5 Hal yang Dapat Memicu Granuloma Annulare

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5-hal-yang-dapat-memicu-granuloma-annulare-halodoc

Halodoc, Jakarta – Ada satu lagi penyakit kulit yang perlu kamu waspadai, yaitu granuloma annulare. Penyakit ini punya gejala yang khas berupa bintik merah berbentuk cincin yang muncul pada kulit. Granuloma annulare biasanya terjadi di lengan atau kaki. Nah, penyakit kulit ini sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja dari segala usia. Namun, ada beberapa hal yang bisa memicu granuloma annulare terjadi. Yuk, simak lebih lanjut di sini.

Granuloma annulare termasuk salah satu penyakit yang cukup sering terjadi. Namun, kamu enggak perlu khawatir bila terkena granuloma annulare. Sebab, penyakit kulit yang satu ini tidak menyebabkan gatal, sakit, atau luka lainnya, sehingga tidak membutuhkan pengobatan khusus.

Meski bisa menyerang siapa saja, tetapi granuloma annulare lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Selain itu, penyakit ini juga lebih banyak dialami wanita daripada pria.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Granuloma Annulare Bisa Sebabkan Kematian

Penyebab dan Faktor Risiko Granuloma Annulare

Penyebab granuloma annulare sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti. Namun, para ahli menduga bahwa penyakit,seperti diabetes dan penyakit tiroid bisa meningkatkan risiko seseorang  untuk terkena granuloma annulare.

Selain itu, beberapa hal berikut juga bisa memicu granuloma annulare pada seseorang:

  1. Mengalami kelebihan berat badan atau obesitas;

  2. Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit tiroid;

  3. Pernah digigit serangga atau binatang;

  4. Terkena paparan sinar matahari secara berlebihan; dan

  5. Pernah disuntik.

Gejala-Gejala Granuloma Annulare

Granuloma annulare umumnya ditandai dengan munculnya ruam merah dan bengkak pada suatu titik di tubuh. Lama-kelamaan, ruam merah yang berbentuk bulat-bulat kecil, seperti cincin tersebut bisa muncul juga di tangan, kaki, lengan, dan persendian (siku atau lutut). 

Namun, gejala granuloma annulare pada setiap pengidap bisa juga berbeda, tergantung pada jenis granuloma annulare yang dialami, antara lain:

  • Lokalisata. Ini adalah jenis granuloma annulare yang paling umum. Lokalisata memiliki gejala berupa ruam berbentuk lingkaran atau setengah lingkaran dengan diameter kurang lebih lima sentimeter. Ruam kemerahan tersebut paling sering terjadi di tangan, kaki, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki dari anak-anak remaja.

  • Generalisata. Ini adalah jenis granuloma annulare yang lebih jarang terjadi. Gejalanya berupa ruam yang disertai gatal yang bisa muncul di seluruh bagian tubuh, termasuk lengan dan tungkai.

  • Di bawah kulit. Jenis granuloma annulare ini lebih sering dialami oleh anak-anak dan dikenal juga dengan nama granuloma annulare subkutan. Gejalanya berupa kemerahan yang bentuknya lebih kecil dan munculnya di bawah kulit, sehingga tidak sampai membuat ruam. Kemerahan ini biasanya muncul pada bagian tangan, dahi dan kulit kepala. 

Baca juga: Begini Prosedur Diagnosis Granuloma Annulare

Pengobatan untuk Granuloma Annulare

Granuloma annulare adalah penyakit yang bisa sembuh tanpa pengobatan. Sebagian besar ruam bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan dan tidak lebih dari dua tahun. Namun, apabila ruam terasa sangat mengganggu, dokter bisa memberikan beberapa pilihan pengobatan berikut untuk meredakan granuloma annulare lebih cepat:

  • Memberikan krim atau suntikan kortikosteroid;

  • Mengompres ruam dengan ice pack untuk meredakan gejala;

  • Terapi sinar, yaitu dengan memberikan paparan sinar dengan panjang gelombang tertentu; dan

  • Pemberian obat-obatan lainya, seperti antibiotik atau anti malaria yang bisa digunakan untuk meredakan gejala.

Baca juga: Ketahui 4 Gaya Hidup untuk Cegah Granuloma Annulare

Itulah beberapa hal yang bisa memicu granuloma annulare. Kamu bisa mencegah granuloma annulare dengan menghindari pemicunya tersebut. Bila kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang granuloma annulare, tanyakan saja kepada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa bertanya-tanya seputar kesehatan kepada dokter kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:

Mayo Clinic(2019). Granuloma Annulare - Symptoms and Causes.