16 April 2018

5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan

5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Tak hanya vitamin C, ternyata vitamin E juga menjadi kunci untuk kesehatan kulit, mata, dan kekebalan tubuh yang kuat. Beberapa tahun terakhir ini multivitamin E telah menjadi suplemen paling populer karena fungsinya sebagai antioksidan dan pelindung sel-sel tubuh dari kerusakan. Senyawa tokoferol yang ada pada vitamin E bersifat fat soluble atau larut dalam lemak, berbeda dengan senyawa asam askorbat atau vitamin C yang sifatnya larut dalam air.

Sumber Vitamin E

Sumber makanan yang mengandung vitamin E banyak ditemukan pada kacang-kacangan, sepertil almond dan kacang tanah. Selain itu, kandungan vitamin E juga terdapat pada jagung, kedelai, minyak biji bunga matahari, dan bibit gandum.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh National Library of Medicine (NLM) Amerika Serikat, sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, daun lobak, dan brokoli juga memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Tak hanya sayuran, kandungan vitamin E juga terdapat pada buah-buahan, seperti alpukat, tomat, pepaya, mangga, dan wortel.

Baca juga: Ini 6 Buah yang Bikin Kulit Makin Mulus

Manfaat Vitamin E

Sebagian besar orang hanya mengetahui manfaat vitamin E sebatas pada kemampuannya untuk menghaluskan kulit. Padahal, masih banyak kegunaan vitamin E untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

Antioksidan untuk Penangkal Radikal Bebas

Radikal bebas memang membahayakan bagi tubuh, karena dapat merusak sel tubuh sekaligus memicu berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan keluhan pada jantung. Oleh karena itu, konsumsi sayur-sayuran seperti bayam dan sawi bisa mencegah terjadinya penuaan sel, karena kedua jenis sayuran ini memiliki kandungan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan.

Menunjang Kesehatan Mata

Selain untuk melindungi sel dan meningkatkan imunitas tubuh, vitamin E juga bisa menjaga kesehatan mata untuk waktu yang lama. Hasil penelitian dari Department of Epidemology and Health Statistics yang dilakukan oleh Qingdao University Medical College menemukan bahwa asupan vitamin E dan tingkat serum tokoferol yang tinggi mampu menurunkan risiko penyakit katarak pada mata orang berusia lanjut.

Menjaga Keseimbangan Hormon

Manfaat vitamin E lainnya adalah untuk keseimbangan sistem endokrin dan saraf karena mampu menyeimbangkan sistem hormon. Beberapa gejala hormon yang tidak seimbang antara lain kenaikan berat badan, sakit perut akibat menstruasi, infeksi saluran kemih, hingga alergi dan kecemasan berlebih. Konsumsi buah-buahan dan sayuran kaya vitamin E bisa mencegah munculnya keluhan-keluhan di atas.

Nutrisi Penting untuk Menunjang Kehamilan dan Perkembangan Janin

Bagi kehamilan dan perkembangan janin, vitamin E juga memiliki peranan penting karena berfungsi untuk melindungi asam lemak kritis pada janin. Selain itu, vitamin E pun memiliki dampak positif pada tahap awal pekembangan saraf dan otak. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi vitamin E alami untuk menghindari terjadinya kelainan pada janin.

Baca juga: Siapa Saja yang Butuh Suplemen? Ini Kriterianya

Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Selain tokoferol, vitamin E juga mengandung senyawa tokotinerol. Penelitian menunjukkan bahwa fungsi anti-inflamasi pada tokotrienol berkontribusi terhadap pencegahan penyakit Alzheimer. Vitamin E berperan dalam memperlambat kehilangan memori dan penurunan fungsi otak. Konsumsi vitamin E yang dibarengi dengan vitamin C juga dapat mengurangi risiko demensia.


Meskipun memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, tetap saja kamu harus memperhatikan dosis konsumsinya. Kebutuhan vitamin E untuk anak-anak, laki-laki, dan perempuan tentu berbeda. Selain itu, vitamin E juga tak selalu cocok dikonsumsi semua orang.

 

Nah, kalau kamu ingin mengetahui manfaat vitamin E lainnya untuk tubuhmu, kamu bisa menanyakan langsung dengan dokter lewat Halodoc. Caranya mudah, cukup download aplikasinya yang sudah tersedia di Google Play Store dan App Store. Selain berdiskusi, melalui aplikasi Halodoc, kamu juga bisa memesan vitamin E lewat ponselmu, lo. Segera unduh aplikasinya, ya!