05 February 2019

Enggak Hanya Sehat, 5 Makanan Khas Imlek Ini Juga Bawa Keberuntungan

Enggak Hanya Sehat, 5 Makanan Khas Imlek Ini Juga Bawa Keberuntungan

Halodoc, Jakarta – Pada perayaan Tahun Baru Cina alias Imlek, setiap makanan “wajib” yang disajikan sarat akan makna positif. Makanan khas yang disajikan saat Imlek dikaitkan dengan harapan positif, seperti keberuntungan, panjang umur, kemakmuran, serta kesuburan. Selain dari jenis makanannya, beberapa sajian khas Imlek juga diyakini membawa keberuntungan karena kombinasi dan simbol-simbol di dalamnya.

Selain membawa keberuntungan, sebagian besar hidangan khas Tahun Baru Cina, ternyata cukup sehat, lho. Lantas, apa saja jenis makanan “sehat” khas Imlek yang juga dipercaya bisa membawa keberuntungan?

1. Buah Jeruk

Perayaan Imlek sangat identik dengan buah jeruk, terutama buah jeruk Mandarin. Pada festival perayaan Tahun Baru Imlek di Cina, acara biasanya diakhiri dengan mengonsumsi buah berwarna-warni, yaitu buah jeruk mandarin dan kumquat. Ternyata tidak sembarangan, mengonsumsi buah jeruk saat perayaan Imlek memiliki makna tersendiri. Buah ini disebut melambangkan bola emas besar sebagai harapan keberuntungan.

Baca juga: 8 Manfaat Jeruk, Buah Kaya Vitamin C

2. Ikan Utuh

Salah satu jenis makanan yang wajib ada saat perayaan Imlek adalah ikan. Biasanya, hidangan laut ini disajikan secara utuh mulai dari kepala sampai ekor. Bukan tanpa arti, makan ikan utuh diyakini sebagai representasi awal yang baik dan akhir yang baik untuk tahun yang telah berlalu.

Baca juga: 5 Manfaat Salmon yang Bisa Diperoleh Bagi Kesehatan

Ikan sendiri sudah dikenal lama sebagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Rutin mengonsumsi ikan disebut mampu menghindari seseorang dari depresi, meningkatkan kemampuan otak, mencegah penyakit, hingga menjaga kesehatan mata dan kulit.

3. Daging Ayam

Daging ayam juga hampir selalu ada di tengah perayaan Tahun Baru Cina. Selain diyakini sebagai makanan kemakmuran, mengonsumsi daging ayam juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, karena kaya akan kandungan gizi yang baik.

Baca juga: Cari Tahu Kandungan Nutrisi dalam Bagian Tubuh Ayam

Dalam dada ayam, terkandung protein yang cukup banyak, sehingga dapat menjaga kekebalan tubuh, pembentukan sel darah, serta membangun massa otot. Sedangkan pada bagian paha ayam, biasanya akan lebih banyak kandungan lemak, kalori, dan kolesterol dibanding pada dada ayam.

4. Mi

Selain pada perayaan Imlek, jenis makanan yang satu ini sebenarnya cukup sering ditemukan. Pasalnya, makanan yang memiliki julukan “Mi Panjang Umur” ini kerap disajikan saat seseorang merayakan hari kelahiran alias ulang tahun sebagai simbol panjang umur.

Saat ini, jenis mie yang biasa disajikan dalam perayaan Tahun Baru Cina adalah mi gandum utuh atau mi telur. Cara mengonsumsi makanan ini adalah dengan tidak memotong mi tersebut berapa pun panjangnya. Sebab, panjang dari mi yang disajikan diyakini sebagai tanda panjang umur.

5. Buah Apel dan Pir

Selain buah jeruk, perayaan Tahun Baru Imlek juga biasanya menghadirkan jenis buah lainnya. Kamu bisa menemukan berbagai buah yang segar dan memiliki warna-warni yang cantik sebagai hidangan. Menyajikan makanan dengan kombinasi warna identik dengan perasaan suka cita menyambut hari yang baru.

Biasanya, buah apel dan buah pir menjadi pilihan untuk disajikan saat perayaan Imlek. Kedua jenis buah segar tersebut sudah terbukti memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Meski banyak makanan yang disajikan, namun pastikan untuk tidak berlebihan mengonsumsinya, ya. Hal itu untuk menghindari serangan penyakit tertentu saat perayaan Imlek. Kalau sakit tiba-tiba menyerang, coba bicarakan kepada dokter di aplikasi Halodoc saja! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.