6 Bahan Alami untuk Atasi Kutu Air

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 Mei 2023
6 Bahan Alami untuk Atasi Kutu Air6 Bahan Alami untuk Atasi Kutu Air

“Rasa gatal dan perih akibat kutu air dapat sangat mengganggu. Sebagai perawatan rumahan, kamu bisa coba gunakan beberapa bahan alami untuk meredakan gejala. Bahan alami yang dimaksud adalah garam, bawang putih, tea tree oil, soda kue, atau bahan lainnya yang akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.”

Halodoc, Jakarta - Siapa yang tidak kenal penyakit kutu air? Penyakit ini merupakan infeksi kulit akibat jamur yang menimbulkan ruam bersisik, umumnya pada sela-sela jari kaki. Kutu air, atau dalam dunia medis dikenal sebagai tinea pedis, berisiko dialami oleh orang-orang yang tidak menjaga kebersihan kakinya dengan baik.

Pengidap kutu air akan mengalami serangkaian gejala, seperti adanya lepuhan pada sela-sela jari kaki yang terasa gatal, serta kulit yang retak dan mengelupas. Lantas, adakah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit ini? Yuk, simak pembahasannya!

Atasi Kutu Air dengan Bahan Alami Ini

Sebagai perawatan rumahan, ada beberapa bahan alami yang bisa dicoba untuk mengatasi kutu air. Beberapa bahan alami yang dimaksud adalah:

1. Tea Tree Oil

Kandungan pada tea tree oil sudah tidak diragukan lagi. Bahan alami yang satu ini diklaim ampuh dalam menyembuhkan berbagai macam masalah kulit. Salah satunya kutu air. Kandungan pada tea tree mampu membunuh berbagai macam jamur, kuman, dan bakteri penyebab masalah pada kulit.

Tea tree oil juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah dampak negatif radikal bebas pada kulit. Ketika mengidap kutu air, kamu cukup mengoleskan bahan alami yang satu ini pada area yang terkena. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mengoleskannya tiga kali dalam sehari.

2. Garam

Garam sudah dikenal mampu mengatasi peradangan, salah satunya pada kulit. Jika kamu mengidap kutu air, campurkan garam dengan air hangat. Gunakan air tersebut untuk merendam kaki selama setengah jam. 

Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan hal tersebut setiap hari sebanyak satu kali dalam sehari. Dalam hal ini, garam berperan sebagai pembunuh jamur penyebab kutu air.

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung minyak atsiri dan allicin yang bermanfaat sebagai antibakteri, antiseptik, serta antiinflamasi. Selain itu, kandungan pada bawang putih juga mampu meredakan rasa nyeri akibat rasa gatal yang berlebihan.

Pengidap kutu air dapat menumbuk satu siung bawang putih, kemudian tempelkan pada area yang terkena dengan balutan kain atau perban. Diamkan selama beberapa saat. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan cara tersebut secara berkala.

4. Soda Kue

Kandungan antiseptik pada soda kue efektif dalam membunuh kuman atau jamur yang menjadi penyebab dari kutu air. Dalam hal ini, kamu dapat merendam kaki pada larutan soda kue dan air hangat selama setengah jam. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat melakukannya sesering mungkin.

5. Singkong

Kandungan sianida pada singkong ternyata ampuh dalam membunuh jamur penyebab kutu air. Caranya dengan menempelkan daging singkong yang sudah dihaluskan pada area yang terkena. Kemudian, diamkan hingga mengering. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat menggunakannya setiap hari sebanyak satu kali dalam sehari.

6. Daun Sirih

Antiseptik yang terkandung dalam daun sirih dapat membunuh kuman penyebab kutu air. Dalam hal ini, kamu dapat merebus daun sirih dengan garam. Gunakan air rebusan ini untuk merendam kaki. Lakukan selama setengah jam. Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal ini sesering mungkin.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa dicoba untuk mengatasi kutu air di rumah. Jika masalah kutu air yang kamu alami tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter ahli di Halodoc untuk mendapatkan saran penanganan yang tepat!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Athlete’s Foot.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Five Home Remedies for Athlete's Foot.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan