• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hal yang Harus Dihindari oleh Pengidap Penyakit Ginjal Kronis

Hal yang Harus Dihindari oleh Pengidap Penyakit Ginjal Kronis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Hal yang Harus Dihindari oleh Pengidap Penyakit Ginjal Kronis

Halodoc, Jakarta – Penyakit ginjal kronis membuat pengidapnya harus menghindari beberapa hal. Bukan tanpa alasan, hal itu penting dilakukan untuk menghindari kondisi yang lebih parah. Lantas, apa saja hal yang harus dihindari oleh pengidap penyakit ginjal kronis? Bagaimana cara mencegah risiko penyakit ini?

Sebelumnya perlu diketahui, penyakit ginjal merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut gangguan atau masalah yang terjadi pada organ ginjal. Saat ada masalah, fungsi dari organ ini akan terganggu, bahkan tidak berfungsi sama sekali. Padahal, ginjal memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu membersihkan dan menyaring limbah atau racun dari darah. 

Baca juga: Jenis-Jenis Tes untuk Diagnosis Penyakit Ginjal Kronis

Penyakit Ginjal Kronis dan Hal yang Harus Dihindari 

Penyakit ginjal kronis adalah gangguan pada organ ginjal yang terjadi secara bertahap dan bertahan dalam waktu lama. Umumnya, penyakit kronis, termasuk penyakit ginjal kronis bertahan selama 3 bulan atau lebih. Gangguan organ ginjal ini sering kali muncul sebagai komplikasi atau akibat berkembangnya penyakit tertentu. 

Ada beberapa jenis penyakit yang bisa menjadi pemicu penyakit ginjal kronis, mulai dari diabetes tipe 1 dan 2, penyakit autoimun, hipertensi alias tekanan darah tinggi, hingga penyakit infeksi pada organ ginjal. Setidaknya, ada beberapa cara pencegahan penyakit ginjal kronis yang bisa dilakukan. Tidak hanya untuk mencegah, pengidap penyakit ginjal kronis juga harus menghindari hal-hal tersebut. 

Cara terbaik untuk mencegah penyakit ginjal adalah menjaga organ ini tetap sehat. Biar ginjal selalu sehat, ada beberapa hal yang harus dihindari pengidap penyakit ginjal kronis, di antaranya: 

  • Kurang Minum Air Putih 

Salah satu cara menjaga kesehatan organ ginjal adalah mengonsumsi cukup air putih. Maka dari itu, pengidap penyakit ginjal kronis harus menghindari kebiasaan jarang atau kurang minum air putih. Biasakan untuk minum air putih setidaknya 2 liter atau 8 gelas dalam satu hari. 

Baca juga: Perlu Diketahui, Ini 5 Komplikasi Gagal Ginjal Kronis

  • Makan Sembarangan 

Asupan makanan juga bisa memengaruhi kesehatan organ ginjal. Untuk menurunkan risiko penyakit ginjal kronis, hindari mengonsumsi makanan sembarangan. Sebagai gantinya, biasakan untuk menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang. 

  • Aktif Merokok 

Kebiasaan merokok sudah diketahui bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan dan bisa merusak organ tubuh, termasuk ginjal. Nah, biar terhindar dari risiko penyakit ginjal kronis, sebaiknya hindari kebiasaan merokok mulai sekarang. 

  • Hindari Alhokol 

Selain merokok, konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan, termasuk merusak ginjal. Pengidap penyakit ginjal kronis disarankan untuk menghindari asupan alkohol. 

  • Obesitas 

Memiliki berat badan berlebih alias obesitas adalah hal yang harus dihindari pengidap penyakit ginjal. Sebab, obesitas bisa meningkatkan risiko munculnya penyakit. Biar terhindar dari hal ini, pastikan untuk selalu menjaga berat badan ideal, misalnya dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan. 

  • Mengabaikan Kondisi Kesehatan

Pengidap penyakit ginjal kronis, atau orang yang berisiko mengidap penyakit ini tidak boleh mengabaikan kondisi kesehatan. Melakukan kontrol kesehatan secara berkala adalah hal yang harus dilakukan, terutama jika memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, hipertensi atau penyakit autoimun. 

Baca juga: Hipertensi Bisa Sebabkan Gagal Ginjal Kronis

Jika memiliki gejala penyakit yang parah, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan medis. Gunakan aplikasi Halodoc untuk membantu menemukan daftar rumah sakit terdekat dan sesuai dengan kebutuhan. Halodoc juga bisa digunakan untuk membuat janji dengan dokter. Ayo, download Halodoc di sini!

Referensi:
National Institute of Health. Diakses pada 2021. Kidney Disease.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Chronic Kidney Disease.
Healthline. Diakses pada 2021. Kidney Health and Kidney Disease Basics.
WebMD. Diakses pada 2021. Kidney Disease.