15 October 2018

Cocok untuk Camilan, Ini 5 Makanan Sehat Asal Meksiko

Cocok untuk Camilan, Ini 5 Makanan Sehat Asal Meksiko

Halodoc, Jakarta - Masyarakat Meksiko juga dikenal sebagai Mestizo. Alasannya, begitu banyak percampuran budaya di negerinya, mulai dari Amerika Latin, Timur Tengah, hingga Eropa. Nah, banyaknya ragam budaya ini membuat negara Meksiko kaya akan jenis kuliner. Hmm, penasaran dengan camilan sehat asal Meksiko yang bisa menggugah seleramu? Berikut daftarnya:

1. Burrito

Siapa sih yang enggak kenal dengan makanan khas Meksiko yang satu ini? Burrito hampir selalu ada di daftar menu restoran khas Meksiko. Kuliner ini terdiri dari roti tortilla gandum yang diisi dengan berbagai macam daging. Mulai dari sapi, ayam, domba, atau pork (babi).

Setelah diisi dengan daging dan saus, tortilla akan dipanggang sebentar hingga agak kecokelatan. Bila dilihat sekilas, burrito memang agak mirip dengan kebab Turki. Namun, burrito memiliki saus yang berbeda. Saus yang digunakan biasanya guacamole, saus salsa, atau sour cream.

Menariknya, kuliner ini punya kisah tersendiri, lho. Makanan sehat Meksiko ini merupakan lambang perjuangan para pekerja imigran Meksiko di Amerika Serikat. Usut punya usut, burrito sebenarnya adalah adaptasi dari makanan tradisional bernama quesadilla, yang dikreasikan oleh pekerja imigran Meksiko di Amerika Serikat.

2. Taco

Taco merupakan camilan atau makanan sehat Meksiko lainnya yang bisa kamu coba. Hidangan yang sudah ada sejak 500 tahun lalu ini sangat populer. Makanan ini bisa disejajarkan dengan makanan Meksiko yang mendunia seperti burrito. Taco juga hampir mirip dengan burrito. Keduanya menggunakan roti tortilla yang membungkus isian daging, saus lezat, dan sayuran di dalamnya.

Taco biasanya berisi daging sapi, ayam, sayuran, seafood, atau campuran keju dan berbagai saus tambahan. Menariknya lagi, variasi saus taco dan topping lainnya cukup banyak. Mulai dari saus salsa, alpukat, daun ketumbar, tomat, irisan bawang bombai dan daun selada, hingga guacamole. Umumnya, taco disantap seperti burger, enggak menggunakan sendok atau garpu. Dengan kata lain, melahapnya langsung menggunakan kedua tangan.

3. Tostada

Di sana camilan yang satu ini banyak dijajakan di pasar seafood, Coyoacán, Meksiko. Bagaimana rasanya? Sederhananya, tostada memiliki rasa asin, segar, dan renyah. Banyak yang bilang tostada menyerupai taco berukuran mini. Perbedaannya, topping tostada terdiri dari daging ikan segar, potongan alpukat, dan saus salsa yang menyegarkan. Tak cuma itu saja, makanan sehat Meksiko ini juga disajikan dengan tambahan salad dan potongan kaki sapi.

4. Mole Poblano

Camilan yang satu ini bisa dibilang cukup unik karena rasanya yang manis. Masalahnya, orang Meksiko tak begitu menyukai makanan yang bercita rasa manis. Namun, mereka mengaku kalau sajian yang satu ini cukup istimewa. Mole poblano merupakan daging ayam atau burung kalkun yang dilumuri dengan saus berbahan dasar cokelat.

Berbagai sumber menyebutkan resep makan ini berasal dari Suku Aztec, sebelum zaman Hispanic. Namun, ada juga sumber lainnya yang mengatakan kalau mole pablano berasal dari abad ke-16 saat zaman kolonial.

5. Sopas

Bagi kamu yang kurang tertarik dengan taco, bisa kok mencicipi sopas sebagai gantinya. Sajian ini berupa roti jagung bulat dengan topping daging, kacang merah, keju, krim, siraman saus salsa segar. Lain halnya dengan taco yang menggunakan roti bertekstur renyah, sopas disajikan dengan roti yang lebih tebal, besar, dan teksturnya lebih empuk.

Punya keluhan medis dan ingin bertanya langsung kepada dokter ahli? Kamu bisa lho berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: