4 Hal yang Mengharuskan Laki-Laki Periksa Sperma

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
cek sperma

Halodoc, Jakarta - Mempunyai kualitas sperma yang baik merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi pria. Karena kualitasnya akan menentukan peluang untuk memiliki keturunan. Memang ada banyak hal yang menyebabkan pasangan yang sudah menikah sulit hamil. Diperkirakan sekitar 30 persen faktor penyebab kondisi ini adalah karena kualitas sperma yang tidak baik. Karena itu, seorang pria sebaiknya melakukan cek sperma sebelum terlambat. Beberapa hal di bawah ini merupakan kondisi kesehatan lainnya yang mengharuskan seorang pria melakukan cek sperma.

Baca juga: Baik atau Tidaknya Hasil Cek Sperma Bisa Bergantung pada Makanan?

  • Sebelum Menikah

Meskipun enggak semua orang menikah bertujuan untuk memiliki momongan, tetapi sebagian besar dari pasangan yang baru menikah mengidam-idamkan keturunan. Untuk itu, melakukan cek sperma sebelum menikah penting untuk mengetahui apakah sperma aktif dan dalam jumlah yang cukup untuk melakukan pembuahan.

  • Setahun Menikah Belum Juga Punya Momongan

Jika pasangan suami istri melakukan hubungan intim secara teratur selama setahun lamanya, tetapi sang istri belum juga hamil, mungkin ada masalah yang terjadi. Dalam kondisi ini, enggak hanya istri saja yang harus diperiksa, ya! Suami juga harus ikut melakukan crk sperma untuk mengetahui kualitasnya.

  • Mengonsumsi Rokok dan Alkohol

Semua orang pasti sudah mengetahui kalau kedua zat ini enggak baik untuk kesehatan, karena dapat merusak fungsi seksual secara perlahan. Mengonsumsi rokok bisa mengganggu pergerakan sperma, merusak DNA, dan meningkatkan risiko pria mengidap impotensi. Sedangkan alkohol bisa memengaruhi kualitas dan produksi sperma secara negatif.

  • Kelainan Genetik

Segera periksakan kesehatan kamu jika kamu mempunyai kelainan genetik pada kromosom. Pasalnya, kondisi tersebut juga bisa menyebabkan penurunan atau terhentinya produksi sperma.

Baca juga: Inilah yang Termasuk Hasil Cek Sperma dalam Kondisi Baik

Kesuburan pada pria tergantung pada gaya hidup dan pola makan. Beberapa perubahan sederhana bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan pria. Beberapa cara di bawah ini bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kualitas sperma kamu.

  • Konsumsi banyak antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk meningkatkan jumlah sperma yang akhirnya bisa meningkatkan potensi kesuburan pada pria. Kamu juga bisa mengonsumsi vitamin C dan E untuk membantu mengobati masalah kesehatan reproduksi pada pria.
  • Jangan mengonsumsi daging merah, karena dapat menurunkan kesuburan pria. Lebih baik kamu mengonsumsi buah-buahan, biji-bijian dan makanan laut yang bisa meningkatkan kualitas sperma kamu.
  • Berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Alkohol membuat rendahnya kualitas sperma kamu, rendahnya tingkat hormon testosteron, dan bahkan sering mengalami disfungsi ereksi.

Karena fungsi pentingnya, hal-hal di atas yang mengharuskan pria melakukan cek sperma. Setelah kamu melakukan cek sperma, biasanya dokter akan mengidentifikasi penyebab ketidaksuburan yang dialami.

Baca juga: Belum Punya Anak, Periksa Kesuburan dengan Cara Ini

Oleh karena itu, jika kamu menemukan gejala ketidaksuburan, sebaiknya diskusikan langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa melakukan cek lab dengan menggunakan Halodoc. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!