01 March 2019

Hindari 4 Kebiasaan yang Dapat Memicu Munculnya Flek Hitam

pemicu flek hitam

Halodoc, Jakarta - Selain jerawat, kemunculan flek hitam pada wajah dapat menurunkan rasa percaya diri kamu. Flek hitam merupakan noda atau bercak berwarna kehitaman yang terdapat di wajah akibat pigmentasi kulit yang berlebihan. Meskipun kondisi ini bukanlah kondisi yang berbahaya, flek hitam bisa mengancam rasa percaya diri kamu. Ini kebiasaan yang dapat memicu munculnya flek hitam pada wajah!

Baca juga: 4 Perawatan Wajah untuk Usir Flek Hitam

Flek Hitam, Terjadi Akibat Peningkatan Pigmen Alami Kulit

Merupakan hal yang sangat wajar jika mencari penyegaran dengan mencuci muka setelah terpapar sinar matahari langsung. Namun, tahukah kamu bahwa hal ini merupakan hal yang enggak dianjurkan sama sekali? Karena kebiasaan ini bisa memicu terjadinya flek hitam.

Flek hitam punya nama lain, yaitu ephelis. Flek hitam merupakan bintik-bintik datar pada kulit wajah yang terbentuk akibat dari peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. Selain wajah, flek hitam juga bisa muncul pada bagian lain pada tubuh, seperti leher, dada, atau lengan. Bintik hitam ini cenderung mudah dilihat pada orang dengan warna kulit yang terang. Kondisi ini bisa terjadi pada orang di segala usia dan bukan merupakan kondisi yang bisa membahayakan kesehatan.

Hindari Kebiasaan Ini Kalau Enggak Mau Punya Flek Hitam

Noda hitam pada wajah merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering dialami. Beberapa kebiasaan ini bisa memicu munculnya flek hitam pada wajah:

  • Memakai Kosmetik yang Enggak Cocok

Beberapa kosmetik yang mengandung bahan kimia tertentu bisa memicu melanocyte yang memproduksi melanin. Selain itu, beberapa bahan yang terdapat dalam kosmetik juga bisa memicu fotosensitivitas yang berakibat kulit wajah menjadi sensitif terhadap sinar matahari.

  • Kurang Asupan Vitamin

Vitamin menjadi salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Jika seseorang kurang asupan vitamin, pigmentasi wajah akan terlihat jelas. Untuk itu, pastikan kamu mendapatkan asupan vitamin B12, K, dan vitamin E untuk mencegah noda hitam pada kulitmu.

  • Keluar Rumah Enggak Pakai Masker Penutup Wajah

Noda hitam ini juga bisa disebabkan oleh polusi udara. Polusi udara bisa menyebabkan iritasi pada kulit serta merusak lapisan kulit. Hal ini juga bisa jadi pemicu produksi melanin, sehingga timbul noda hitam pada wajah.

  • Enggak Pakai Sunscreen Sebelum Keluar Rumah

Paparan sinar matahari yang berlebihan jadi penyebab utama munculnya noda hitam pada wajah, karena mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin. Enggak cuma itu, wajah yang sering terekspos sinar UV juga bisa menyebabkan kanker kulit.

Baca juga: Flek Hitam di Wajah Pengaruh Lingkungan atau Hormon?

Punya Noda Hitam pada Wajah, Ini Cara Menghilangkannya

Noda hitam pada wajah bisa menimbulkan rasa enggak percaya diri yang berlebihan pada wanita. Jika kamu mengalami kondisi ini, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi noda hitam pada wajah. Caranya adalah dengan:

  • Banyak minum air putih. Minum air putih enggak hanya bagus untuk kesehatan tubuh kamu, tapi juga baik untuk elastisitas kulit. Pastikan kamu minum dua liter air setiap hari untuk mencegah kulit kamu dehidrasi. Karena saat kulit kekurangan air, kulit enggak bisa menahan paparan sinar UV yang bisa menimbulkan flek pada wajah.
  • Gunakan tabir surya. Gunakan pelembap wajah dengan perlindungan UVA dan UVB dengan minimal SPF 15 untuk melindungi kulit kamu terhindar dari paparan sinar matahari langsung.
  • Penuhi asupan antioksidan untuk melawan efek negatif dari radikal bebas yang bisa memicu hiperpigmentasi. Antioksidan juga bisa menyamarkan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus pada kulit dan kerutan.

Baca juga: 6 Cara Jitu Atasi Masalah Flek Hitam pada Wajah

Nah, jika kamu punya masalah kesehatan, kamu bisa berdiskusi dengan dokter di Halodoc. Enggak hanya itu, di aplikasi ini kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!