17 February 2018

Manfaat Teh Hijau dan Teh Oolong untuk Turunkan Berat Badan

Manfaat Teh Hijau dan Teh Oolong untuk Turunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Teh sudah menjadi minuman yang populer di dunia sejak ratusan tahun yang lalu. Minum secangkir teh sudah diakui bisa meredakan sakit tenggorokan, menghangatkan tubuh yang kedinginan, dan sebagai hidangan pendamping dikala sedang bersantai seperti saat menonton TV. Teh memiliki banyak jenisnya, dan memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat teh adalah mampu menurunkan berat badan. Ada beberapa teh tertentu yang bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan, diantaranya adalah teh hijau dan teh oolong. Bagaimana penjelasan selengkapnya? Yuk, simak!

Teh Hijau

Awal mulanya, minuman ini berasal dari Tiongkok. Teh hijau berasal dari jenis tumbuhan Camellia sinensis. Teh hijau bisa disajikan baik dalam keadaan panas, dingin, dicampur madu, atau dijadikan teh tubruk tanpa gula. Mengapa teh hijau disebut sebagai teh untuk menurunkan berat badan? Alasannya karena teh hijau bermanfaat dalam membakar lemak karena adanya kandungan senyawa katekin yang membantu perpindahan lemak masuk ke dalam sel sehingga dapat digunakan untuk metabolisme sel. Selain itu, teh hijau bisa menurunkan nafsu makan.  

Manfaat teh untuk menurunkan berat badan salah satunya diperoleh dari EGCG (epigallocatechin-3-gallate) yang merupakan salah satu dari empat jenis senyawa katekin yang terkandung di dalam teh hijau. Setiap gram teh hijau mengandung 30-50 gram EGCG. EGCG mengandung polifenol yang merupakan antioksidan yang berfungsi sebagai anti-peradangan, yang dapat menghambat akumulasi lemak di dalam tubuh dengan menekan proses lipogenesis yaitu proses pembentukan lemak di dalam tubuh. Sebelum berolahraga, disarankan untuk meminum secangkir teh hijau untuk mempercepat efek pembakaran lemak.

Agar manfaat teh hijau bisa kamu rasakan, sebaiknya hindari mengonsumsi teh hijau lebih dari 5 cangkir per hari karena bisa menimbulkan efek samping akibat kandungan kafeinnya. Beberapa efek sampingnya seperti, diare, gangguan irama jantung, mual, muntah, rasa terbakar di dada, dan sakit kepala.

Teh Oolong

Teh oolong berasal dari pegunungan Tiongkok yang dipercaya memiliki ragam khasiat bagi kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah menurunkan berat badan. Teh oolong memiliki kemampuan untuk membantu membakar lemak lebih cepat dengan menaikkan metabolisme, sehingga kamu bisa lebih energik dan memiliki performa yang baik. Artinya, tubuh kamu memiliki proses peningkatan pembakaran lemak yang baik, yang membantu untuk menurunkan berat badan. Oolong juga mengandung polifenol yang bisa menghalangi enzim yang membangun lemak di tubuh. Sehingga lemak tidak diserap tubuh melainkan dikeluarkan. Manfaat teh oolong juga bisa menenangkan bila kamu merasa gugup atau lelah setelah bekerja seharian.

Tentunya untuk menurunkan berat badan, tidak hanya dengan minum teh hijau atau teh oolong saja. Kamu juga perlu mengombinasikannya dengan makanan yang dimakan, olahraga teratur, istirahat teratur, dan mengelola stres. Kamu bisa mendiskusikan dengan dokter yang ada di Halodoc mengenai manfaat teh untuk  menurunkan berat badan untuk informasi lebih jauh. Halodoc sendiri memungkinkan kamu untuk berdiskusi langsung dengan berbagai dokter ahli atau spesialis terpercaya yang bisa kamu pilih sendiri. Berbicara dengan dokter yang ada di Halodoc bisa dilakukan pada menu Contact Doctor melalui chat, voice, dan video call. Selain itu, kamu juga bisa membeli berbagai kebutuhan medis seperti vitamin dan obat melalui menu Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan pesanan kamu tidak lebih dari satu jam. Jadi tunggu apalagi, ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga.

Baca juga : Penggemar Matcha, Ini Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan