26 October 2018

6 Cara Jitu Atasi Masalah Flek Hitam pada Wajah

6 Cara Jitu Atasi Masalah Flek Hitam pada Wajah

Halodoc, Jakarta - Kemunculan flek hitam pada wajah dapat mengganggu penampilan. Kondisi ini terjadi ketika jerawat yang bersarang di wajah dan tidak ditangani dengan baik, seperti mengempiskannya dengan memencet atau cara lainnya. Adanya flek hitam di wajah membuat wajah menjadi tak bercahaya dan tampak kusam.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir, flek hitam kini bukan menjadi masalah serius karena kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini.

Kentang

Siapa sangka, ternyata kentang bisa menjadi obat alami untuk mengatasi flek hitam yang mengganggu di wajah. Sayuran satu ini bisa kamu aplikasikan langsung atau menjadikannya masker. Tak hanya memudarkan noda hitam, kentang juga banyak dimanfaatkan untuk zat alami yang membantu memudarkan bekas luka.

Hal ini disebabkan karena kentang memiliki zat tepung yang baik untuk mengurangi pigmentasi pada kulit. Sementara itu, enzim di dalamnya membuat kulit tampak selalu sehat.

Lidah Buaya

Penggunaan lidah buaya sebagai ramuan alami kecantikan pasti sudah tak asing lagi di telinga. Tanaman satu ini kaya manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Gel pada lidah buaya mengandung polisakarida yang membantu memicu tumbuhnya sel kulit yang baru.

Studi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Chemical and Pharmaceutical Research menunjukkan manfaat dari lidah buaya terkait dengan kulit, termasuk membantu mengurangi flek hitam dan membersihkan serta mencerahkan kulit.

Kunyit

Tak banyak yang tahu kalau kunyit turut bermanfaat untuk memudarkan noda hitam membandel di wajah. Padahal, rempah satu ini berperan penting dalam mengatasi kerusakan kulit akibat radikal bebas sekaligus mencerahkan kulit. Kunyit terbukti efektif untuk memudarkan flek hitam pada muka yang terjadi akibat penuaan kulit atau paparan sinar matahari berlebihan.

Jus Lemon

Buah dengan rasa asam ini tak hanya membantu memulihkan kesehatan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi. Ternyata, kandungan tersebut efektif untuk memudarkan noda hitam pada muka. Jika kulit kamu termasuk dalam kategori kulit sensitif, kamu bisa menambahkan sedikit air panas sebelum mengaplikasikan lemon sebagai masker muka.

Almond

Kacang almond tak hanya memiliki rasa yang lezat. Makanan satu ini juga kaya vitamin E, lemak sehat, dan antioksidan yang membantu memerangi dampak negatif radikal bebas pada kulit muka, sehingga kulit lebih halus dan sehat setiap saat. Kamu bisa mengaplikasikan almond sebagai masker dengan tambahan madu atau bubuk cendana. Namun, sebelum itu, rendam kacang almond terlebih dahulu dalam air susu.

Pepaya

Tidak hanya lemon, buah pepaya dipercaya mampu memudarkan flek hitam pada wajah. Enzim yang dimiliki buah ini efektif membantu mengembalikan kecerahan kulit dengan mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit. Sifat pembersihannya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih.

Itu tadi beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi flek hitam yang mengganggu. Kalau kulitmu berjerawat, sebaiknya hindari memencetnya untuk menghilangkannya. Kamu bisa bertanya pada dokter cara untuk menghilangkan jerawat tanpa menimbulkan bekas. Supaya tanya jawab lebih mudah, gunakan aplikasi Halodoc.

Aplikasi ini bisa kamu download melalui App Store atau Play Store. Selain layanan Tanya Dokter, aplikasi Halodoc juga bisa kamu manfaatkan untuk cek lab maupun beli obat di mana saja, kapan saja.

 

Baca juga: