Hindari E. Coli dengan Rajin Mencuci Tangan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Hindari E. Coli dengan Rajin Mencuci Tangan

Halodoc, Jakarta - Kesehatan tubuh juga berhubungan dengan kebersihan, supaya tubuh tidak terserang penyakit yang berasal dari virus atau bakteri. Salah satu bakteri yang dapat menyebabkan beberapa penyakit pada manusia adalah bakteri E. Coli. Beberapa jenis bakteri tersebut umumnya terdapat di dalam usus manusia dan sebagian besar memang tidak berbahaya. Hanya sebagian kecil dari bakteri E. Coli ini yang merugikan kesehatan.

Bakteri E. Coli yang mempunyai kepanjangan Escherichia Coli ini dapat menyebabkan infeksi yang cukup serius. Beberapa jenis bakteri E. Coli tersebut dapat berbahaya bagi tubuh, dan dapat menyebabkan seseorang yang terserang mengalami suatu kondisi yang serius, sehingga harus ditangani secara medis. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mencegah bakteri E. Coli yang merugikan masuk ke dalam tubuh adalah dengan mencuci tangan secara rutin setelah melakukan kegiatan.

Baca Juga : 4 Cara Menghindari Infeksi Bakteri E. Coli

Penyebab Bakteri E Coli Masuk ke Tubuh

Infeksi bakteri E. Coli pada seseorang yang terjadi dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti konsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri. Selain itu, terdapat juga bakteri E. Coli yang dapat berbahaya bagi kesehatan dengan cara menyebabkan seseorang yang terserang mengidap diare. Pada tahap parah, bakteri tersebut mampu mengeluarkan racun, sehingga dinding dari usus kecil rusak dan menyebabkan diare yang bercampur darah. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan bakteri E. Coli masuk ke tubuh:

  • Makanan yang Terkontaminasi

Salah satu penyebab E. coli menyerang seseorang adalah dengan melalui makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri tersebut. Bakteri ini berada pada makanan yang belum dicuci dengan bersih atau daging yang belum sepenuhnya matang.

  • Kontak dengan Seseorang yang Terkontaminasi

Seseorang yang lupa untuk mencuci tangan setelah melakukan buang air besar ternyata dapat menularkan bakteri E. Coli. Setelah seseorang tersebut selesai buang air besar, orang tersebut mungkin saja bersentuhan dengan orang lain atau dengan makanan. Akibatnya, keadaan tersebut dapat menyebarkan bakteri E coli ke orang lain.

Baca Juga : 4 Penyakit yang Disebabkan E. Coli

  • Minum Air yang Telah Terkontaminasi

Seseorang dapat terserang bakteri E. Coli dengan cara meminum air yang telah terkontaminasi. Air tanah atau air di permukaan dapat tercemar oleh kotoran manusia dan binatang yang dapat menyebarkan bakteri tersebut. Rumah yang menggunakan sumur pribadi memiliki risiko lebih tinggi untuk tercemar bakteri E. Coli, karena tidak memiliki sistem yang dapat membasmi bakteri.

Baca Juga : Kenali Gejala Infeksi Bakteri E. Coli

Mencegah Infeksi E. Coli

Setelah mengetahui hal yang dapat menyebabkan seseorang terserang E. Coli, sekarang kamu harus tahu bagaimana cara untuk mencegah hal tersebut terjadi pada kamu. Hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk menghindari penyakit yang disebabkan oleh bakteri tersebut untuk diri sendiri dan keluargamu adalah:

  1. Selalu Menjaga Kebersihan

Salah satu cara untuk mencegah penyebaran bakteri E. Coli adalah dengan selalu menjaga kebersihan, terutama kebersihan makanan, serta rajin untuk mencuci tangan. Sebelum memasak bahan makanan, ada baiknya dicuci terlebih dahulu untuk menghindari bakteri yang menempel. Lalu, selalu mencuci tangan setelah buang air besar, berkegiatan di luar rumah, dan sebelum makan.

  1. Hindari Kontaminasi Silang

Selalu usahakan untuk menggunakan alat terpisah, seperti pisau dan talenan agar mencegah terjadinya kontaminasi silang. Misalnya daging mentah dan sayuran yang menggunakan talenan yang sama. Jika terdapat bakteri pada salah satu bahan makanan, maka akan menyebar ke bahan makanan lain. Selain itu, talenan kayu yang memiliki pori dapat menyerap bakteri, karena itu hanya disarankan untuk memotong sayur dan roti.

Itulah pembahasan tentang pentingnya mencuci tangan untuk menghindari bakteri E. Coli. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal bakteri tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter dapat dengan mudah dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!