Daun Sirih Bisa Atasi Keputihan, Benarkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
mengatasi keputihan, daun sirih untuk keputihan

Halodoc, Jakarta - Pernah mengalami keputihan? Keputihan merupakan masalah umum yang dialami oleh sebagian besar wanita di dunia. Hal ini merupakan hal yang wajar. Namun, apabila keputihan terjadi hingga menyebabkan vagina terasa sangat gatal, menimbulkan ruam, serta bau yang sangat menyengat, kondisi ini menandakan kalau kamu tidak dalam keadaan yang baik-baik saja. Apakah keputihan yang seperti ini dapat disembuhkan hanya dengan menggunakan daun sirih?

Baca juga: Normal atau Tidak, Keputihan Setelah Melahirkan

Keputihan yang normal akan memiliki ciri tidak berbau, tidak berwarna, meninggalkan bercak kekuningan di celana dalam, serta adanya perubahan tekstur saat sebelum atau sesudah menstruasi. Namun, jika keputihan sudah dalam batas yang tidak wajar, hal ini biasanya disebabkan oleh adanya bakteri, jamur, atau parasit yang berkembang di dalam organ intim. Begini cara mengatasi keputihan dengan daun sirih!

Daun Sirih Bisa Atasi Keputihan, Benarkah?

Daun sirih sendiri sudah dikenal sejak dahulu sebagai tanaman obat. Daun sirih sendiri bersifat antibakteri, antijamur, antioksidan, serta antiradang. Untuk menghilangkan keputihan dengan menggunakan daun sirih, kamu hanya perlu menyiapkan 3-4 lembar daun sirih. Kemudian rebus daun sirih bersama dua gelas air selama 10-15 menit, hingga air rebusan berubah warna dan daur sirih menjadi layu. Lalu, saring rebusan daun sirih dan biarkan hingga suhunya normal kembali.

Baca juga: Aroma Enggak Sedap Gara-Gara Keputihan, Waspada Penyakit ini

Ada beberapa cara juga yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keputihan dengan rebusan air sirih tersebut. Beberapa di antaranya:

  • Diminum Langsung

Setelah suhu air rebusan daun sirih kembali normal, kamu dapat langsung meminumnya untuk menghilangkan keputihan. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa meminumnya sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Jika kurang suka dengan rasanya, kamu bisa menambahkan perasan lemon ke dalamnya.

  • Mengaplikasikan dengan Tampon

Selain diminum, air rebusan sirih ini juga dapat diaplikasikan ke vagina dengan bantuan tampon supaya mengenai bagian dalam organ kewanitaan. Kamu hanya perlu mencelupkan tampon bersih pada air rebusan daun sirih yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian, masukkan tampon ke dalam lubang vagina dan diamkan selama 10-15 menit, lalu cabut kembali tampon. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

  • Dibasuh Langsung 

Jika repot untuk menggunakan tampon, kamu bisa membasuhnya langsung pada vagina. Basuh dari arah depan ke belakang, dan jangan sampai terbalik, ya! Untuk hasil yang maksimal, gunakan cara ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Baca juga: Kenali Keputihan yang Normal dan Tidak pada Wanita Hamil

Penggunaan daun sirih untuk mengatasi keputihan pada wanita tidak bisa sembarangan dilakukan. Pasalnya, daun sirih yang dipakai secara berlebihan dapat membuat perubahan pH pada organ kewanitaan. Hal ini tentunya akan membuat vagina menjadi kering, karena adanya ketidakseimbangan flora dan bakteri di dalamnya. Ada baiknya langsung diskusikan dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc, jika kamu mengalami keputihan berlebih.

Mengatasi keputihan memang dapat dilakukan dengan menggunakan daun sirih, tetapi ada baiknya jika kamu tetap menjaga kebersihan celana dalam, menjaga pola makan yang bergizi seimbang, serta istirahat dengan cukup di setiap harinya. Jika kamu sudah menerapkan langkah di atas, tetapi keputihan kamu enggak kunjung membaik, segera download aplikasi Halodoc untuk untuk informasi lebih lanjut. Jangan lupa, selalu jaga kesehatan kamu, ya!