• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Supaya Sehat, Konsumsi Buah Anti Kanker Ini

Supaya Sehat, Konsumsi Buah Anti Kanker Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Salah satu gangguan kesehatan yang sebaiknya diwaspadai adalah kanker. Penyakit ini terjadi akibat sel tumbuh secara tidak terkendali, sehingga memberikan efek yang buruk pada tubuh. Sel kanker bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja dan bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui sirkulasi darah.

Salah satu cara mencegah kanker adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Diet sehat dan seimbang, nyatanya bisa membantu menurunkan risiko kanker. Hal ini akan mencegah terjadinya obesitas alias kelebihan berat badan yang merupakan pemicu setidaknya 13 jenis kanker. Lantas, apa saja jenis makanan sehat yang bisa mencegah kanker? Cari tahu jawabannya di sini.

Baca juga: Ini Metode Pengobatan untuk Pengidap Kanker

Buah yang Ampuh Mencegah Kanker

Salah satu jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk mencegah kanker adalah buah-buahan. Makanan yang satu ini dikenal menyehatkan karena kaya akan kandungan sehat dan nutrisi lain yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Berikut beberapa jenis buah yang bisa dicicipi untuk menurunkan risiko kanker!

  1. Blueberry

Buah berwarna biru ini dapat memperlambat pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti kanker leher rahim dan kanker payudara. Kandungan antioksidan dalam buah ini merupakan salah satu yang paling tinggi di antara buah-buahan lainnya. Selain dimakan langsung, kamu bisa mengonsumsi blueberry dalam bentuk olahan misalnya yoghurt, jus, dan sebagainya.

  1. Buah Naga

Buah yang memiliki warna merah keunguan ini mengandung serat yang dapat membantu cegah kanker usus, penyakit kencing manis, dan sangat baik untuk diet. Sebagai pencegahan dan pengobatan kanker, buah naga dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung tanpa diolah.

  1. Apel

Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa zat-zat dalam apel bisa menghambat pertumbuhan sel kanker usus dan kanker hati. Dengan semakin banyaknya kandungan dalam buah apel yang diserap tubuh, maka semakin baik pula dalam melawan sel kanker. Kandungan antioksidan terbaik dari apel adalah pada buah apel yang belum dikupas kulitnya.

Baca juga: 8 Makanan Sehat yang Bisa Mencegah Kanker Paru

  1. Sirsak

Buah sirsak dikenal sebagai buah anti tumor dan anti kanker. Kandungan zat anonaseus asetogenin dalam sirsak dapat menyerang serta melumpuhkan sel kanker. Hebatnya lagi, zat dalam sirsak bisa membedakan antara sel kanker dan sel normal, sehingga hanya menyerang sel kanker saja. Jadi, buah ini ampuh untuk cegah kanker.

  1. Manggis

Tahukah kamu jika manggis punya kandungan antioksidan paling tinggi dari semua buah-buahan yang ada? Terutama dalam bagian kulit manggis yang mengandung zat xanthone. Dari penelitian diketahui bahwa xanthone merupakan bahan aktif yang bersifat antikanker, antioksidan, dan mampu menghambat proses penuaan. Tak hanya itu, manggis pun mengandung ekstrak metanol dalam kulitnya. Ekstrak metanol ini berfungsi untuk mengurangi efek radikal bebas yang kuat.

  1. Alpukat

Kaya akan glutathione, alpukat merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi secara rutin. Glutathione merupakan zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh dengan menghalangi proses penyerapan lemak tertentu. Selain itu, alpukat juga mengandung potasium yang lebih tinggi dari pisang. Sedangkan asam folat, vitamin C, E, serta antioksidan dalam buah alpukat bisa bantu membunuh sel-sel pra-kanker.

Baca juga: Makanan yang Bisa Meningkatkan Risiko Terkena Kanker

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Coba pakai aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter spesialis pilihan. Hubungi dokter dengan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. An Apple a Day for Cancer Prevention.
Help Guide. Diakses pada 2020. Cancer Prevention Diet.
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet.
Science Daily. Diakses pada 2020. Avocados May Help Prevent Oral Cancer, Study Shows.