Bisa Merusak Fungsi Hati, Hindari 4 Kebiasaan Ini

Fungsi Hati, organ hati yang sudah rusak

Halodoc, Jakarta - Hati merupakan organ yang mempunyai berat sekitar 1,5 kilogram. Hati juga merupakan salah satu organ terbesar dalam tubuh yang mempunyai banyak sekali fungsi. Salah satu fungsi pentingnya adalah bekerja membantu melancarkan metabolisme tubuh.

Baca juga: Kenali 10 Fungsi Hati bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa fungsi hati lainnya adalah membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya seperti alkohol dalam darah, menyimpan gula atau glukosa dalam bentuk glikogen, memecah lemak jenuh dan menghasilkan kolesterol, menyimpan kelebihan nutrisi dan mengembalikannya sebagian ke aliran darah, menghasilkan protein darah yang membantu koagulasi, pengangkutan oksigen, fungsi sistem kekebalan tubuh, serta menghasilkan empedu yaitu zat yang diperlukan untuk membantu mencerna makanan.

Ini Kebiasaan yang Bisa Merusak Fungsi Hati

Karena fungsi pentingnya, terjadinya kerusakan fungsi hati akan berakibat fatal untuk kelangsungan hidup seseorang. Beberapa hal yang bisa merusak fungsi hati, antara lain:

  1. Terlalu banyak konsumsi makanan yang tinggi akan garam. Mengonsumsi banyak garam akan menyebabkan penumpukan cairan dan mengakibatkan adanya pembengkakan pada hati.  

  2. Mengonsumsi banyak alkohol. Alkohol merupakan racun bagi tubuh. Ketika seseorang mengonsumsi alkohol, hati akan bekerja keras untuk membuangnya dari tubuh. Saat memecah alkohol, sebagian sel hati rusak dan bahkan mati. Konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang lama dapat merusak organ hati, menyebabkan perlemakan hati akibat alkohol, bahkan sirosis hati.

  3. Mengonsumsi rokok memberikan tiga efek negatif ke hati, yaitu racun, imunologi, dan keganasan. Racun dari rokok baik secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak sel hati dan mengakibatkan peradangan, bahkan kematian.

  4. Sanitasi atau kebersihan lingkungan yang kurang baik. Terlihat seperti tidak ada hubungannya, bukan? Padahal, kedua kondisi tersebut sangat berkaitan. Penularan virus hepatitis A dan E melalui sanitasi dan kebersihan lingkungan yang kurang baik. Di samping itu, kedua infeksi virus ini bisa menyebabkan kerusakan hari.

Untuk itu, menjaga kesehatan organ hati penting untuk dilakukan. Berbagai hal bisa menyebabkan terjadinya rusaknya fungsi hati.

Baca juga: Pentingnya Tes Fungsi Hati

Begini Cara Mencegah Rusaknya Fungsi Hati

Kabar baiknya, penyakit hati masih dapat dicegah dengan memperbaiki gaya hidup, menghentikan kebiasaan yang kurang baik, dan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih sehat, seperti:

  • Batasi konsumsi minuman beralkohol.

  • Menjaga berat badan agar tetap ideal.

  • Menggunakan kondom saat melakukan hubungan intim.

  • Hindari terpaparnya cairan tubuh atau darah orang lain.

  • Melakukan imunisasi untuk melindungi diri dari hepatitis A dan B.

  • Mengonsumsi lebih banyak makanan sehat dan segar, seperti buah dan sayur.

  • Konsumsi kopi, tetapi tidak berlebihan untuk mengurangi risiko penyakit hati.

  • Mengurangi konsumsi makanan mentah.

  • Memeriksakan diri untuk mendeteksi kemungkinan tubuh terinfeksi hepatitis, sebab penyakit hati sering muncul tanpa didahului gejala tertentu.

Baca juga: Uji Fungsi Hati Perlu Dilakukan Supaya Tetap Sehat

Organ hati yang sudah rusak tidak akan bisa kembali sehat seperti sedia kala. Oleh karena itu, agar terhindar dari penyakit hati segera terapkan gaya hidup sehat sebelum terlambat. Jika kamu punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!