Ganggu Penampilan, Begini 5 Cara Atasi Bibir Kering

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ganggu Penampilan, Begini 5 Cara Atasi Bibir Kering

Halodoc, Jakarta – Bibir kering dan pecah-pecah termasuk keluhan umum. Kondisi ini mendapatkan perhatian karena dianggap mengganggu penampilan. Jika dibiarkan tanpa penanganan, bibir kering ternyata membuat kulit tampak lebih gelap, mengelupas, dan berdarah. Lantas, mengapa bibir bisa kering dan pecah-pecah? Bagaimana cara mengatasi bibir kering? Ini jawabannya.

Baca Juga: 5 Tips untuk Merawat Bibir Meski Pakai Lipstik Tiap Hari

Bibir kering disebabkan karena banyak faktor. Misalnya kebiasaan bernapas lewat mulut, menjilat bibir, kekurangan zat gizi (seperti asam folat dan vitamin B2), faktor lingkungan (cuaca dan suhu tubuh), kebiasaan merokok, efek samping konsumsi obat, atau mengidap masalah medis tertentu. Bibir kering bisa menandakan bahwa tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

Cara Mengatasi Bibir Kering

1. Perbanyak Minum Air Putih

Bibir kering bisa menjadi tanda dehidrasi. Solusinya adalah perbanyak minum air putih. Penuhi kebutuhan cairan tubuh harian, yaitu minum air putih  secukupnya setiap hari. Kamu juga bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan konsumsi buah dan sayuran yang mengandung tinggi serat. Batasi konsumsi kafein, minuman bersoda, dan alkohol karena minuman jenis ini bisa mengeringkan kulit bibir.

2. Gunakan Petroleum Jelly

Produk ini banyak dijual di drugstore. Kamu bisa mengoleskannya langsung ke area bibir yang kering. Bahan petroleum jelly berfungsi melindungi kadar cairan pada permukaan kulit, sehingga kelembapannya terjaga.

Kamu juga bisa menggunakan lip balm atau pelembap bibir yang mengandung tabir surya tiap beraktivitas di luar ruangan. Pasalnya paparan radikal bebas (termasuk sinar UV matahari) bisa membuat kulit bibir kering dan mudah mengelupas. Hindari kebiasaan menjilat bibir untuk melembapkannya.

Baca Juga: Ini 6 Cara Melembapkan Bibir yang Bisa Dicoba

3. Jangan Sering Ganti Lipstik

Terutama untuk lipstik dengan tekstur yang matte. Alasannya jenis lipstik ini membuat bibir semakin kering. Bila perlu, gunakan pelembap terlebih dulu sebelum dan sesudah menggunakan lipstik.

4. Gunakan Scrub Bibir

Jangan menarik kulit bibir yang mengelupas. Kebiasaan ini berpotensi membuat bibir berdarah. Gunakan scrub bibir untuk mengangkat sel kulit mati. Bubuhkan scrub di bibir menggunakan jari, lalu gosok dengan lembut dan gunakan pelembap bibir setelahnya (petroleum jelly atau lip balm).

5. Gunakan Produk Kosmetik yang Aman

Beberapa kosmetik mengandung bahan kimia yang bersifat iritatif. Kondisi ini membuat kulit bibir rusak dan meradang, sehingga bibir menjadi kering. Pastikan kamu membeli produk kosmetik yang sesuai jenis kulit. Apabila muncul tanda iritasi pada kulit wajah ataupun kulit bibir, segera hentikan pemakaian dan bicara pada dokter.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Atasi Bibir Kering Tanpa Lip Balm

Itulah beberapa cara alami mengatasi bibir kering. Kalau cara tersebut tidak berhasil mengatasi bibir kering yang kamu alami, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Pasalnya beberapa kasus bibir kering disebabkan oleh masalah medis tertentu. Kamu bisa menggunakan fitur Talk to A Doctor di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!