• Home
  • /
  • Idap Polip Usus, Makanan Apa yang Harus Dihindari?

Idap Polip Usus, Makanan Apa yang Harus Dihindari?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Idap Polip Usus, Makanan Apa yang Harus Dihindari?

Halodoc, Jakarta - Sistem pencernaan sangat penting untuk dijaga kesehatannya, karena berpengaruh pada penyerapan nutrisi-nutrisi penting pada tubuh. Jika terjadi gangguan, beberapa fungsi tubuh mungkin dapat terpengaruh. Salah satu yang bagian yang penting pada sistem pencernaan adalah usus besar, yang berguna untuk penyerapan vitamin K.

Meski sudah melakukan yang terbaik, mungkin saja terjadi gangguan pada usus besar di tubuhmu. Salah satu gangguan yang dapat terjadi pada usus besar (kolon) adalah polip. Maka dari itu, penting untuk menjaga agar tidak terjadi gangguan yang parah dengan cara menghindari konsumsi makanan sembarangan. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari pengidap polip usus!

Baca juga: Ini Penyebab Polip Usus yang Mesti Diwaspadai

Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Polip Usus

Semua makanan yang masuk ke tubuh dapat memengaruhi kesehatan seseorang secara langsung atau tidak langsung. Jika kamu sering mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat, polip usus mungkin saja menyerang. Hal ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil di dalam usus besar. Seseorang yang mengidap gangguan ini dapat mengalami buang air besar yang terbilang banyak dalam satu minggu.

Dengan menerapkan beberapa metode diet dapat menurunkan risiko polip usus untuk menjadi lebih parah. Selain itu, untuk mendukung hal tersebut, kamu juga dapat menurunkan berat badan dengan cara berolahraga. Maka dari itu, penting juga untuk mengetahui beberapa makanan yang harus dihindari jika kamu mengidap polip usus. Berikut beberapa makanan tersebut:

  1. Daging Merah

Salah satu makanan yang harus dihindari pada seseorang yang mengidap polip usus adalah daging merah. Dengan mengurangi frekuensi konsumsi makanan ini, polip hingga kanker usus dapat menurun risikonya. Gangguan ini rentan terjadi ketika daging merah dimasak dengan suhu tinggi. Maka dari itu, disarankan untuk mengurangi konsumsi daging hanya 3-4 kali seminggu dan tidak lebih dari setengah kilogram.

Baca juga: Ingin Usus Sehat? Konsumsi Makanan Sehat Ini

  1. Daging Olahan

Makanan lainnya yang harus dihindari agar polip usus tidak lebih parah adalah daging yang telah diolah, seperti daging asap, asin, hingga yang telah ditambahkan bahan kimia. Seseorang yang terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan risiko terserang polip usus dan menjadikannya lebih parah dari sebelumnya.

Banyak makanan yang jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan banyak gangguan pencernaan. Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh, dokter dari Halodoc siap membantu untuk menjawabnya. Caranya mudah, kamu hanya harus download aplikasi Halodoc di smartphone yang sering digunakan agar lebih mudah mendapatkan informasi kesehatan!

  1. Alkohol

Meskipun tidak termasuk makanan, alkohol termasuk asupan yang masuk ke tubuh dengan cara yang sama. Seseorang yang konsumsi alkoholnya terbilang sedang hingga berat dapat memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Jika kamu mempunyai kebiasaan mengonsumsi alkohol lebih dari tiga gelas sehari, lebih baik lakukan pemeriksaan terhadap kesehatan sistem pencernaan.

  1. Makanan Manis dan Minuman Kafein

Konsumsi makanan manis dan minuman kafein disebutkan mempunyai kemungkinan menyebabkan seseorang mengalami polip usus. Makanan-makanan manis layaknya donat dan kue, serta minuman kafein seperti kopi dan teh harus dikurangi agar risiko untuk mengidap polip usus dapat menurun. Memang segala sesuatunya harus dikonsumsi dengan cukup, tidak boleh lebih atau kurang.

Baca juga: Hindari 7 Makanan Ini untuk Kesehatan Pencernaan

Itulah beberapa makanan dan juga minuman yang harus dihindari agar tubuh tidak mudah mengidap polip usus. Dengan cara tersebut, sistem pencernaanmu akan menjadi lebih sehat yang memudahkan tubuh mendapatkan nutrisi-nutrisi yang penting. Sehingga, kebutuhan-kebutuhan tubuh dapat dilengkapi dengan mudah.

Referensi:

Gicare. Diakses pada 2020. Colon Polyps and Cancer Prevention Diet
WebMD. Diakses pada 2020. Best and Worst Foods to Prevent Colorectal Cancer