Kenalan dengan Cystic Fibrosis, Penyakit Langka dalam Film Five Feet Apart

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Kenalan dengan Cystic Fibrosis, Penyakit Langka dalam Film Five Feet Apart

Halodoc, Jakarta - Buat kamu yang mengaku penggemar film, pasti tidak asing dengan film drama remaja yang sejak 15 Maret lalu bertengger di bioskop. Five Feet Apart, adalah film yang terinspirasi dari sesama pengidap cystic fibrosis atau fibrosis sistik yang wajib menjaga jarak mereka sejauh lima langkah agar tidak membahayakan satu sama lain.

Film ini mengisahkan Stella Grant (Haley Lu Richardson) yang merupakan gadis berusia 17 tahun yang divonis mengidap penyakit langka cystic fibrosis sejak ia kecil. Dalam perawatan khusus yang dibiayai oleh negara, ia berkenalan dengan pasien lain yakni Will Newman (Cole Sprouse). Pertemanan mereka semakin akrab dan kemudian membawanya ke hubungan asmara. Sayangnya, akibat penyakit yang mereka idap, mereka tidak bisa melakukan hal-hal seperti pasangan pada umumnya, bahkan hanya sekadar untuk berpegangan tangan.

Apa itu Cystic Fibrosis?

Cystic fibrosis adalah penyakit genetika yang menyebabkan lendir-lendir di dalam tubuh menjadi kental dan lengket. Kondisi ini menyebabkan saluran pernapasan dan pencernaan pengidapnya mengalami gangguan. Dalam film digambarkan bahwa Stella dan Will wajib membawa tabung oksigen dan masker khusus setiap mereka pergi untuk membantu bernapas.

Akibat lendir yang ada di tabung pernapasan, pengidapnya mengalami kesulitan bernapas dan sering menyebabkan infeksi bakteri. Sementara itu, lendir bisa menghalangi tabung yang mengangkut enzim pencernaan keluar dari pankreas ke usus kecil. Lendir ini sering menghalangi tabung yang mengangkut enzim pencernaan makanan, terutama karbohidrat dan lemak. Akibatnya, pengidap penyakit ini mengalami gangguan dalam penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Baca Juga: Sering Merokok Buat Produksi Lendir Meningkat

Penyebab dari penyakit cystic fibrosis adalah kondisi genetika yang mengubah protein yang mengatur keluar masuknya garam pada sel. Akibat kelainan ini, lendir yang terbentuk menjadi jauh lebih lengket dan tebal. Strukturnya yang tebal dan lengket ini dapat dengan mudah dan terkumpul di bagian tubuh.

Gejala yang ditimbulkan dapat berbeda-beda tiap orang, tergantung pada tingkat keparahan. Seperti dalam film Five Feet Apart, beberapa gejala dapat muncul pada pengidap cystic fibrosis adalah:

  • Diare.

  • Muntah.

  • Mengi (bengek).

  • Napas pendek.

  • Batuk berkepanjangan.

  • Sesak napas.

Sementara akibatnya enzim pencernaan yang dihasilkan oleh pankreas tidak dapat mencapai usus halus, maka cystic fibrosis memunculkan gejala lain, seperti:

  • Sembelit yang parah.

  • Penurunan berat badan atau pertumbuhan yang terhambat akibat makanan tidak tercerna dengan baik, sehingga pengidapnya mengalami malnutrisi.

  • Tekstur tinja yang menggumpal, berminyak, dan berbau tajam.

Perawatan untuk Cystic Fibrosis

Seperti dalam film, Stella dan Will mengalami kondisi yang cukup memprihatinkan. Apalagi di dalam dunia medis, cystic fibrosis adalah salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Untuk bertahan hidup, Stella, Will, dan semua pengidap penyakit ini harus melakukan pengobatan, mulai dari konsumsi obat dan terapi.

Pengobatan utama untuk melawan penyakit ini dengan pemberian antibiotik untuk melawan infeksi pada paru-paru. Pemberian obat lain seperti mengurangi radang, pengendali volume, dan mengurangi kekentalan lendir di dalam paru-paru. Sementara, terapi yang wajib dijalankan antara lain:

  • Fisioterapi untuk membersihkan lendir di dalam paru-paru.

  • Terapi siklus pernapasan.

  • Terapi oksigen.

  • Terapi latihan fisik dan olahraga untuk menjaga postur tubuh dan memobilisasi otot dan sendi-sendi di sekitar dada, pundak, serta punggung.

  • Terapi perubahan posisi agar lendir mudah keluar dari paru paru. Teknik ini disebut juga postural drainage.

  • Operasi pada pengidap cystic fibrosis mungkin dilakukan apabila gejala yang dirasakan sudah tidak bisa diatasi oleh obat maupun metode lainnya.

Baca Juga: Tidak Semua Infeksi Memerlukan Pengobatan Antibiotik

Seperti yang tergambar dalam film Five Feet Apart, cystic fibrosis adalah penyakit yang bisa berakibat fatal jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Nah, apabila kamu atau orang terdekat mengalami gejala-gejala dari penyakit ini, kamu bisa diskusikan dengan dokter ahli di Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli kapan saja dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store!