09 April 2019

Idap Kanker, Konsumsi 3 Makanan Ini Saat Puasa

Kanker, puasa, makanan sehat saat puasa

Halodoc, Jakarta - Kanker merupakan penyakit yang menjadi momok mengerikan bagi banyak orang. Namun, dengan teknologi yang semakin berkembang, semakin banyak pengidap kanker yang sembuh dan berhasil melewati masa kritisnya. Salah satu pengobatan pada pengidap kanker adalah dengan kemoterapi yang harus dilakukan secara rutin. Nah, karena sedikit lagi umat Muslim akan menjalani ibadah puasa, apakah para pengidap kanker juga diperbolehkan untuk menjalani ibadah ini? Lalu, makanan apa yang boleh dikonsumsi para pengidap kanker saat berpuasa?

Baca juga: Gorengan saat Puasa, Kenapa Harus Dibatasi?

Makanan yang Boleh Dikonsumsi Pengidap Kanker Saat Puasa

Karena kanker merupakan penyakit berbahaya, para pengidap penyakit ini harus mendapatkan izin dari dokter untuk menjalankan ibadah ini. Hal ini dikarenakan para pengidap kanker mempunyai daya tahan tubuh yang tidak stabil. Bisa saja kondisi mereka menjadi semakin lemah jika memaksakan diri untuk berpuasa.

Biasanya, dokter akan mengizinkan pengidap kanker untuk menjalankan ibadah puasa jika kondisinya dinyatakan stabil. Untuk itu, wajib hukumnya untuk pengidap kanker memenuhi nutrisinya ketika berpuasa. Terlebih lagi para pengidap penyakit ini diharuskan untuk menjalani kemoterapi yang dilakukan dengan cara memberikan obat-obatan untuk melawan serta menghancurkan pertumbuhan kanker.

Untuk itu, makanan bernutrisi diperlukan untuk membantu tubuh para pengidap kanker untuk tetap stabil dan sehat dalam menjalani ibadah ini. Bagi para pengidap kanker, konsumsi makanan ini saat berpuasa:

  • Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik merupakan ukuran yang digunakan untuk mengindikasikan seberapa cepat karbohidrat yang terdapat dalam makanan yang bisa diubah menjadi gula oleh tubuh. Semakin tinggi nilai glikemik pada suatu makanan, maka akan semakin besar pengaruhnya terhadap perubahan kadar insulin dan gula darah.

Untuk itu, makanan dengan indeks glikemik yang rendah baik untuk pengidap kanker. Pasalnya, makanan ini membuat tubuh pengidap lebih stabil dan menurunkan risiko perkembangan kanker. Beberapa makanan itu, antara lain roti gandum, nasi merah, atau makanan lain yang memiliki serat tinggi.

Baca juga: Puasa Sehat bagi Ibu Hamil dan Menyusui

  • Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk menambah kekebalan tubuh pada pengidap kanker. Vitamin dan mineral yang dapat membantu menambah kekebalan tubuh pada pengidap ini, antara lain vitamin C, vitamin A, vitamin E, zinc, dan selenium. Pada vitamin dan mineral ini, terkandung sifat antioksidan guna menangkal radikal bebas dalam tubuh guna melindungi sel-sel tubuh yang normal agar terlindungi dari risiko kanker.

  • Banyak Minum Air Putih

Selain makanan, air putih juga diperlukan untuk membantu mengurangi efek samping pengobatan pada pengidap kanker, seperti diare dan muntah. Untuk itu, pengidap kanker yang menjalani ibadah puasa dianjurkan untuk minum air putih saat sahur dan berbuka. Air putih akan membantu sel-sel tubuh dari stres oksidatif akibat pengobatan yang dijalani.

Baca juga: 9 Buah yang Baik untuk Menghidrasi Tubuh Saat Puasa

Puasa tidak hanya diperuntukkan untuk seseorang dengan jasmani yang sehat. Dengan mengonsumsi makanan-makanan di atas, aktivitas puasa untuk pengidap kanker menjadi lebih lancar dan stabil dari perkembangan kanker.

Kamu ingin tahu tips-tips kesehatan lainnya? Kamu bisa mendapatkan lebih banyak tips-tips kecantikan maupun kesehatan dengan aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!