• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Hamil, Begini Cara Menjaga Tekanan Darah Normal

Ibu Hamil, Begini Cara Menjaga Tekanan Darah Normal

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Pada setiap pemeriksaan kehamilan, pasti akan diperiksa tekanan darahnya. Hal tersebut dapat dijadikan pertanda terkait kesehatan ibu dan janinnya. Selain itu, tekanan darah juga penting untuk memastikan kehamilan baik-baik saja dan terhindar dari preeklampsia.

Ibu hamil yang mengalami lonjakan pada tekanan darah dapat menyebabkan hal yang berbahaya, seperti kejang, kelahiran prematur, serta kematian. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara agar dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Dengan begitu, kesehatan sang ibu dan janin dapat terjamin.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Tekanan Darah Selama Kehamilan

Cara Menjaga Tekanan Darah Normal pada Ibu Hamil

Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, adalah suatu kejadian yang disebabkan oleh tekanan darah pada tubuh lebih besar atau sama dengan 130/80 mmHg. Seseorang yang mengidap gangguan ini harus mendapatkan penanganan segera, terutama pada ibu hamil. Pasalnya, banyak dampak buruk yang mungkin terjadi jika tekanan darah tinggi.

Faktanya, tekanan darah tinggi yang dikelola dengan baik saat hamil tidak selalu menyebabkan hal yang berbahaya. Namun, terkadang hal tersebut dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang fatal pada ibu hamil atau janinnya yang sedang berkembang. Beberapa hal dapat menyebabkan gangguan ini, seperti obesitas, merokok, meminum alkohol, hingga mengidap diabetes atau penyakit autoimun tertentu.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menjaga tekanan darah tetap normal pada ibu hamil guna mencegah terjadinya komplikasi. Berikut adalah beberapa cara alami untuk menghindari tekanan darah tinggi saat hamil:

  1. Mengurangi Konsumsi Garam

Salah satu cara untuk menjaga tekanan darah tetap normal pada ibu hamil adalah dengan mengurangi konsumsi garam pada makanan. Memang tubuh membutuhkan kadar natrium tetapi hanya dalam jumlah kecil. Jika mengonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Maka dari itu, penting untuk menghindari makanan olahan dan cepat saji.

Baca juga: Bumil Alami Tekanan Darah Tinggi, Ini Tips Jaga Pola Makan

  1. Perbanyak Makan Biji-Bijian dan Kandungan Kalium

Cara lainnya untuk memastikan tekanan darah tetap normal adalah dengan lebih banyak mengonsumsi biji-bijian dan makanan yang kaya akan kandungan kalium. Beberapa makanan yang kaya akan kalium antara lain pisang, kentang manis, kismis, kacang merah, dan tomat. Makanan-makanan tersebut dapat menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi. 

  1. Rutin Berolahraga

Seorang wanita yang tidak banyak bergerak memiliki risiko lebih besar untuk mengalami tekanan darah tinggi. Maka dari itu, salah satu cara untuk menjaga tekanan darah normal pada ibu hamil adalah dengan rutin berolahraga. Kebiasaan baik tersebut dapat menghilangkan stres, meningkatkan sirkulasi darah, dan menjaganya agar tetap normal.

  1. Berhenti Merokok dan Konsumsi Alkohol

Merokok dan mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan gangguan pada semua orang, terutama pada ibu hamil. Dengan menghentikan kebiasaan buruk tersebut, diharapkan ibu hamil dan bayinya tetap terjaga kesehatannya. Maka dari itu, penting untuk memberitahu dokter kandungan jika kamu sering melakukan kebiasaan merugikan ini sebelum hamil agar kesehatan kehamilan dapat dipastikan.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan ibu hamil dalam menjaga tekanan darah tetap normal. Dengan melakukan kebiasaan baik tersebut, diharapkan ibu hamil dan janin tetap terjaga kesehatannya. Sehingga, komplikasi dan gangguan berbahaya lainnya dapat dihindari hingga melahirkan.

Baca juga: Mengenal Bahaya Hipertensi Saat Hamil

Selain itu, ibu juga dapat bertanya pada dokter kandungan dari Halodoc terkait cara menjaga tekanan darah tetap normal pada ibu hamil. Caranya mudah sekali, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan.

Referensi:
CDC. Diakses pada 2020. High Blood Pressure During Pregnancy.
Health Line. Diakses pada 2020. High Blood Pressure During Pregnancy.
Motherly. Diakses pada 2020. 7 Ways To Lower Blood Pressure During Pregnancy.