Cewek Wajib Tahu, Berikut 5 Pantangan Saat Menstruasi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
cewek-wajib-tahu-berikut-5-pantangan-saat-menstruasi-halodoc

Halodoc, Jakarta – Menstruasi dapat membuat wanita mengalami sejumlah kondisi yang tidak nyaman, seperti kram perut dan perubahan suasana hati. Kondisi tersebut sedikit banyak dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuhnya. Nah, untuk mengusir ketidaknyamanan tersebut, ada beberapa pantangan yang perlu dihindari wanita saat menstruasi. Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Selain memengaruhi suasana hati, perubahan hormon yang terjadi saat menstruasi juga dapat meningkatkan nafsu makan wanita, sehingga membuat berat badannya jadi meningkat. Hal ini akan semakin membuat wanita yang sedang haid menjadi tidak nyaman, uring-uringan dan kurang percaya diri. Enggak mau kan menstruasi menghancurkan hari-harimu? Karena itu, jauhi pantangan saat menstruasi berikut agar kamu tetap nyaman selama menstruasi.

1. Membiarkan Diri Dikuasai Bad Mood

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perubahan hormon saat menstruasi dan rasa tidak nyaman bisa membuat kamu mengalami bad mood. Namun, jangan sampai emosi negatif ini menguasai kamu. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan yang dapat meningkatkan suasana hati, seperti mendengarkan musik, menonton film, ataupun beristirahat.

2. Berhenti Berolahraga

Menstruasi sering dijadikan alasan oleh banyak wanita untuk tidak berolahraga. Kram perut yang muncul saat menstruasi memang bisa terasa sangat menyakitkan, sehingga yang ingin kamu lakukan hanyalah meringkuk di tempat tidur dan menghabiskan camilan. Namun, tahukah kamu, bila dilakukan secara teratur, olahraga, seperti bersepeda, lari, atau sekadar berjalan justru dapat membantu meredakan kram perut, lho. Selain itu, berolahraga juga dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak.

3. Malas Mengganti Pembalut

Sesibuk apapun aktivitas yang kamu jalani, mengganti pembalut secara teratur adalah wajib hukumnya saat menstruasi. Pembalut perlu diganti tiap 3–6 jam sekali atau tergantung volume darah haid dan kegiatan kamu. Selain agar tidak bocor, mengganti pembalut juga untuk mencegah perkembangbiakan bakteri yang dapat menimbulkan bau tidak sedap. Kamu juga disarankan untuk lebih sering mengganti pembalut saat berolahraga.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kebersihan Miss V Saat Menstruasi

4. Berhubungan Seksual

Walaupun tidak dilarang, tetapi berhubungan seksual saat sedang menstruasi juga tidak dianjurkan, mengingat hal tersebut dapat meningkatkan risiko penularan penyakit menular seksual seperti HIV. Selain itu, meski peluangnya sangat kecil, berhubungan seksual saat menstruasi masih berpotensi menyebabkan kehamilan. Hal tersebut karena sperma dapat hidup dalam tubuh wanita selama tujuh hari. Jadi, bila kamu tetap ingin berhubungan intim saat menstruasi, ada baiknya kamu mengenakan kondom sebagai pengaman.

Baca juga: Amankah Bercinta Saat Menstruasi?

5. Makan Sembarangan

Perubahan hormon saat menstruasi memang membuat kamu cenderung ingin mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Namun, hal ini bukan berarti kamu bebas mengonsumsi makanan apa saja saat menstruasi. Sebenarnya makan banyak tidak masalah, asalkan kamu tetap memerhatikan kalori dan kandungan nutrisinya. Dibanding makan beberapa batang cokelat untuk meredakan bad mood, kamu disarankan untuk minum smoothie yang segar yang berisi campuran buah, beri, dan yogurt santan. Kamu juga bisa memuaskan rasa ngidam akan makanan manis dengan mengonsumsi buah-buahan organik. Mereka lebih manis, enak, dan sehat daripada kue dan es krim.

Baca juga: 6 Makanan yang Perlu Dihindari saat Nyeri Haid

Nah, itulah 5 pantangan yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat menstruasi. Bila nyeri perut akibat menstruasi sudah tidak tertahankan, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan seperti ibuprofen atau naproxen. Beli obatnya lewat aplikasi Halodoc saja. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Thetalko. Diakses pada 2019. 13 Things You Should Never Do While On Your Period.