09 August 2017

Cicip 7 Buah Anti Kanker Agar Tetap Sehat

Cicip 7 Buah Anti Kanker Agar Tetap Sehat

Halodoc, Jakarta - Setelah penyakit jantung, kanker merupakan jenis penyakit mematikan yang dapat mengancam kesehatan kamu. Kanker dapat mengakibatkan sel tumbuh menjadi tak terkendali sehingga memberikan efek negatif pada tubuh. Perlu diketahui bahwa sel kanker yang ada pada satu bagian tubuh dapat berpindah ke bagian tubuh lain melalui sirkulasi darah.

Nah, agar terhindar dari kanker kamu perlu menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, yuk konsumsi 7 buah anti kanker ini agar tetap sehat:

1.  Blueberry
Buah berwarna biru ini dapat memperlambat pertumbuhan beberapa sel kanker seperti kanker leher rahim dan kanker payudara. Dari hasil penelitian yang dilakukan, kandungan antioksidan dalam buah ini merupakan salah satu yang paling tinggi di antara buah-buahan lainnya. Kamu bisa mengonsumsi blueberry dalam bentuk olahan seperti yogurt, jus, dan lain sebagainya. Tak perlu khawatir, karena kandungan antioksidannya tidak akan berkurang.

2.  Buah Persik
Buah persik atau yang juga dikenal dengan sebutan buah peach ini mengandung 2 tipe polifenol yang dapat membunuh sel-sel kanker. Menurut penelitian, kandungan antioksidan dalam buah persik jumlahnya hampir sama banyak dengan blueberry. Kamu bisa menikmati buah persik secara langsung maupun dalam bentuk jus karena kandungannya tidak akan berkurang.

3.  Buah Naga
Buah yang memiliki warna merah keunguan ini mengandung serat yang dapat membantu cegah kanker usus, penyakit kencing manis, dan sangat baik untuk diet. Sebagai pencegahan dan pengobatan kanker, buah naga dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung tanpa diolah.

4.  Apel
Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa zat-zat dalam apel bisa menghambat pertumbuhan sel kanker usus dan kanker hati. Dengan semakin banyaknya kandungan dalam buah apel yang diserap tubuh, maka semakin baik pula dalam melawan sel kanker. Kandungan antioksidan terbaik dari apel adalah pada buah apel yang belum dikupas kulitnya.

5.  Sirsak
Buah sirsak dikenal sebagai buah anti tumor dan anti kanker. Kandungan zat anonaseus asetogenin dalam sirsak dapat menyerang serta melumpuhkan sel kanker. Hebatnya lagi, zat dalam sirsak bisa membedakan antara sel kanker dan sel normal, sehingga hanya menyerang sel kanker saja. Jadi buah ini ampuh untuk cegah kanker.

6.  Manggis
Tahukah kamu jika manggis punya kandungan antioksidan paling tinggi dari semua buah-buahan yang ada? Terutama dalam bagian kulit manggis yang mengandung zat xanthone. Dari penelitian diketahui bahwa xanthone merupakan bahan aktif yang bersifat antikanker, antioksidan dan mampu menghambat proses penuaan. Tak hanya itu, manggis pun mengandung ekstrak metanol dalam kulitnya. Ekstrak metanol ini berfungsi untuk mengurangi efek radikal bebas yang kuat.

7.  Alpukat
Kaya akan glutathione, alpukat merupakan buah yang mesti rutin kamu konsumsi. Glutathione merupakan zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh dengan menghalangi proses penyerapan lemak tertentu. Selain itu alpukat juga mengandung potasium yang lebih tinggi dari pisang. Sedangkan asam folat, vitamin C, E, serta antioksidan dalam buah alpukat bisa bantu membunuh sel-sel pra-kanker.


Jadi mulai hidup sehat dan perbanyak konsumsi buah-buahan mulai dari sekarang, ya. Jika kamu memiliki masalah kesehatan dan ingin bicara langsung dengan dokter. Tak perlu ragu kalau kamu enggak punya banyak waktu untuk ke luar rumah atau kantor. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter spesialis pilihan. Hubungi dokter dengan melalui Video/Voice Call dan Chat dari smartphone kamu dengan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.