• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Diet Plant Based dan Vegan, Ada Bedanya?

Diet Plant Based dan Vegan, Ada Bedanya?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Diet Plant Based dan Vegan, Ada Bedanya?

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu kini sedang menjalankan diet plant based? Lantas, pernahkah kamu berpikir bahwa selama ini ternyata kamu telah menjalankan gaya hidup seperti vegan? Eits, namun apakah menjalankan diet plant based sama dengan vegan? Kedua pola makan ini memang telah menjadi sorotan karena manfaat kesehatannya dalam beberapa tahun terakhir. Namun, tahukah kamu bahwa meskipun serupa, terdapat beberapa perbedaan utama di antara keduanya.

Apa sih beda antara diet vegan dengan diet plant based? Simak ulasannya berikut!

Baca juga: Sebelum Jadi Vegan, Ketahui Mitos dan Faktanya

Beda Diet Vegan dan Diet Plant Based

Secara umum, diet vegan berarti menghilangkan semua produk hewani, sementara pola makan nabati tidak serta merta menghilangkan produk hewani. Diet plant based  lebih fokus pada makan sebagian besar tumbuhan, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Saat kamu memutuskan menjalankan diet vegan, kamu menghilangkan semua produk hewani, termasuk susu, daging, unggas, ikan, telur, bahkan madu. Beberapa orang memilih untuk mengikuti pola makan vegan karena alasan etika, lingkungan, atau kesehatan. Meskipun menjadi vegan dapat memiliki manfaat kesehatan, ada beberapa jebakan yang harus dihindari.

Hanya karena sesuatu itu vegan bukan berarti diet ini yang paling sehat. Jika kamu seorang vegan, secara teknis kamu masih bisa makan kue vegan, keripik kentang, dan makanan cepat saji vegan lainnya, yang bisa tinggi kalori dan rendah nutrisi. Oleh karena itu, saat menjalankan diet vegan sebaiknya tetaplah memilih makanan utuh sebanyak mungkin.

Sementara saat menjalani diet plant based, kamu dapat memutuskan apakah kamu ingin mengonsumsi produk hewani atau tidak. Ini karena fokusnya adalah makan sebagian besar makanan yang berasal dari sumber nabati. 

Pola makan plant based juga menekankan pada makan makanan utuh, yang berarti makanan tersebut telah mengalami sedikit pemrosesan dan sedekat mungkin dengan keadaan alaminya.

Baca juga: Menjalani Diet Vegan, Apa Manfaatnya? 

Lantas, Mana yang Lebih Tepat? 

Terlepas dari rencana makan apa yang dipilih, pola makan setiap orang idealnya terdiri dari 50 persen sayuran. Buah juga menyehatkan, tapi sayur bisa dibilang lebih baik karena ia mengandung lebih sedikit gula. Saat makan, maka pastikan komposisinya begini 50 persen sayuran, 25 persen biji-bijian, dan 25 persen protein tanpa lemak.

Jika kamu tidak makan daging atau protein hewani lainnya seperti telur, cobalah kacang-kacangan atau quinoa untuk mendapatkan protein nabati. Selain itu, jika kamu ingin makan daging sesekali, pilihlah daging tanpa lemak, ikan, atau ayam.

Menambahkan lemak sehat seperti minyak alpukat saat memanggang sayuran, taburan irisan almond pada oatmeal atau irisan alpukat pada salad juga akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, lemak sehat memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Baca juga: Adakah Efek Negatif Menjalani Diet Vegan?

Apakah Diet Vegan dan Diet Plant Based itu Sehat?

Jika kamu makan banyak sayuran, buah-buahan, lemak sehat, dan biji-bijian, kamu tetap harus mendapatkan vitamin dan mineral harian yang baik karena makanan nabati tidak sepenuhnya akan mencukupi kebutuhan nutrisi. 

Jika kamu akan mengikuti pola makan vegan atau plant based, pikirkan baik-baik dan rencanakan makanan harian. Ingat, kamu tidak harus menjadi vegan untuk menjadi sehat. Sementara itu, diet plant based adalah pilihan yang baik untuk orang-orang yang berjuang dengan konsistensi dan memiliki rencana yang matang. Jika kamu akan berkomitmen untuk pola makan vegan, buat rencana dan konsisten tentang memasukkan semua kelompok makanan sehat, termasuk protein nabati, sehingga kamu tidak akan kehilangan nutrisi.

Jangan ragu untuk tanyakan pada dokter di Halodoc mengenai rencana diet yang paling cocok untukmu. Dokter di Halodoc akan senang hati memberikan semua saran kesehatan untuk membantu menjaga kesehatanmu.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Plant-Based vs. Vegan Diet — What's the Difference?
Piedmont Healthcare. Diakses pada 2020. The Difference Between a Vegan and a Plant-Based Diet.