Ini Hal-Hal yang Memengaruhi Kesuburan Pria

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ini Hal-Hal yang Memengaruhi Kesuburan Pria

Halodoc, Jakarta - Kesuburan pria mengacu pada kemampuan manusia untuk bereproduksi dengan cara alami. Infertilitas pria merupakan sebuah kondisi ketika pria memiliki peluang yang buruk untuk membuat pasangan wanitanya hamil. Biasanya, kondisi tersebut tergantung pada kualitas sel spermanya.

Aspek-aspek fungsi seksual dan kualitas air mani yang dapat memengaruhi kesuburan, antara lain:

1. Libido

Libido atau dikenal sebagai dorongan seksual, merupakan keinginan seseorang untuk berhubungan intim. Makanan atau suplemen yang mengklaim dapat meningkatkan libido disebut afrodisiak.

2. Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi atau disebut sebagai impotensi, merupakan sebuah kondisi ketika seorang pria tidak dapat mengembangkan atau mempertahankan ereksi.

3. Jumlah Sperma yang Sedikit

Aspek penting dari kualitas air mani adalah jumlah atau konsentrasi sel sperma dalam jumlah semen tertentu. Jika sperma yang dihasilkan sedikit dapat menyebabkan kesuburan pria terganggu.

4. Motilitas Sperma

Fungsi penting sel sperma yang sehat adalah kemampuannya untuk berenang. Motilitas sperma diukur sebagai persentase sel sperma yang bergerak dalam sampel air mani.

5. Kadar Testosteron

Kadar testosteron yang rendah yang terdapat dalam hormon seks pria, mungkin bertanggung jawab atas infertilitas pada beberapa pria. Akibatnya, tingkat kesuburan pria pun dapat terpengaruh.

Infertilitas dapat memiliki banyak penyebab dan bergantung pada genetika, kesehatan umum, kebugaran, penyakit, dan kandungan makanan. Selain itu, gaya hidup dan pola makan yang sehat juga penting. Beberapa makanan dan nutrisi dikaitkan dengan manfaat kesuburan yang lebih besar daripada yang lain.

Baca Juga : Serba-Serbi Kesuburan pada Pria yang Harus Diketahui

Hal yang Memengaruhi Kesuburan Pria

Seorang pria dapat membuat pasangannya hamil apabila jumlah sperma yang dikeluarkan berkualitas baik dan memadai. Walau begitu, terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesuburan pria untuk dapat melakukan pembuahan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat memengaruhi kesuburan pria:

  1. Usia

Kebanyakan orang mempermasalahkan usia dari sang wanita terkait dengan kesuburan, padahal usia pria juga dapat memengaruhi. Kualitas dari sperma yang dikeluarkan seseorang berbanding lurus dengan usianya. Maka dari itu, jika ingin mempunyai keturunan, ada baiknya cobalah lebih cepat jika memungkinkan.

  1. Panas Tubuh

Peningkatan suhu tubuh, terutama di sekitar testis, dapat menyebabkan penurunan produksi sperma. Meskipun ini umumnya hanya memengaruhi sementara, jika kamu mencoba untuk hamil. Tindakan yang terbaik adalah menjaga suhu tetap konsisten. Hal yang dapat kamu lakukan adalah menghindari hal-hal seperti mandi air panas, sauna, dan menyimpan barang elektronik yang bisa memanas, seperti laptop, dari pangkuan kamu.

Baca Juga : 4 Hal yang Mengharuskan Laki-Laki Periksa Sperma

  1. Olahraga

Tetap aktif dengan berolahraga adalah hal yang positif untuk kesehatan kamu secara umum dan membantu menjaga berat badan yang sehat. Namun, jika kamu mengalami cedera di testis atau sekitarnya, kondisi tersebut dapat memengaruhi kesuburan kamu. Jika kamu melakukan jenis olahraga yang dapat menyebabkan hal tersebut, cobalah untuk melindungi bagian testis kamu sebaik mungkin.

  1. Merokok, Alkohol, dan Narkoba

Semua orang tahu apabila merokok, meminum alkohol, dan mengonsumsi narkoba dapat berdampak buruk bagi tubuh. Salah satu yang terkena dampak adalah kesuburan pada pria. Disebutkan bahwa merokok dapat memengaruhi DNA yang terkandung dalam sperma, dan alkohol dapat menyebabkan impotensi, mengurangi libido, dan memengaruhi sperma yang dihasilkan.

  1. Berat Badan

Makan sehat dan olahraga teratur adalah hal yang penting untuk kesehatan tubuh dan merupakan hal yang penting jika kamu mencoba untuk meningkatkan kesuburan kamu. Hal tersebut dapat terpengaruh jika berat badan kamu ideal. Obesitas dapat memengaruhi kesuburan pria dan mengurangi jumlah sperma yang dihasilkan.

Baca Juga : Benarkah Ukuran Mr P Pengaruhi Kesuburan Pria?

Itulah beberapa hal yang dapat memengaruhi kesuburan pria. Sekarang kamu bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit melalui Halodoc. Praktis, kan? Tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!