Dianggap Remeh, Ini 5 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
dianggap-remeh-ini-5-manfaat-telur-asin-bagi-kesehatan-halodoc

Halodoc, Jakarta – Berawal dari munculnya makanan ringan dengan rasa salted egg atau telur asin dari Singapura, telur asin mulai populer dan bahkan digemari sampai sekarang. Berbagai macam makanan bertema telur asin pun ikut bermunculan, mulai dari keripik telur asin, ayam dengan saus telur asin, bakpao isi telur asin, dan masih banyak lagi. Enggak hanya bisa diolah menjadi bumbu atau pelengkap rasa makanan, telur asin sendiri pun bisa dikonsumsi langsung setelah direbus. Mengonsumsi telur asin secara utuh justru lebih baik, karena bisa memberikan kamu banyak manfaat kesehatan.

1. Membantu Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Tahukah kamu bahwa di dalam sebutir telur asin, terkandung banyak sekali nutrisi baik. Hal inilah yang membuat telur asin menjadi makanan yang sehat. Telur asin yang berasal dari telur bebek mengandung protein, lemak, dan karbohidrat. Dalam tiap butirnya, terdapat 9 gram protein, yang dapat memenuhi sekitar 18 persen dari asupan protein harian yang dibutuhkan orang dewasa. Telur bebek juga mengandung 9,6 gram lemak yang menjadi sumber energi, dan 1 gram karbohidrat.

Telur bebek juga memiliki beberapa vitamin dan mineral baik, seperti vitamin A, vitamin E, kalsium, potasium, dan zat besi. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mineral yang dimiliki oleh telur asin, seperti selenium dan zat besi bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Selenium menunjang fungsi kekebalan tubuh kamu tetap kuat dan membantu memproduksi hormon tiroid. Sedangkan zat besi, membantu sel darah merahmu mengalirkan oksigen dan berperan penting untuk memproduksi energi. 

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain itu, telur bebek juga mengandung sejumlah kecil seng, fosfor, dan kalsium yang tinggi. Fosfor dan kalsium sangat bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan tulang. Dengan demikian, memakan telur asin dapat mencegah osteoporosis serta membantu pertumbuhan tulang pada anak-anak.

Baca juga: 6 Makanan untuk Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosi

4. Baik untuk Kesehatan Kulit

Nah, para wanita tentunya tidak mau melewatkan manfaat telur asin yang satu ini. Telur asin ternyata mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit kamu. Vitamin E dapat membuat kulit menjadi lebih cerah, bersinar, dan lebih halus. Selain itu, vitamin E juga akan melindungi kulit kamu dari berbagai masalah kulit, seperti iritasi, infeksi, jamur, dan ruam. Jadi, dengan kata lain, mengonsumsi sebutir telur asin bisa membuat kulitmu tetap cantik dan sehat.

5. Baik untuk Perkembangan Otak

Mengonsumsi telur asin juga sangat baik untuk kesehatan otak. Hal ini karena telur asin mengandung omega 3 yang sangat penting untuk perkembangan otak, terutama bagi bayi dalam 3 tahun pertama kelahirannya dan juga bagi janin. Itulah mengapa ibu hamil juga diperbolehkan mengonsumsi telur asin, asal tidak berlebihan, karena dapat menyebabkan hipertensi dan darah tinggi.

Baca juga: Ini Perbedaan Telur Biasa dan Telur Omega 3

Yang Perlu Diperhatikan Bila Ingin Mengonsumsi Telur Asin

Dikarenakan kandungan kolesterolnya yang cukup tinggi, kamu dianjurkan untuk tidak terlalu banyak bila ingin mengonsumsi telur asin. Setiap butir telur asin mengandung 619 miligram kolesterol, yang berarti dua kali lebih tinggi dari batas harian yang direkomendasikan, atau tiga kali lebih tinggi dari batas yang boleh dikonsumsi oleh pengidap darah tinggi atau pengidap penyakit jantung. Jadi, batas ideal mengonsumsi telur asin adalah satu butir sehari. Kamu juga bisa mengonsumsi telur asin dengan makanan lain yang bebas kolesterol, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Namun, bila kolesterolmu sudah tinggi, sebaiknya hindari memakan telur asin sama sekali.

Baca juga: Awas, Ini Bahayanya Terlalu Sering Makan Telur Asin

Bila  kamu ingin mengetahui lebih lanjut soal makanan tertentu dan kandungan nutrisi di dalamnya, tanyakan saja langsung ke ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Di Halodoc, kamu bisa menghubungi dokter melalui Chat dan Voice/Video Call untuk minta saran kesehatan dan rekomendasi obat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2019. What Are the Benefits of Duck Eggs?
Today Online. Diakses pada 2019. How much salted egg yolk is too much?