosidan lainnya bernama gallocatechin. Zat yang satu ini bermanfaat untuk melindungi retina terhadap sinar UV yang berbahaya. Tak hanya itu saja, studi dari Dpartment of Ophthalmology and Visual Sciences di Chinese University of Hong, mengungkapkan zat bernama flavonoid dalam teh hijau menawarkan perlindungan selama 20 jam pada mata kamu. Mengagumkan, bukan?

 

Baca juga: 5 Cara Atasi Mata Lelah karena Astenopia

 

Berapa Cangkir Per-hari?

Sebenarnya menjaga kesehatan mata enggak susah kok. Memang ada beragam cara untuk mendapatkan mata yang sehat dan berkualitas, salah satunya dengan rutin mengonsumsi teh hijau. Berdasarkan rekomendasi Harvard Health Publications, kamu sebaiknya meminum beberapa cangkir teh hijau setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Ahli dari University of California Los Angeles dan University of Maryland Medical Center , AS, juga menyarankan sebaiknya seseorang mengonsumsi dua sampai tiga cangkir teh hijau setiap hari agar dapat menuai manfaatnya.

Pasalnya, pertimbangan ini didasarkan pada jumlah senyawa antioksidan di dalam teh hijau. Menurut ahli, sebaiknya kita mengonsumsi setidaknya 240 sampai 320 miligram polifenol setiap harinya. Nah, jumlah tersebut setara dengan dua hingga tiga gelas.

So, kalau kamu punya keluhan tentang kesehatan mata atau ingin mengetahui manfaat lainnya dari teh hijau, kamu bisa lho bicara ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya kapan saja dan dimana saja.

Untuk membuat matamu lebih sehat dan terawat, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.