Hematologi dan Onkologi, Apa Bedanya?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
hematologi-dan-onkologi-apa-bedanya-halodoc

Halodoc, Jakarta – Jika mengalami penyakit tertentu, masih banyak orang yang bingung harus memeriksakan diri ke ahli medis yang mana. Pasalnya, terdapat berbagai macam ahli kesehatan dengan kemampuan yang mirip dan berhubungan satu sama lain. Contohnya, dokter hematologi dan ahli onkologi.

Keduanya, memang sering bekerja sama untuk mendiagnosis dan menentukan pengobatan bagi pengidap kanker darah. Tapi, sebenarnya hematologi dan onkologi adalah dua ilmu kesehatan yang berbeda. Apa bedanya? Simak penjelasannya di sini.

Baca juga: Ini Pentingnya Tes Hematologi untuk Mengetahui Penyakit

Hematologi

Hematologi adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu haima dan logos. Haima berarti darah, sedangkan logos memiliki arti belajar atau pengetahuan. Jadi, hematologi adalah ilmu yang mempelajari tentang darah termasuk komponen darah dan segala permasalahan yang menyangkut tentang darah. Hematologi berperan penting dalam setiap proses diagnosa sampai perencanaan pengobatan yang sesuai dengan kondisi pengidap.

Dokter yang mengambil spesialisasi di bidang ilmu ini disebut juga sebagai dokter spesialis hematologi atau hematolog. Seorang hematolog bertugas untuk mendiagnosis, mengobati, dan mencegah seseorang dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan darah. Ini termasuk penyakit kanker dan non-kanker yang memengaruhi komponen darah, seperti sel darah putih, sel darah merah, dan trombosit, serta organ yang memproduksi darah, misalnya sumsum tulang, kelenjar getah bening, dan limpa.

Berikut berbagai penyakit yang bisa didiagnosa melalui hematologi, antara lain:

  • Kanker darah, seperti leukemia atau limfoma.

  • Gangguan perdarahan, seperti hemofilia.

  • Kelainan darah yang disebabkan oleh faktor genetik, seperti anemia sel sabit.

  • Kondisi autoimun, seperti rheumatoid vaskulitis atau thalassemia.

  • Gangguan obstruktif, seperti trombosis vena dalam dan tromboemboli arteri.

  • Infeksi darah sistemik, seperti sepsis atau syok septik.

Selain penyakit yang disebutkan di atas, hematolog juga sering dilibatkan dalam kondisi yang membutuhkan transplantasi sumsum tulang atau sel induk.

Baca juga: Jenis Penyakit yang Bisa Terdeteksi Lewat Tes Hematologi

Onkologi

Sedangkan onkologi, adalah bidang khusus yang menangani pencegahan dan pengobatan kanker. Dokter yang memfokuskan diri pada bidang onkologi disebut onkolog. Peran onkolog adalah untuk memberikan saran untuk seluruh prosedur penanganan kanker, mulai dari pemeriksaan sampai pengobatan kanker, termasuk melaksanakan kemoterapi, radioterapi, dan pembedahan.

Onkologi klinis terbagi menjadi tiga bidang, yaitu onkologi bedah yang mempelajari aspek-aspek ilmu bedah untuk kanker, seperti stadium, biopsi, dan reseksi bedah tumor. Selain itu, ada onkologi medis yang menangani kanker dengan pengobatan, misalnya dengan perawatan kemoterapi. Terakhir, ada onkologi radiasi yang menangani kanker dengan radiasi terapeutik.

Tapi, yang paling sering digunakan pengidap kanker adalah onkologi medis. Berbagai jenis kanker yang bisa ditangani oleh onkolog medis, antara lain kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kolorektal, kanker saluran pencernaan, kanker ovarium, kanker darah atau leukemia, kanker kulit atau melanoma, dan tumor ginjal.

Baca juga: Wajib Tahu, Deretan Skrining Kesehatan untuk 13 Jenis Kanker

Bedanya Hematolog dan Onkolog

Hematolog dan onkolog sering dianggap sama karena dalam beberapa kasus, keduanya memang bisa bekerja sama untuk membantu mendiagnosa dan menentukan pengobatan yang tepat bagi pengidap kanker darah. Tapi, hematolog dan onkolog juga bisa saling berkoordinasi dengan dokter spesialis lainnya lagi, seperti radiologi, bedah, genetika, atau rheumatologist, untuk pemeriksaan kanker darah.

Meski demikian, kedua spesialis ini bertanggung jawab atas penyakit yang berbeda. Jadi, jika kamu dirujuk oleh dokter umum untuk melakukan pemeriksaan ke ahli hematologi, ini bukan berarti kamu pasti mengidap kanker. Mungkin saja kamu dicurigai memiliki kondisi tertentu yang berkaitan dengan gangguan darah.

Nah, itulah penjelasan mengenai perbedaan hematologi dan onkologi. jika kamu memiliki pertanyaan lainnya, seputar pemeriksaan kesehatan, tanyakan saja langsung ke ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.