• Home
  • /
  • Ibu Hamil Makan Durian, Bolehkah untuk Janin?

Ibu Hamil Makan Durian, Bolehkah untuk Janin?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
ibu-hamil-makan-durian-bolehkah-untuk-janin-halodoc

Halodoc, Jakarta – Selama masa kehamilan, ibu dianjurkan untuk memperhatikan jenis makanan yang ibu konsumsi. Hal ini termasuk buah-buahan. Pasalnya, setiap makanan yang ibu konsumsi dapat memengaruhi kondisi kesehatan janin. Bagi ibu hamil pencinta durian, mungkin akan tertarik atau merasa ngidam untuk mengonsumsi buah tersebut selama masa kehamilan. Namun, bolehkah ibu hamil makan durian? Yuk, cari tahu dulu jawabannya di bawah ini.

Buah durian adalah buah tropis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Di balik ukurannya yang besar dan kulitnya yang tajam, terdapat daging durian yang lembut dan memiliki rasa yang sangat lezat. Inilah mengapa buah yang dijuluki “Raja buah” ini cukup digemari banyak orang, tidak terkecuali ibu hamil.

Durian sebenarnya adalah buah yang memiliki kandungan gizi yang lengkap, mulai dari vitamin (A, C, dan E), kalsium, folat, serat, magnesium, niasin, tiamin, dan masih banyak lagi. Namun, beredar mitos bahwa mengonsumsi durian adalah hal yang tabu bagi wanita hamil karena dipercaya dapat membuat tubuh terasa panas, sehingga bisa berdampak buruk pada janin. Namun, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan kebenaran hal tersebut.

Baca juga: Ibu Hamil Makan Nanas, Apa Manfaat dan Dampak Buruknya?

Lantas, Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

Jawabannya, boleh! Durian yang kaya akan berbagai nutrisi dapat memberikan banyak manfaat baik bagi ibu hamil:

  • Kaya akan Vitamin dan Mineral 

Durian kaya akan vitamin C yang tidak hanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil, tetapi juga membantu ibu dan janin dalam menyerap kalsium dan zat besi. Sedangkan kandungan vitamin B (riboflavin, niasin, dan tiamin) dalam durian bermanfaat bagi kesehatan ibu secara keseluruhan. Durian juga kaya akan mineral, seperti besi, tembaga, mangan, dan magnesium yang sangat bermanfaat bagi wanita hamil yang membutuhkan pasokan darah untuk pertumbuhan janin.

  • Sumber Asam Folat

Asam folat yang terkandung dalam durian juga dapat mencegah cacat lahir pada calon bayi. Ibu bisa mendapatkan 9 persen dari total kebutuhan harian untuk asam folat dari mengonsumsi 100 gram durian. 

  • Memberikan Asupan Serat

Selain itu, serat yang dimiliki durian juga sangat membantu ibu hamil yang mengalami sembelit. Banyak wanita hamil mengalami sembelit akibat perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh. Nah, durian dapat berfungsi sebagai pencahar alami yang membantu menghilangkan bahan kimia berbahaya dari usus.

  • Memiliki Kandungan Antioksidan

Enggak hanya itu, durian juga mengandung seng, triptofan, dan organo-sulfur yang memiliki efek antioksidan. Kandungan antioksidan dapat melindungi ibu dan janin dari serangan polutan dan radikal bebas.

Batasi Konsumsi Durian Saat Hamil

Meskipun durian sarat dengan nutrisi, tetapi ibu dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Hal ini karena durian juga merupakan makanan glikemik tinggi yang mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi. 

Dua daging durian berukuran sedang dapat memberi ibu sebanyak 60 kalori. Karena itu, makan durian terlalu banyak dapat menyebabkan kadar gula darah ibu melonjak dan juga meningkatkan berat badan janin. Ukuran janin yang terlalu besar tentu saja dapat menyulitkan ibu untuk melahirkan secara normal. Selain itu, berat badan berlebih selama masa kehamilan juga seringkali menjadi penyebab utama obesitas pada anak.

Bagi ibu yang perlu meningkatkan berat badan, sebaiknya jangan dengan mengonsumsi durian, melainkan dengan memperbanyak konsumsi makanan bergizi dan berlemak sehat.

Baca juga: Aturan Makan Durian yang Sehat Biar Tetap Sehat

Kondisi yang Tidak Memungkinkan Ibu Makan Durian

Dikarenakan kandungan gula dan karbohidrat dalam durian cukup tinggi, hal ini mungkin bisa berbahaya bagi beberapa ibu hamil dengan kondisi tertentu. Ibu hamil sebaiknya tidak makan durian bila:

  • Mengidap diabetes gestasional.

  • Memiliki riwayat diabetes gestasional sebelumnya.

  • Memiliki riwayat keluarga dengan diabetes.

  • Memiliki berat badan berlebih.

  • Dokter menganjurkan untuk tidak menambah berat badan selain dari yang sudah direkomendasikan.

  • Kehamilan sudah memasuki trimester ketiga.

Baca juga: 5 Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

Itulah penjelasan mengenai makan durian saat hamil. Sebaiknya, diskusikan dulu pada dokter kandungan bila ibu ingin mengonsumsi suatu makanan. Bila ibu hamil ingin bertanya seputar makanan yang baik dan tidak baik dikonsumsi saat hamil, tanyakan saja pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, ibu bisa menghubungi dokter untuk bertanya apapun seputar kesehatan kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Firstcry Parenting. Diakses pada 2020. Consuming Durian Fruit in Pregnancy.