27 August 2018

Hindari 7 Makanan Ini untuk Kesehatan Pencernaan

pencernaan,kesehatan pencernaan,makanan untuk kesehatan pencernaan

Halodoc, Jakarta – Kesehatan pencernaan penting untuk dijaga. Karena jika kesehatan pencernaan terganggu, maka kesehatan tubuh lainnya juga akan ikut terganggu, makan jadi susah, dan akibatnya aktivitas sehari-hari tidak bisa berjalan dengan lancar.

Ya, memang gangguan pencernaan merupakan keluhan yang membuat pengidapnya jadi bingung dalam memilih makan. Makan apapun rasanya jadi serba salah. Gangguan pencernaan memang menuntut pengidapnya untuk cermat dalam memilih makanan. Karena kalau tidak, bukan tidak mungkin keluhan akan menjadi semakin berdampak negatif dari hari ke hari.

Oleh karena itu, menjadi hal yang penting menjaga kesehatan pencernaan. Agar kesehatan pencernaan tetap terjaga, sebaiknya kamu menghindari makanan-makanan berikut ini:

1.Makanan Berlemak

 

 

Gorengan termasuk makanan berlemak yang dapat merangsang kontraksi pada saluran pencernaan. Ini akan mengakibatkan pengosongan lambung menjadi lebih lambat dan kamu akan semakin sulit buang air besar. Di satu sisi, makanan jenis ini juga dapat mengakibatkan kontraksi pada saluran cerna dan membuat diare semakin parah.

 

 

2. Makanan Pedas

 

Jika kamu sedang mengalami gangguan pencernaan seperti mual, muntah, atau bahkan diare, sebaiknya dihindari atau kurangi konsumsi makanan pedas. Pedas pada makanan dapat membuat keluhan semakin parah, apalagi jika kamu memiliki riwayat sakit mag. Karena makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada lapisan lambung.

Baca juga: Sering Makan Pedas? Ini Dampaknya pada Usus Buntu

 

 

3. Makanan Terlalu Asam

 

Jeruk, lemon, mangga muda, minuman bersoda, merupakan makanan yang terlalu asam yang dapat mengiritasi lapisan lambung dan memicu peningkatan asam lambung. Karena itu sebaiknya hindari asupan ini jika kamu sedang mengalami gangguan pencernaan.

 

 

4.Camilan dalam Kemasan yang Berpengawet

 

Camilan seperti kripik, ciki, biasanya mengandung bahan pengawet dan tinggi garam. Akibatnya makanan jenis ini dapat membuat rasa yang tidak nyaman di perut yang bisa membuat begah. Apalagi makanan ini mengandung serat yang rendah yang juga dapat membuat kamu susah buang air besar. Akibatnya pencernaan akan terganggu.

 

 

5. Susu dan Produk Olahannya

 

Bagi kamu yang mengalami intoleransi laktosa, konsumsi susu dan produk olahannya dapat menyebabkan gejala kembung, perut begah, dan diare. Oleh karena itu bagi kamu yang mengalami gangguan pencernaan jenis ini, sebaiknya beralih pada susu kedelai atau susu almond.

 

 

6. Kafein

 

Sama seperti makanan pedas, kafein juga dapat memicu refluks asam lambung sehingga membuat makanan terancam naik kembali ke kerongkongan. Jadi meminum minuman berkafein seperti kopi termasuk dalam konsumsi yang perlu dihindari demi kesehatan pencernaan.

Baca juga: Ini Makanan Sehat yang Tepat Jika Ingin Usus Sehat

 

 

7. Alkohol

 

Alkohol termasuk dalam makanan berikutnya yang tidak baik untuk kesehatan pencernaan. Sifatnya adalah memicu refluks asam lambung dan inflamasi dalam lambung.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari demi menjaga kesehatan pencernaan. Jika kamu sudah menghindari makanan di atas tapi masih mengalami keluhan terhadap pencernaan, maka jangan pernah ragu untuk bertanya pada dokter di Halodoc. Karena kamu bisa berdiskusi dengan dokter tanpa perlu keluar rumah, melainkan melalui aplikasi Halodoc yang bisa di download di Google Play atau App Store. Kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan dimana saja via Chat atau Voice/ Video Call. Yuk, buruan download!