Cegah Kutu Air dengan Cara Sederhana

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Cegah Kutu Air dengan Cara Sederhana

Halodoc, Jakarta - Kamu mungkin merasakan gatal yang tidak tertahankan pada kaki. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satunya adalah kutu air. Ketika terjadi, kamu mungkin akan mengalami gejala berupa ruam bersisik pada sela-sela jari.

Gangguan ini adalah hal yang umum terjadi, terutama pada seseorang yang kurang menjaga kebersihan kaki. Kutu air yang menyerang kaki dapat menyebabkan infeksi apabila tidak dilakukan pengobatan. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara mencegah kutu air.

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Kaki Jika Terkena Kutu Air

Cara Mencegah Terjadinya Kutu Air

Kutu air, atau disebut juga dengan tinea pedis, merupakan sebuah infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur dan umumnya terjadi di jari kaki. Gangguan ini terjadi ketika beberapa gejala muncul, seperti kulit bersisik yang berwarna merah dan menyebabkan rasa gatal terjadi.

Apabila kamu mempunyai pertanyaan terkait kutu air, dokter dari Halodoc dapat membantumu. Caranya mudah, yaitu hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone-mu!

Gangguan tinea pedis dapat menyebar melalui kontak dengan seseorang yang terinfeksi atau dengan jamur pada daerah lembap. Daerah lembap yang dapat menyebabkan kutu air adalah kamar mandi atau kolam renang. Maka dari itu, ada baiknya untuk menghindari area-area tersebut agar tidak mengalami infeksi pada kulit.

Kutu air dapat menyerang semua orang tanpa terkecuali. Maka dari itu, kamu harus melakukan beberapa hal agar terhindar dari gangguan pada jari-jari kaki ini. Berikut adalah cara mencegah kutu air yang dapat dilakukan:

  1. Gunakan Alas Kaki

Selalu gunakan alas kaki seperti sandal jepit saat berjalan di sekitar kolam renang, kamar mandi gym, atau kamar mandi hotel. Hal ini adalah salah satu cara mencegah kutu air agar jamur tidak hinggap di kaki. Selain itu, sangat penting untuk menggunakan sandal jepit ketika berada di kamar mandi gym karena penggunaannya yang bergantian.

  1. Jaga Kaki Tetap Kering

Cara mencegah kutu air lainnya adalah dengan memastikan kaki selalu kering. Kamu dapat terserang kutu air meski telah mengenakan alas kaki, tapi tidak menjaga kaki tetap kering. Jamur dapat tumbuh subur di area yang hangat dan lembap, terutama ketika kamu berkeringat.

Baca juga: Musim Hujan, Cegah Kutu Air dengan 7 Cara Ini

  1. Mencuci Kaki Setiap Hari

Cara lainnya agar kamu terhindar dari kutu air adalah dengan rajin mencuci kaki setiap hari. Cobalah untuk selalu mencuci kaki kamu dengan sabun dan pastikan untuk mengeringkan setelah dicuci. Cara ini dapat mensterilkan jamur yang menjadi penyebab kutu air.

  1. Selalu Gunakan Kaus Kaki

Kamu juga dapat mencegah penumpukkan jamur yang menjadi penyebab kutu air dengan selalu menggunakan kaus kaki. Pastikan menggunakan kaus kaki dari bahan yang cepat kering, sehingga tidak membuat kulit lembap. Selain itu, pastikan untuk mengganti kaus kaki setiap hari, terutama pada seseorang yang kakinya mudah berkeringat.

Baca juga: Punya 5 Tanda Ini, Awas Kutu Air

  1. Hindari Penggunaan Alat Pribadi secara Bersamaan

Kamu juga dapat mencegah kutu air dengan menghindari penggunaan alat pribadi secara bersamaan. Jika kamu tinggal dengan seseorang yang mengidap tinea pedis, pastikan tidak berbagi handuk dengan orang tersebut. Kamu juga sebaiknya untuk tidak menggunakan sepatu yang telah digunakan orang tersebut.

Referensi:
AAD.org .Diakses pada 2019.Athlete's foot: How to prevent
CDC.gov .Diakses pada 2019.Athlete’s Foot (tinea pedis)