• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Penglihatan Tetap Sehat? Inilah Vitamin yang Baik untuk Mata
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Penglihatan Tetap Sehat? Inilah Vitamin yang Baik untuk Mata

Ingin Penglihatan Tetap Sehat? Inilah Vitamin yang Baik untuk Mata

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Oktober 2022

“Ada banyak jenis vitamin yang perlu dicukupi untuk menjaga kesehatan mata. Nah, beberapa di antaranya adalah vitamin A, vitamin C, dan Zinc.”

Ingin Penglihatan Tetap Sehat? Inilah  Vitamin yang Baik untuk MataIngin Penglihatan Tetap Sehat? Inilah  Vitamin yang Baik untuk Mata

Halodoc, Jakarta – Setiap orang perlu menjaga kesehatan mata sebab penglihatan adalah kemampuan yang vital bagi kehidupan. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat dan konsumsi suplemen yang mengandung vitamin bermanfaat bagi mata.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui berbagai vitamin yang dapat menyehatkan mata. Sehingga, berbagai masalah yang bisa terjadi pada mata, baik ringan maupun berat dapat dihindari.

Daftar Vitamin yang Dapat Menyehatkan Mata

1. Lutein

Salah satu vitamin yang dapat menyehatkan mata adalah lutein. Sebesar 6 mg dari nutrisi ini dapat menurunkan risiko degenerasi makula, gangguan penglihatan yang umumnya terjadi pada lansia, sampai 43 persen.

Untuk mendapatkan nutrisi ini, beberapa makanan yang bisa dikonsumsi, yaitu sayuran hijau, keluarga buah sitrus, kuning telur, dan masih banyak lagi. Masukkan beberapa makanan tersebut pada pola diet harian kamu.

2. Zeaxanthin

Zeaxanthin juga termasuk vitamin yang dapat menjaga kesehatan mata. Sebab, nutrisi ini banyak disalurkan ke makula halus mata, berguna untuk membantu melindungi jaringan mata dan lensa. 

Hal ini sangat baik dalam menjaga ketajaman penglihatan, menjaga sensitivitas terhadap cahaya, serta menurunkan risiko gangguan pada mata, salah satunya adalah katarak.

3. Vitamin E

Kandungan vitamin E yang masuk ke tubuh dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan. Diketahui, kombinasi dari lutein dan vitamin E sangat baik dalam menurunkan risiko katarak. Beberapa makanan yang kaya vitamin E, antara lain brokoli, kacang tanah, dan alpukat.

4. Vitamin A

Vitamin A juga termasuk nutrisi yang sangat baik bagi mata. Kandungan ini dapat mencegah kebutaan malam dan kekeringan pada mata (xerophthalmia) akibat kekurangan vitamin ini.

Selain itu, vitamin A termasuk antioksidan yang dapat mencegah kehilangan penglihatan akibat gangguan pada mata. Vitamin A juga dapat membantu dalam memperlambat kerusakan saraf pada mata, kondisi yang dapat menyebabkan kebutaan, terutama pada pengidap diabetes.

5. Zinc

Perlu tahu, kombinasi zinc dengan berbagai macam vitamin, mampu membantu dalam melindungi retina serta menurunkan risiko terkait degenerasi makula. Kandungan ini sangat penting dalam pembelahan dan pertumbuhan sel, sehingga mata terjaga kesehatannya.

Beberapa sumber makanan yang kaya zinc, antara lain ikan, daging sapi atau kambing, serta kacang-kacangan. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan ini guna menjaga mata tetap sehat.

6. Vitamin C

Vitamin C termasuk kandungan yang kaya antioksidan. Nah, tercukupinya kebutuhan vitamin C harian dapat membantu dalam melindungi penglihatan agar tetap tajam. Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas, serta membuat tubuh menyerap lebih banyak mineral dan nutrisi menyehatkan lainnya.

Itulah beberapa vitamin yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar kesehatan mata tetap terjaga. Pastikan untuk memenuhi semua kebutuhan vitamin tersebut, sehingga mata terjauhi dari masalah penglihatan, seperti katarak.

Jika masih penasaran tentang vitamin lainnya yang baik untuk mata, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. The 9 Most Important Vitamins for Eye Health.