• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 11 Manfaat Jeruk, Buah Kaya Vitamin C

11 Manfaat Jeruk, Buah Kaya Vitamin C

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang tidak suka buah jeruk? Buah yang berbentuk bulat dan berwarna kuning ini banyak disukai karena mudah ditemui dan memiliki rasa yang segar. Selain itu, jeruk punya banyak keistimewaan yang bisa membuat tubuhmu lebih sehat dan terlindung dari berbagai macam gangguan kesehatan.

Buah jeruk menjadi salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin cukup tinggi. Tidak hanya itu, jeruk juga merupakan sumber serat, folat, hingga antioksidan yang baik untuk tubuh. Untuk itu tidak ada salahnya ketahui lebih banyak kandungan dan manfaat jeruk bagi kesehatan dalam artikel ini!

Baca juga: 5 Cara Atasi Mata Lelah Karena Astenopia

Kenali Kandungan dalam Buah Jeruk

Buah jeruk menjadi salah satu buah yang dinilai cukup baik dalam meningkatkan imun tubuh seseorang. Hal ini disebabkan jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Tidak hanya itu, dalam satu buah jeruk juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dibutuhkan, seperti vitamin B1, folat, hingga potassium.

Selain vitamin dan mineral, buah jeruk juga terkenal akan kandungan air yang sangat tinggi. Dalam satu buah jeruk mengandung sekitar 87 persen air. Untuk itu, jeruk juga dinilai efektif untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi. Bahkan, kandungan serat dalam jeruk pun tidak diragukan lagi. Jadi, tidak ada salahnya menjadikan buah jeruk sebagai camilan sehat setiap hari.

Manfaat Jeruk bagi Kesehatan

Penasaran apa lagi khasiat jeruk bagi tubuh? Nah, berikut manfaat buah jeruk, si buah yang kaya vitamin C.

1. Menurunkan Kolesterol

Bukan cuma omega-3 yang terkandung dalam ikan saja yang mampu menurunkan kolesterol. Buah yang satu ini juga ok kok untuk membantu memangkas kolesterol jahat karena kandungan serat larut di dalamnya. Ingat, kadar kolesterol yang normal dalam tubuh bisa meminimalkan dirimu terserang berbagai risiko penyakit.

2. Baik untuk Mata

Selain wortel, rutin mengonsumsi jeruk juga bisa menjaga kesehatan matamu. Apalagi bagi seseorang yang terbilang sudah cukup berumur. Sebab seiring bertambahnya usia, risiko terkena katarak akan semakin meningkat akibat ulah radikal bebas. Nah, antioksidan yang ada di dalam jeruk kata ahli bisa menangkal kerusakan tersebut. Alhasil, retina mata pun semakin terpelihara. Menurut sebuah studi, kombinasi antara vitamin C dan E mampu mencegah katarak sekalipun pada kelompok berisiko tinggi.

3. Melindungi Kulit

Enggak cuma lewat kosmetika saja bagi kamu yang ingin membuat kulit semakin sehat dan terlindung dari kerusakan. Pasalnya, kulit juga membutuhkan berbagai nutrisi dari dalam. Nah, salah satunya tentu dari konsumsi makanan yang menyehatkan kulit, seperti jeruk. Buah yang kaya vitamin C ini mengandung beta-karoten, antioksidan yang bisa melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

4. Melindungi Jantung

Manfaat jeruk lainnya juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kok bisa? Kata ahli, kulit jeruk mengandung komponen penting seperti polymethosxylated flavones (PMFs) dan d-limonene yang bermanfaat untuk mengkatifkan detoksifikasi pada lever, menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan menjaga keseimbangan gula darah. Nah, ketiga hal itu amat berkaitan dengan kesehatan jantung.

5. Sistem Pencernaan Lebih Baik

Banyak masakan Cina yang menggunakan kulit jeruk untuk disajikan bersama daging merah. Alasannya kulit jeruk bisa membantu mencerna makanan berlemak. Oleh sebab itu, banyak ahli yang menganjurkan untuk mengonsumsi segelas air lemon demi menjaga pencernaan. Sebab air lemon yang asam ini bisa membantu membersihkan sampah makanan yang tertinggal dalam pencernaan. Namun, bagi kamu yang memiliki masalah lambung, sebaiknya perlu berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter.

Baca juga: 4 Tanda Masalah Pencernaan yang Diabaikan

6. Pendukung Kesehatan Tulang

Tubuh membutuhkan vitamin C yang cukup untuk bisa menyerap kalsium dan vitamin D dengan optimal. Nah, agar kesehatan tulang semakin terjaga, jangan lupakan asupan nutrisi ini bagi tubuh. Namun, sebaiknya kamu tidak langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi jus jeruk. Sebab asam asetat dari jus jeruk bisa mengikis email gigi.

7. Memperbaiki Suasana Hati

Selain cokelat, jeruk juga bisa lo untuk memperbaiki mood yang sedang turun. Buah jeruk banyak mengandung folat yang berperan dalam pembentukan serotonin. Serotonin sendiri merupakan zat kimia di dalam otak yang berkaitan dengan perasaan senang. Menurut sebuah penelitian, aroma jeruk nipis, jeruk keprok, dan lemon, bisa meningkatkan mood dan energi.

8. Mengontrol Tekanan Darah

Punya tekanan darah tinggi? Cobalah turunkan dengan cara alami melalui konsumsi buah jeruk secara rutin. Buah ini mengandung flavonoid yang disebut hesperidin. Nah, senyawa inilah yang berperan untuk mengontrol tekanan darah. Selain itu, kandungan magnesium di dalam jeruk juga bisa membantu menjaga tekanan darah agar tidak tinggi.

9. Menjaga Kesehatan Ginjal

Jeruk merupakan sumber sitrat dan asam sitrat yang baik dan dinilai mampu mencegah munculnya batu ginjal. Untuk itu, tidak ada salahnya mengonsumsi buah jeruk untuk menjaga kesehatan ginjal.

10. Mencegah Anemia

Mengonsumsi buah jeruk dapat membantu kamu mencegah kondisi anemia. Meskipun buah jeruk bukan sumber zat besi yang baik, tetapi jeruk menjadi sumber vitamin C. Memenuhi kebutuhan vitamin C dengan baik membuat penyerapan zat besi oleh tubuh dapat dijalani dengan baik sehingga kamu tidak mengalami kekurangan zat besi.

11. Mencegah Dehidrasi

Dalam satu buah jeruk mengandung 87 persen air. Untuk itu, mengonsumsi buah jeruk bisa membantu kamu mencegah kondisi dehidrasi.

Baca juga: Adakah Hubungan Diabetes dengan Hipertensi Begini Penjelasannya

Itulah beberapa manfaat buah jeruk bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Namun, jika kamu telah memiliki riwayat GERD atau maag, tidak ada salahnya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli kamu melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store dan Google Play!

 

Referensi:
Health. Diakses pada 2021. 7 Health Benefits of Oranges, According to a Nutritionist.
Healthline. Diakses pada 2021. Oranges 101: Nutrition Facts and Health Benefits.